Raihan Medali di Porprov Jadi Jalur Prestasi, Siswa Bangkalan Bebas Memilih Sekolah Tanpa Seleksi

Raihan Medali di Porprov Jadi Jalur Prestasi, Siswa Bangkalan Bebas Memilih Sekolah Tanpa Seleksi

SURYA.CO.ID, BANGKALAN – Bertanding membela nama daerah di ajang Porprov Jatim VII 2022, bisa menjadi salah satu cara mendapat kemudahan bagi para siswa. Karena Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan ternyata menetapkan perjuangan di Porprov sebagai jalur prestasi sehingga para siswa dibebaskan memilih sekolah mana pun yang diinginkan sebagai hadiahnya.

Penegasan itu disampaikan Kepala Disdik Bangkalan, Bambang Budi Mustika ketika menggalang para guru SD dan SMP untuk berkumpul di jalan protokol depan Pendapa Agung, Jalan Letnan Abdullah, Kelurahan Kraton, Senin (4/7/2022).

Ratusan guru dan masyarakat itu memenuhi jalan sambil mengibarkan Bendera Merah-Putih, untuk menyambut kedatangan siswa-siswi peraih medali pada Porprov VII Jatim.

“Siswa-siswi peraih medali akan mendapat beasiswa berupa uang tunai. Selain itu (mereka) tinggal pilih mau sekolah di mana tanpa seleksi, mereka sudah masuk jalur prestasi. Saya sudah tanda tangan MoU dengan Ketua KONI Bangkalan,” tegas Bambang.

Dukungan Disdik Bangkalan tidak hanya dengan pemberian beasiswa dan keleluasaan siswa peraih medali untuk memilih sekolah lanjutan usai Porprov, namun juga mulai ari beberapa bulan sebelum Porprov digelar.

“Sebelumnya saya juga memberikan dispensasi kepada siswa untuk latihan. Selain dari kami, Pak Bupati juga menyiapkan bonus untuk setiap perolehan satu medali,” tambahnya.

Sementara gegap gempita para guru larut bersama suka cita masyarakat saat mobil Patroli Pengawalan Satlantas Polres Bangkalan mulai melintas. Diikuti iring-iringan mobil Jeep Willys setir kiri yang membawa Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron dan Ketua KONI Bangkalan, Fauzan Jakfar dan beberapa mobil yang ditumpangi para atlet.

Bambang mengungkapkan, awalnya disdik akan menurunkan murid-murid dalam penyambutan siswa peraih medali bersama atlet. Namun urung dilakukan karena siswa tengah libur.

“Akhirnya saya menggerakkan guru SD dan SMP di kota untuk menyambut atlet-atlet kami yang sudah bertarung di Porprov VII Jatim. Prestasi mereka sangat membanggakan karena itu kami ikut bergembira,” ungkap Bambang kepada SURYA.

Kabupaten Bangkalan berhasil mengumpulkan 113 poin dari perolehan 16 medali emas, 12 medali perak, dan 25 medali perunggu. Pencapaian ini mampu mendongkrak prestasi olahraga Bangkalan dari dasar kubangan klasemen hingga di urutan ke-14.

Dalam Porprov VII kali ini, Bangkalan meninggalkan Pamekasan yang berada di urutan ke-19, Sumenep di urutan ke-30, dan Sampang di urutan ke-38 atau dasar klasemen.

Ia menjelaskan, berdasarkan laporan dari kepala sekolah, ada siswa dari SMPN 2 meraih medali emas, siswa SMP Negeri 1 Bangkalan meraih medali perak dan perunggu, dan siswa SMP Kamal meraih medali emas, perak, dan perunggu. Termasuk ada guru GTT atlet Binaraga asal Kecamatan Sepulu meraih medali emas. *****


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *