Performa Meningkat, UMKM Lokal Unjuk Gigi di Ajang Shopee 12.12 Birthday Sale

Performa Meningkat, UMKM Lokal Unjuk Gigi di Ajang Shopee 12.12 Birthday Sale

tribunwarta.com – Gelaran promo akbar Shopee 12.12 Birthday Sale berhasil menjadi wadah pengembangan bisnis bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM ) Indonesia di penghujung 2022.

Melalui promo yang berlangsung pada 14 November hingga 12 Desember 2022 itu, pelaku UMKM dapat mengembangkan strategi sekaligus menjangkau lebih banyak masyarakat. Gelaran ini juga berkontribusi dalam mewujudkan ekonomi digital yang lebih inklusif di Indonesia.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, para pelaku usaha lokal dan UMKM kian menunjukkan potensinya melalui kualitas yang ditawarkan di Shopee 12.12 Birthday Sale.

Tercatat, pesanan produk UMKM meningkat lebih dari 4 kali lipat pada puncak kampanye 12.12 Birthday Sale jika dibandingkan hari biasa.

“Di Shopee, segala sesuatu yang kami hadirkan selalu didasari oleh semangat untuk senantiasa mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan melalui berbagai inovasi dan inisiatif,” tuturnya dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Selasa (13/12/2022).

Monica menambahkan, sejumlah fitur, program, hingga kolaborasi yang dihadirkan Shopee dalam rangkaian 12.12 Birthday Sale kali ini tidak hanya menjadi nilai tambah untuk pengalaman belanja online.

Lebih jauh, kampanye tersebut juga menjadi kesempatan bagi pelaku UMKM untuk menciptakan bisnis yang lebih berkelanjutan secara kreatif.

“(Kami) menutup tahun ini dengan catatan performa yang baik. Partisipasi UMKM juga kian meningkat. Ini diharapkan menjadi dorongan bagi kami untuk memberikan lebih banyak manfaat dan kebahagiaan bagi seluruh ekosistem Shopee,” imbuh Monica.

Festival belanja akhir tahun itu sekaligus perayaan ulang tahun ke-7 Shopee itu juga menunjukkan tren baru, khususnya pada produk-produk buatan lokal.

Pada kategori kecantikan, lipstik, penggaris mata (eyeliner), dan parfum menjadi produk yang paling dicari di gelaran Shopee 12.12 Birthday Sale.

Performa kategori pakaian wanita juga meningkat pada gelaran promo tersebut. Tercatat, celana kulot dan kemeja linen menjadi produk fesyen wanita yang menjadi pilihan para pengguna untuk merayakan akhir tahun.

Sementara untuk kategori makanan dan minuman, makanan instan dengan kemasan kekinian menjadi pilihan banyak pengguna sebagai hamper akhir tahun untuk keluarga dan kerabat terdekat.

Pengalaman belanja yang lebih interaktif

Shopee berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman belanja yang lebih interaktif pada kampanye 12.12 Birthday Sale.

Selama kampanye tersebut berlangsung, sejumlah fitur interaktif dihadirkan untuk menciptakan kebersamaan bagi seluruh ekosistem Shopee. Fitur-fitur tersebut di antaranya adalah Shopee Live, Shopee Video, dan Shopee Games.

Shopee Live hadir sebagai solusi untuk memperkuat interaksi personal antara penjual dan pembeli. Melalui fitur ini, pelaku UMKM dapat mempromosikan produk secara lebih kreatif sekaligus membuka ruang komunikasi yang lebih dalam kepada konsumen.

Sebagai informasi, sesi live stream Shopee Live di ajang 12.12 Birthday Sale ditonton selama lebih dari 15 juta jam. Ini membuktikan bahwa fitur interaktif tersebut menjadi metode belanja online baru yang tepercaya dan diminati oleh banyak orang.

Selain itu, Shopee Live juga dinilai dapat memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menemukan rekomendasi atau ulasan produk. Utamanya, dengan memanfaatkan tagar #RacunShopee yang memuat lebih dari 450.000 produk.

Pengguna juga dapat memanfaatkan fitur Shopee Games untuk mengisi waktu seraya menanti waktu promo puncak dimulai.

Versi in-app games terbaru besutan Shopee, Shopee Pets, juga mendapat antusiasme tinggi dari para pengguna. Tercatat, pengguna berhasil mengumpulkan lebih dari 165 juta Koin Shopee sejak Shopee Pets diluncurkan pada Jumat (2/12/2022).

Kembangkan lini bisnis lokal

Tak hanya menyebarkan kemeriahan akhir tahun bersama mitra brand di kota-kota besar, kampanye 12.12 ShopeePay Birthday Sale juga turut mengembangkan bisnis di kota-kota nonmetropolitan melalui fitur ShopeePay Sekitarmu.

Monica menuturkan, sejumlah kota nonmetropolitan, seperti Sidoarjo, Gresik, dan Jombang, menjadi daerah yang paling banyak memanfaatkan voucer ShopeePay Sekitarmu.

Sebagai informasi, fItur online-to-offline (O2O) berbasis lokasi itu memungkinkan pengguna untuk menemukan berbagai voucer menarik dan hemat dari berbagai merchant yang ada di sekitar.

Semangat serupa juga tampak di platform ShopeeFood. Para pengguna dan pelaku UMKM lokal turut merasakan manfaat promo ShopeeFood 12.12 Pesta Makan. Kampanye ini digelar untuk mendorong transaksi UMKM industri kuliner di berbagai daerah.

Pada kampanye tersebut, mi ayam, ayam geprek, dan nasi goreng menjadi kuliner UMKM lokal yang paling banyak dipesan pengguna ShopeeFood.

Monica mengatakan, melalui gelaran Shopee 12.12 Birthday Sale kali ini, pihaknya berupaya untuk memberikan dampak positif yang dapat menjangkau seluruh lini bisnis.

“(Kampanye tersebut dapat) menjadi batu loncatan (bagi pelaku UMKM) untuk terus berkembang dan menyambut tahun baru secara optimistis,” katanya.

Monica melanjutkan, pihaknya juga berterima kasih kepada para pengguna dan penjual atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Shopee.

“Semoga, kami dapat terus melayani masyarakat Indonesia untuk membantu memenuhi kebutuhan mereka melalui ekosistem digital yang inklusif,” jelasnya.

Informasi selengkapnya mengenai Shopee 12.12 Birthday Ekstra Sale dapat ditemukan di laman . Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan segera aktifkan ShopeePay.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!