Pertolongan Pertama untuk Kaki Terkilir Selain RICE, Jangan Diurut!

Pertolongan Pertama untuk Kaki Terkilir Selain RICE, Jangan Diurut!

Jakarta: Ligamen tergolong kuat, seperti pita elastis yang menghubungkan tulang ke tulang dan menahan sendi di tempatnya. Dan bila kamu mengalami keseleo, artinya telah terjadi cedera pada ligamen yang disebabkan oleh robeknya serat ligamen. Ligamen mungkin robek sebagian, atau robek seluruhnya. 

Keseleo pergelangan kaki adalah jenis keseleo yang paling umum. Pergelangan tangan, lutut dan keseleo ibu jari juga sering terjadi. Ligamen yang terkilir sering membengkak dengan cepat dan menyakitkan. Umumnya, semakin besar rasa sakit dan bengkak, semakin parah cederanya. Untuk sebagian besar keseleo ringan, kamu mungkin dapat memulai perawatan cedera awal sendiri dengan metode RICE.

 

Istirahatkan (rest)

Mengistirahatkan pergelangan kaki adalah kunci untuk penyembuhan, dan memakai penyangga dapat membantu menstabilkan area yang cedera. Dokter biasanya akan menyarankan untuk tidak meletakkan beban apa pun pada area yang cedera selama 48 hingga 72 jam. Mencoba kembali berolahraga atau aktivitas lain terlalu cepat dapat meningkatkan risiko cedera lain.
 

Beri es (ice)

Menggunakan kompres es dapat mengurangi aliran darah ke cedera dan membantu meringankan rasa sakit dan pembengkakan. Melansir dari Medical News Today, American Academy of Family Physicians menyarankan untuk mengoleskan kompres es ke keseleo selama 10-20 menit setiap kali. Bungkus paket dengan handuk sebelum meletakkannya di kulit. Jika menggunakan es, berhati-hatilah untuk tidak menggunakannya terlalu lama, karena dapat menyebabkan kerusakan jaringan.
 

Kompres (compress)

Kompresi membantu menstabilkan sendi yang cedera dan dapat mengurangi pembengkakan. Coba balut perban di sekitar pergelangan kaki yang cedera. Perban harus pas, tetapi tidak terlalu kencang sehingga menusuk ke dalam kulit, sakit, atau menyebabkan mati rasa.
 

Tinggikan (Elevation)

Mengangkat pergelangan kaki yang terkilir dapat mengurangi akumulasi cairan di sendi. Juga dapat meredakan pembengkakan, yang juga dapat membantu mengurangi rasa sakit. Cobalah tidur dengan kaki dan pergelangan kaki disangga di atas bantal pada tingkat yang lebih tinggi dari jantung. Saat duduk atau beristirahat, gunakan bantal atau pijakan kaki agar kaki dan pergelangan kaki tetap terangkat.

Selain pertolongan RICE di atas, masih ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan bila terjadi cedera kaki keseleo. Karena, keseleo bisa memakan waktu berhari-hari hingga berbulan-bulan untuk pulih.



(Mengangkat pergelangan kaki yang terkilir dapat mengurangi akumulasi cairan di sendi. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Berikut yang bisa kamu lakukan untuk menyembuhkan cedera terkilir atau keseleo, di antaranya:

 

Panas

Kompres panas meningkatkan aliran darah ke cedera yang dapat mempercepat penyembuhan. Beberapa orang juga menemukan bahwa itu membantu mengendurkan otot-otot yang tegang, mengurangi rasa sakit dan ketegangan. Namun, jangan menggunakan panas saat pergelangan kaki masih bengkak, karena dapat meningkatkan peradangan dan memperlambat penyembuhan. Setelah pembengkakan berkurang, coba oleskan balsem atau krim panas selama 15-20 menit setiap kali.
 

Peregangan

Cedera pada pergelangan kaki membuat otot dan struktur lain di sekitarnya berisiko mengalami kerusakan. Ini sangat mungkin terjadi jika jaringan menjadi lemah karena tidak digunakan. Peregangan membuat otot kuat dan lentur. Ini juga membantu lebih banyak darah bersirkulasi ke area tersebut, yang dapat membantu pergelangan kaki sembuh lebih cepat. Regangkan pergelangan kaki dengan lembut dengan menggerakkannya ke segala arah setidaknya tiga kali setiap hari. Coba tekuk kaki ke depan, lalu ke belakang, atau putar searah jarum jam, lalu berlawanan arah jarum jam.
 

Terapi fisik

Dapat bermanfaat bagi siapa saja yang mengalami nyeri jangka panjang setelah keseleo serius dan siapa pun yang memiliki riwayat cedera serupa. Terapis fisik akan melakukan pemeriksaan pergelangan kaki orang tersebut untuk mengidentifikasi otot yang lemah dan masalah lain yang dapat menyebabkan rasa sakit dan meningkatkan risiko cedera.
 

Berjalan

Rasa sakit dan bengkak yang segera mengikuti keseleo pergelangan kaki mungkin parah. Hal ini memungkinkan seseorang untuk tidak memberikan beban apapun pada sendi. Saat pembengkakan berkurang, berjalan dapat meningkatkan penyembuhan. Mulailah dengan berjalan kaki dalam jarak pendek di dalam rumah. Kemudian, secara bertahap bangun jarak yang lebih jauh saat pergelangan kaki mulai sembuh. Bila masih sakit, tunggu satu sampai dua hari, lalu coba lagi.

Ingat, yang harus diperhatikan jangan mengabaikan rasa sakit dari keseleo pergelangan kaki atau menganggap bahwa tidak ada yang bisa dilakukan oleh dokter. Perawatan yang tepat dapat mempercepat pemulihan dan mengurangi risiko cedera kronis atau sekunder.
(yyy)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *