Perubahan Saluran Penjualan jadi Langkah Utama Digitalisasi UMKM

Perubahan Saluran Penjualan jadi Langkah Utama Digitalisasi UMKM

tribunwarta.com – Di era digital ini, perubahan atau switching channel penjualan cukup penting mendesak untuk dilakukan oleh industri usaha kecil.

Senior Vice President, Business Banking Sales Lending Head UOB Indonesia, Susi Riniwati menyampaikan, saat ini jalur penjualan produk UKM sudah mengalami peralihan. Karena itu, penting bagi UMKM untuk mengubah saluran penjualannya.

“Jalur penjualan produk UKM sudah beralih ya, dari pasar tradisional ke market e-commerce atau marketplace ,” tutur Susi dalam acara One Stop Solution for UMKM oleh Bank UOB via Zoom Meeting pada Senin (28/11/2022).

Menurut Susi, dalam sebuah kajian disebutkan bahwa banyak UKM yang mulai mengurangi penggunaan situs atau web sendiri, yang kemudian beralih ke e-commerce.

Oleh karena itu, peran dunia digital sangat digunakan dan mendukung perkembangan UKM di Asia Tenggara, tidak terkecuali di Indonesia.

Kondisi pandemi yang sempat menghambat perkembangan UKM di kawasan ASEAN, perlahan menemukan titik terang lewat dunia digital.

“Pandemi justru membawa pertumbuhan signifikan terhadap pertumbuhan dan perkembangan UKM,” ungkap Susi.

Melihat kondisi tersebut seharusnya bisa menjadi penggerak bagi para pelaku usaha untuk ikut beradaptasi dengan perubahan dan beralih ke sistem digital.

Sesederhana beralih atau menambah jalur penjualan, seperti dengan menggunakan layanan e-commerce atau marketplace yang sudah tersedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!