Pria Muda Penjual Ikan Asap Ini Dikira Pesugihan, Bisa Habiskan 3 Kuintal per Hari

Pria Muda Penjual Ikan Asap Ini Dikira Pesugihan, Bisa Habiskan 3 Kuintal per Hari

tribunwarta.com – JAKARTA, Kisah Ayub Nurhadi, pria muda penjual ikan asap dapat menjadi inspirasi. Hanya dalam hitungan jam, Ayub bisa menjual 2-3 kuintal ikan asap berbagai jenis dengan omzet mencapai Rp5,2 juta.

Namun ternyata hal tersebut lantas memunculkan kecurigaan bagi sebagian pihak, bahkan Ayub sempat mendapatkan fitnahan melakukan pesugihan dari beberapa pihak.

Meski demikian, Ayub tak pantang mundur. Dia bahkan menularkan ide bisnisnya kepada para tetangga, sehingga banyak yang mengikuti jejaknya dan menuai keuntungan.

Dikutip dari channel YouTube Kawan dapur, berikut kisah Ayub selengkapnya:

1. Miliki 3 Bisnis Turun Temurun

Ayub mengaku, bisnis yang dijalankan olehnya merupakan bisnis turun temurun dari keluarganya. Bisnis yang dijalaninya rata-rata di bidang kuliner, diantaranya Serabi Solo, Ikan dan cilok kuah, semuanya merupakan usaha lama dari keluarga Ayub.

“Ini awalnya kan orangtua, jadi sudah berjalan sudah lama mas kurang lebih sekitar tahun 93 ya. Jadi kan saya kalau ditinggal, jadi saya ya bisa dibilang penerus lah. Iya, turun-temurun,” ujar Ayub.

2. Diikuti Para Tetangga

Ayub mengatakan bahwa usaha yang tengah dijalaninya terbilang menjanjikan, sebab selama ini ia selalu mendapatkan laba.

Melihat kesuksesan Ayub, banyak tetangga yang akhirnya mengikuti jejak Ayub menjalankan bisnis dengan jenis yang sama. Hasilnya, banyak diantara mereka juga yang turut sukses.

“Alhamdulillah mas, usaha ini menjanjikan ya. Banyak tetangga juga yang usaha kayak gini juga rata-rata sukses Alhamdulillah,” ungkapnya.

3. Difitnah lakukan pesugihan

Semakin tinggi pohon, maka semakin kencang pula terpaan angin yang datang, rasanya peribahasa tersebut cocok untuk menggambarkan pengalaman yang pernah dirasakan Ayub.

Ayub berkisah bahwa ada banyak orang di luar daerah yang iri melihat kesuksesannya. Ayub pernah dituduh melakukan pesugihan karena meraup banyak omzet dari hasil usahanya.

“Tapi kebanyakan orang di luar daerah sini itu, enggak tahu sirik apa gimana, itu sampai bilang. ‘Ah itu banyak orang sana nyupang (pesugihan). Ngomongnya ini itu, pakai tuyul, pakai pesugihan babi ngepet,” terangnya.

4. Jual 3 kuintal ikan dalam sehari

Berkat kerja keras dan usahanya, Ayub bisa menjual ikan asap dengan jumlah yang fantastis. Dalam sehari ia bisa menjual ikan sebanyak 2 hingga 3 kuintal.

Hal itu membuatnya harus bekerja ekstra, setiap hari ia kulakan ikan asap. Selain itu dia juga harus memiliki stok tambahan jika permintaan dari konsumen sedang naik.

“Ya bisa berapa kuintal itu ya. Bisa dua sampai tiga kwintal per harinya mas,” papar Ayub.

Mengenai omzetnya, Ayub mengatakan cukup besar dari modal yang dikeluarkan. Dia bisa mengantongi sekitar Rp5,2 juta per hari.

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *