Proyek Tol Bawah Laut IKN Masih Lama, Ini Progres Terbarunya

Proyek Tol Bawah Laut IKN Masih Lama, Ini Progres Terbarunya

tribunwarta.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan kabar terkini dari tol beserta terowongan bawah laut atau Immersed Tunnel. Tol bawah laut ini nantinya akan menghubungkan Balikpapan dengan pusat kota di IKN Nusantara.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan, hingga saat ini prosesnya masih dalam tahap feasibility study atau uji kelayakan dengan pihak Korea Selatan.

“Kita sekarang sedang feasibility study oleh Korea,” ucap Hedy, kepada wartawan di Gedung DPR RI, Selasa (13/12/2022).

Hedy menyebut, kemungkinannya panjang terowongan tersebut berkisar di 1,5 km. Namun ia belum dapat memastikannya lantaran proses studi masih terus dijalankan.

“Kita lagi cari the best line. Kan sekarang masih study istilahnya,” katanya.

Sementara menyangkut besaran nilai proyek tol bawah laut itu sendiri, hingga kini Hedy juga belum dapat memastikannya. Detail informasi-informasi tersebut katanya bisa didapatkan setelah uji kelayakannya selesai.

Sebagai tambahan informasi, sudah sejak bulan Agustus lalu feasibility study atau uji kelayakan ini dijalankan oleh Korea Selatan dan tak kunjung selesai hingga saat ini.

Namun sebetulnya, pembangunan tol bawah laut masih sangat lama, bahkan kemungkinannya baru berjalan di tahun 2026 atau 2027. Informasi ini disampaikan oleh Ketua Bidang Pelaksanaan Transportasi Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Atyanto Busono pada bulan Agustus lalu.

Atyanto menegaskan rencana tol bawah laut benar-benar serius akan digarap pemerintah. Tol bawah laut ini dibangun untuk mempercepat waktu tempuh antara Balikpapan sebagai kota besar dengan IKN. Target utamanya, dari Balikpapan ke IKN hanya cukup waktu 30 menit lewat tol.

Jauh sebelumnya, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Danis Sumadilaga juga sempat menjelaskan, jaringan tol yang memiliki terowongan bawah laut panjangnya 47 kilometer (km). Tol ini menghubungkan daerah Sepinggan ke IKN.

“Kalau jalan tolnya 47 km, kalau panjang tunnel-nya mungkin 1-1,5 km tergantung nanti kita sedang mempelajari,” ujar Danis kepada detikcom, Rabu (19/1/2022).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *