Rekor! Liz Truss Jadi PM dengan Jabatan Tersingkat dalam Sejarah Inggris

Rekor! Liz Truss Jadi PM dengan Jabatan Tersingkat dalam Sejarah Inggris

London: Perdana Menteri Inggris Liz Truss akan mencatat rekor terbaru dalam sejarah negeri itu. Keputusannya mengundurkan diri menjadikannya sebagai yang tersingkat menjabat sebagai PM Inggris.
 
Liz Truss akan menjadi orang yang memegang posisi Perdana Menteri Inggris untuk periode waktu tersingkat. Sementara rekor yang sebelumnya dipegang oleh George Canning.
 
“Dia (Canning) menjabat pekerjaan itu pada 10 April 1827, tetapi meninggal karena pneumonia pada Agustus tahun itu,” laporan dari the New York Times, Kamis 20 Oktober.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada Rabu 19 Oktober, sehari sebelum dia mengundurkan diri, Liz Truss mengalami serangkaian pukulan berat — diselingi oleh pemecatan salah satu menteri kabinet paling seniornya, Menteri Dalam Negeri, Suella Braverman, atas pelanggaran keamanan yang melibatkan dokumen pemerintah. Braverman telah dikirim ke anggota parlemen di Parlemen melalui email pribadinya.
 
Braverman, seorang garis keras yang menentang langkah-langkah untuk mengizinkan lebih banyak imigran masuk ke Inggris untuk membantu meningkatkan perekonomian, mengakui bahwa dia bersalah atas pelanggaran teknis aturan keamanan. Namun dalam surat pengunduran dirinya kepada Truss, dia mengatakan bahwa dia memiliki “kekhawatiran tentang arah pemerintah ini,” menuduhnya melanggar janji kepada pemilih dan, khususnya, gagal mengekang imigrasi.
 
“Saya telah melakukan kesalahan; Saya menerima tanggung jawab; Saya mengundurkan diri,” Braverman menambahkan dalam referensi yang dilihat beberapa orang sebagai teguran implisit kepada Truss, yang telah menolak untuk berhenti meskipun dia mengakui kesalahan yang lebih besar.
 
Hanya beberapa jam sebelumnya, Truss muncul di sesi pertanyaan perdana menteri yang ramai di Parlemen. Dia mengulangi permintaan maafnya atas program fiskal pemerintahnya yang membawa bencana. Tapi dia bersikeras bahwa dia bisa terus memerintah meskipun ada semua kekacauan.
 
“Saya harus mengambil keputusan karena situasi ekonomi untuk menyesuaikan kebijakan kami,” kata Truss, pernyataannya yang jelas mengundang kecaman dari anggota parlemen oposisi dan ekspresi sedih dari anggota Partai Konservatifnya sendiri.
 

Rabu malam, ada letusan kekacauan lain atas pemungutan suara tentang apakah akan melarang fracking hidrolik. Di tengah pergeseran instruksi dari Downing Street tentang bagaimana anggota parlemen Konservatif harus memilih, kemarahan meningkat, ada laporan – kemudian ditentang oleh pemerintah – bahwa kepala cambuk pemerintah telah mengundurkan diri, dan bahkan tuduhan bahwa beberapa anggota dianiaya oleh menteri senior.
 
Kelangsungan hidup politik Truss menjadi lemah setelah proposalnya untuk pemotongan pajak yang tidak didanai secara luas mengguncang pasar dan membuat nilai poundsterling jatuh. Dia mengalami pukulan telak pada Senin, ketika rektor yang baru diangkat dari Menteri Keuangan, Jeremy Hunt, mengatakan bahwa pemerintah membatalkan sisa-sisa terakhir dari proposal pajak Truss.
 
Pengumuman itu merupakan salah satu pembalikan paling dramatis dalam sejarah politik Inggris modern, dan penolakan yang memalukan terhadap kepemimpinan Truss.
 
Truss mengumumkan pengunduran dirinya bersama suaminya dalam sambutan singkat di luar 10 Downing Street, dengan mengatakan: “Saya tidak dapat menyampaikan mandat yang saya pilih.”
 
Satu minggu adalah perputaran cepat yang luar biasa untuk pemilihan kepemimpinan seperti itu, dan prosedur untuk memilih pengganti Truss tidak jelas. Ini akan dipimpin oleh Graham Brady, ketua komite kuat dari anggota parlemen Konservatif, yang mengatakan kepada wartawan bahwa anggota partai akan dikonsultasikan tentang siapa yang akan menjadi pemimpin baru. Tetapi dia memberikan sedikit detail tentang prosesnya dan membiarkan beberapa skenario terbuka.
 
Di antara kandidat utama untuk menggantikan Truss adalah Rishi Sunak, Menteri Keuangan yang kalah dari Truss dalam kampanye kepemimpinan partai selama musim panas; Penny Mordaunt, pemimpin majelis rendah Parlemen; dan Ben Wallace, menteri pertahanan.
 
Poundsterling Inggris dan harga obligasi pemerintah naik pada Kamis, tetapi reaksi pasar diredam. Sementara perubahan itu mengakhiri dengan tegas agenda ekonomi pemotongan pajak Truss, itu memperkenalkan lebih banyak ketidakstabilan politik ke Inggris pada saat rumah tangga dan bisnis bergulat dengan krisis biaya hidup.
 
Presiden Emmanuel Macron dari Prancis, tiba di pertemuan EU KTT para pemimpin di Brussel, mengatakan bahwa “penting agar Inggris segera menemukan stabilitas politik” mengingat tantangan perang Rusia di Ukraina dan krisis energi yang meningkat.
 

(FJR)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *