Perluas Kesempatan Kerja, Program TKM akan Disinergikan dengan KIT Batang

Perluas Kesempatan Kerja, Program TKM akan Disinergikan dengan KIT Batang

tribunwarta.com – BATANG, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) melalui Direktorat Bina Perluasan Kesempatan Kerja akan mensinergikan Program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) dengan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang.

Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Caswiyono Rusydie Cakrawangsa, mengatakan sinergi itu untuk memperluas kesempatan kerja seiring peningkatan investasi yang masuk ke KIT Batang.

“Hal ini yang menjadikan tantangan masih minimnya penyerapan angkatan kerja lokal dengan kebutuhan kawasan industri mengingat keterbatasan keterampilan dan sertifikasi yang dimiliki,” kata Caswiyono, pada acara TKM Expo Batang, Jawa Tengah, Sabtu (10/12/2022).

Terkait dengan itu, lanjutnya, Kemenaker akan menyiapkan dua kebijakan penting, yakni perluasan kesempatan kerja dalam hubungan kerja, dan memperluas kesempatan kerja di luar hubungan kerja.

Terkait dengan perluasan kesempatan kerja dalam hubungan kerja, Kemenaker akan mendorong investasi industri pada sektor padat karya yang masuk ke kawasan KITB.

Seiring peningkatan investasi yang masuk di Indonesia saat ini masih didominasi oleh investasi pada sektor formal yakni industri padat modal dan padat teknologi.

Kedua, untuk memperluas kesempatan kerja di luar hubungan kerja, yakni dengan mencetak seluas-luasnya wirausaha muda, yang dapat menyerap tenaga kerja. Salah satunya melalui program TKM.

“Mengingat kedepan kawasan KITB ini akan diisi oleh tenaga kerja pendatang yang jumlahnya sangat banyak, nantinya banyak potensi usaha yang dapat dimaksimalkan mengingat kebutuhan yang meningkat, seperti usaha makanan/minuman, konveksi, handycraft, industri kreatif lainnya hingga digital marketing,” ujar Caswiyono.

Terkait program TKM, lanjutnya, perlu ada terobosan untuk memastikan efektifitas program ini diantaranya:

1. Penguatan pendampingan teknis kepada kelompok TKM pemula
2. Mengoptimalkan peran tenaga kerja mandiri lanjutan untuk mengapresiasi bagi para pelaku TKM terbaik yang usahanya telah berkembang dan produktif

“Nantinya mereka akan diberikan insentif yang lebih dan akan dihubungan langsung dengan pasar, kita hubungkan dengan investor,” ungkap Caswiyono.

Sementara itu, Direktur Bina Perluasan Kesempatan Kerja, I Nyoman Darmanta menyampaikan pada Tahun 2021 jumlah kelompok Penerima Bantuan TKM Pemula (baik Mikro dan Ultra Mikro) untuk Provinsi Jawa Tengah sejumlah 1135 kelompok, dan Kab. Batang sejumlah 63 kelompok.

Pada Tahun 2022, jumlah keseluruhan kelompok Penerima Bantuan TKM Pemula untuk Provinsi Jawa Tengah sejumlah 1740 kelompok, dan Kab. Batang sejumlah 60 kelompok.

Sementara PJ Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, dalam sambutannya memberikan apresiasi atas terselenggaranya bantuan TKM yang ada di Kabupaten Batang yang sudah berjalan dua tahun terakhir ini.

Menurut dia, program TKM ini sangat bermanfaat sekali mengingat banyak sekali potensi pemberdayaan UMKM yang ada di Kabupaten Batang untuk dapat bisa lebih berkembang, produktif, dengan tidak hanya diberikan bantuan saja, tetapi diberikannya pendampingan secara teknis.

“Kami melihat hasilnya nyata, mulai dari aktivitas produksi sampai kemudian dapat dipasarkan yang hasilnya dapat langsung dirasakan dengan meningkatnya perluasan kesempatan kerja serta kesejahteraan ekonomi masyarakat Kabupaten Batang,” tutur Lani.

Editor : Jeanny Aipassa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *