PLN Tingkatkan Keandalan Kelistrikan Madura dengan Berhasil Energize SUTT 150 kV Bangkalan-Tx

PLN Tingkatkan Keandalan Kelistrikan Madura dengan Berhasil Energize SUTT 150 kV Bangkalan-Tx

SURYA.co.id|SURABAYA –  Peningkatan keandalan kelistrikan demi berikan pelayanan terbaik untuk masyarakat menjadi fokus PLN dalam menjalankan usaha ketenagalistrikan.

Kali ini kembali PLN berhasil memberi tegangan pertama (energize) Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Bangkalan-Tx.(11/10/2022) lalu. 

“Adapun langkah ini dilakukan demi menambah pasokan listrik dan menjaga keandalan kelistrikan di Jawa Timur, secara khusus di wilayah Madura dan sekitar serta untuk mengantisipasi pertumbuhan kelistrikan yang semakin tinggi,” kata Wiluyo Kusdwiharto, Direktur Manajemen Proyek dan Energi Baru Terbarukan, Sabtu (15/10/2022).

Transmisi dengan keseluruhan panjang lintasan 25,4 kms yang terdiri dari 35 tower, saat ini terhubung dengan infrastruktur SUTT 150 kV Ujung-Bangkalan-Kenjeran dengan temporary jumper.

Ke depannya  SUTT 150 kV Bangkalan-Tx akan terhubung langsung dengan SKTT 150 kV Kedinding-Tx Bangkalan sirkit 3 dan 4 yang mana  sedang dalam masa pembangunan  yang direncanakan akan beroperasi di tahun 2023.

Wiluyo menuturkan, berhasilnya pemberian tegangan pertama (Energize)  SUTT 150 kV Bangkalan-Tx ditujukan untuk meningkatkan keandalan kelistrikan di Pulau Madura.

“Hal ini sebagai perwujudan kesungguhan PLN dalam upaya memberi layanan terbaik kepada masyarakat,” jelas Wiluyo.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa keberhasilan ini merupakan hasil dari dukungan banyak pihak termasuk stakeholder terkait.

General Manager PLN UIP JBTB, Muhammad Ramadhansyah, menambahkan, bahwa dengan beroperasinya SUTT 150 kV Bangkalan-Tx akan berimbas positif terhadap peningkatan keandalan Jawa Timur khususnya Pulau Madura.

“Dengan energize-nya transmisi kelistrikan SUTT 150 kV Bangkalan-Tx, cadangan daya Pulau Madura untuk saat ini meningkat sebesar 150 MW,” ungkap Ramadhansyah.

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan bahwa Infrastruktur ini nantinya merupakan satu rangkaian dengan pembangunan SKTT 150 kV Kedinding – TX Bangkalan sirkit 3 dan 4 yang sedang dikerjakan konstruksinya dan siap untuk dioperasikan tahun 2023.

“Seluruh upaya kerap dilakukan PLN dan tentunya selalu berkoordinasi dengan stakeholder terkait. Kami juga berterima kasih atas dukungan berbagai pihak mulai dari PLN Grup Jawa Timur dan seluruh stakeholder yang terlibat, karena lewat sinergitas yang tinggilah, kedua infrastruktur ini dapat beroperasi tepat waktu,” pungkas Ramadhansyah.(rie/Sri Handi Lestari).  


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *