Putin Tegaskan Tidak Akan Gunakan Senjata Nuklir di Ukraina

Putin Tegaskan Tidak Akan Gunakan Senjata Nuklir di Ukraina

Moskow: Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dia tidak akan menggunakan senjata nuklir di Ukraina. Ini membantah tuduhan bahwa dirinya memiliki niat untuk perang nuklir.
 
Pada Kamis 27 Oktober 2022, Putin membantah memiliki niat perang nuklir – tetapi menggambarkan konflik di sana sebagai bagian dari dugaan upaya Barat untuk mengamankan dominasi globalnya, yang dia bersikeras pasti akan gagal.
 
Berbicara pada konferensi pakar kebijakan luar negeri internasional, Putin mengatakan tidak ada gunanya bagi Rusia untuk menyerang Ukraina dengan senjata nuklir.
 
“Kami melihat tidak perlu untuk itu,” kata Putin.
 
“Tidak ada gunanya itu, baik politik, maupun militer,” tegas Putin, seperti dikutip TRT, Jumat 28 Oktober 2022.
 
Putin mengatakan peringatan sebelumnya tentang kesiapannya untuk menggunakan “segala cara yang tersedia untuk melindungi Rusia” tidak berarti perang nuklir, tetapi hanya merupakan tanggapan terhadap pernyataan Barat tentang kemungkinan penggunaan senjata nuklir mereka.
 
Dia juga menyoroti pernyataan mantan Perdana Menteri Liz Truss pada Agustus lalu, bahwa dia akan siap untuk menggunakan senjata nuklir jika dia menjadi pemimpin, sebuah pernyataan yang menurut Putin mengkhawatirkan Kremlin.
 
“Apa yang seharusnya kita pikirkan. Kami melihat itu sebagai posisi terkoordinasi, upaya untuk memeras kami,” ucap Putin.
 
Dalam pidato panjang yang sarat dengan kecaman terhadap Amerika Serikat dan sekutunya, Putin menuduh mereka mencoba mendikte persyaratan mereka ke negara lain dalam permainan dominasi yang “berbahaya, berdarah dan kotor”.
 
Putin, yang mengirim pasukannya ke Ukraina pada 24 Februari, telah memberikan dukungan Barat untuk Ukraina sebagai bagian dari upaya luas oleh Washington dan sekutunya untuk memaksakan kehendaknya kepada orang lain melalui tatanan dunia berbasis aturan.
 
Dia berargumen bahwa dunia telah mencapai titik balik, ketika “Barat tidak lagi mampu mendiktekan kehendaknya kepada umat manusia tetapi masih mencoba melakukannya, dan mayoritas negara tidak lagi mau mentolerirnya.”
 
Pemimpin Rusia ini mengklaim bahwa kebijakan Barat akan menimbulkan lebih banyak kekacauan, menambahkan bahwa “dia yang menabur angin akan menuai angin puyuh.”
 
Putin mengklaim bahwa “manusia sekarang menghadapi pilihan: menumpuk beban masalah yang pasti akan menghancurkan kita semua atau mencoba menemukan solusi yang mungkin tidak ideal tetapi dapat berhasil dan dapat membuat dunia lebih stabil dan aman.”
 

(FJR)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *