Penyebab & Cara Mengatasi Kartu ATM Tertelan

Penyebab & Cara Mengatasi Kartu ATM Tertelan

tribunwarta.com – Kartu ATM tertelan oleh mesin ATM adalah hal yang lumrah terjadi. Hal ini terjadi karena mesin ATM yang error atau karena kelalaian pengguna kartu.

Untuk keamanan data perbankan Anda, segera lakukan 3 hal ini ketika kartu ATM tertelan.

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Penyebab Kartu ATM Tertelan

Dewasa ini, semua bank negeri atau bank swasta pasti menyediakan fitur berupa ATM atau Automatic Teller Machine. Layanan ini dibuat untuk memudahkan dan membantu urusan yang berhubungan dengan perbankan.

Kita bisa ambil uang tunai, cek saldo, transfer dan transaksi lainnya, tanpa harus datang ke kantor cabang yang kemungkinan membuang cukup banyak waktu untuk antre panjang dan berhadapan langsung dengan petugas bank.

ATM sangat terasa manfaatnya selama kita menggunakannya dengan baik dan benar.

[Baca Juga: Cara Pakai Mesin ATM dan Biayanya]

Namun, bagaimana pun juga ATM adalah mesin. Ada kalanya gangguan, error, atau rusak. Selain itu, faktor human error seperti, ceroboh, dan sebagainya harus diperhatikan agar tidak jadi masalah saat menggunakan kartu ATM.

Bila kedua kesalahan ini terjadi di hari sial kita yang kebetulan sedang menggunakan ATM, hal ini bisa-bisa membuat kartu ATM tertelan di mesin.

Hal ini bisa menimpa kepada siapa saja dan kapan saja, atau mungkin saat ini Anda yang sedang mengalaminya.

Ketahui apa saja yang dapat menyebabkan kartu ATM tertelan:

#1 Mesin ATM Rusak Dan Error

Tidak ada mesin yang sempurna, sama halnya dengan mesin ATM yang sering kita gunakan.

Mesin ATM kerapkali mengalami gangguan error dengan kerusakan yang sebabkan berbagai macam hal. Salah satunya datang dari satelit yang sedang mengalami gangguan.

Bila Anda menggunakan mesin ATM yang rusak sebelum diperbaiki dan Anda tidak menyadarinya, kemungkinan mesin akan menelan kartu ATM Anda.

Namun biasanya, kebanyakan mesin rusak akan menolak kartu ATM kita. Kartu akan dimuntahkan dan transaksi tidak berjalan.

Jika Anda mengalami hal tersebut segera ambil kartu ATM Anda dan segera mencari mesin ATM lain yang sedang tidak mengalami gangguan.

#2 Listrik Mati Saat Menggunakan Mesin ATM

Semua orang mengetahui jika ATM memerlukan listrik untuk beroperasi, Matinya listrik menjadi salah satu penyebab kartu ATM Anda tertelan.

Mesin ATM bukanlah suatu mesin yang dapat menyimpan daya seperti laptop ataupun handphone.

[Baca Juga: Cara Mengambil Uang di ATM Bersama dan di ATM Berbagai Bank]

Hal ini sudah ditanggulangi pihak bank dengan menyediakan generator system atau sering dikenal dengan sebutan genset. Namun, genset tidak selalu menjamin mesin ATM akan aman dari pemadaman listrik.

Jika sudah seperti ini sudah dipastikan kartu ATM tertelan oleh mesin ATM.

Sekalipun Anda tekan tombol cancel berkali-kali tetap tidak bisa mengembalikan kartu ATM Anda, terlebih jika listrik mati seharian penuh.

#3 Salah Memasukan PIN ATM

Penggunaan kartu ATM yang dilengkapi dengan PIN akan membuat kartu ATM Anda aman sekalipun hilang dan digunakan oleh orang lain.

PIN ATM harus benar-benar diingat agar kartu ATM tidak tertelan mesin.

Salah satu kesalahan orang yang menyebabkan kartu ATM tertelan, yaitu karena lupa PIN.

Meskipun mesin normal, namun jika pengguna lupa PIN dan tetap dipaksakan menginputnya sampai berkali-kali, kartu ATM bisa tidak mau keluar lagi alias tertelan.

[Baca Juga: Mau Bikin Kartu ATM BCA? Ketahui Jenis & Limitnya Dulu]

PIN pada kartu ATM sangat penting kerahasiaannya, karena jika sekalipun ada orang yang mencoba membobol kartu ATM Anda, hal tersebut akan mustahil dilakukan selama orang tersebut tidak mengetahui PIN Anda.

Memang benar bila kita salah PIN sebanyak 3 kali berturut-turut menyebabkan kartu ATM terblokir dan biasanya mesin akan mengeluarkan kartu tersebut. Namun, ada juga mesin yang langsung menelannya.

Mesin yang otomatis menelan kartu ATM jika 3 kali salah PIN, sengaja diprogram untuk keamanan. Jika ada orang lain yang memaksakan membobol kartu ATM Anda dan tidak orang itu tidak tahu PIN, maka pembobolan tidak akan berhasil.

#4 Kartu ATM Sudah Keluar Namun Lupa Diambil

Terlalu fokus mengambil uang dan struk pengambilan seringkali membuat kita lupa untuk segera mengambil kartu ATM yang sudah keluar.

Banyak sekali kasus tertelannya kartu ATM karena human error yang satu ini.

Jika setengah bagian kartu masih tergigit oleh mulut lubang tempat kartu, dalam waktu beberapa detik tidak buru-buru diambil, maka secara otomatis mesin akan menarik kembali dan menelannya.

[Baca Juga: Transaksi Elektronik dari ATM, sampai Mobile Banking]

Jadi, pastikan bila selesai tarik tunai, Anda tidak hanya ambil uangnya saja.

Sekadar saran, silakan ambil kartu ATM terlebih dahulu agar tidak tertelan. Sekalipun kita membiarkan beberapa lama uang yang keluar dari mesin ATM, maka tidak akan tertelan kembali seperti kartu ATM.

Berikut adalah video cara mengatasi jika kartu ATM sahabat Finansialku tertelah. Check this out guys!

Cara Menangani Jika Kartu ATM Tertelan

Setiap masalah tentu ada solusinya, begitu halnya dengan kartu ATM yang tertelan.

Berikut 3 langkah yang harus dilakukan jika kartu ATM Anda tertelan.

#1 Tenang dan Jangan Panik!

Jika kartu ATM tertelan, hal paling utama yang harus dilakukan adalah jangan panik. Panik hanya akan membuat suasana menjadi tambah kacau.

Anda mungkin sering lihat berita tentang modus-modus penipuan yang sering berlangsung di ATM?

Modusnya tidak jauh seperti adanya dua orang yang menawarkan bantuan untuk mengeluarkan kartu, hingga nomor customer care palsu yang ditempelkan di mesin ATM.

[Baca Juga: Apakah Ada Mesin ATM Bitcoin di Indonesia? Bagaimana Penampakannya?]

Usahakan diri agar tetap tenang!

Jangan bergeser dari mesin ATM jika ada kejadian janggal, seperti uang dan kartu yang tak keluar meski Anda telah memasukkan PIN dan nominal uang yang akan Anda ambil.

Waspadai orang-orang di sekeliling Anda. Segera telepon ke customer care, untuk segera melakukan pemblokiran. Pastikan nomor telepon customer care sudah benar-benar sesuai.

#2 Segera Hubungi Customer Service Bank Tersebut

Jika kartu ATM tertelan, segera telepon customer service Bank yang bersangkutan untuk melakukan pemblokiran sementara.

Biasanya pihak bank akan menanyakan beberapa pertanyaan untuk verifikasi data.

Pertanyaan yang umum diajukan adalah nama, alamat, nomor rekening, dan nama ibu kandung. Pemblokiran kartu ATM penting untuk menghindari penggunaan kartu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jangan lupa tanyakan juga persyaratan apa yang harus dibawa ketika berada di kantor cabang nanti agar Anda tidak bolak-balik ke bank.

Pasalnya, berdasarkan pengalaman, ada bank yang akan meminta kita untuk menyertakan surat keterangan hilang dari kantor polisi. Jika memang diminta demikian, tidak ada salahnya untuk segera mengurusnya ke kantor polisi.

Biasanya persyaratan yang diminta adalah KTP dan buku tabungan. Jangan lupa untuk menyiapkan sejumlah uang untuk biaya administrasi.

#3 Segera Datangi Kantor Cabang Terdekat

Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah datang ke kantor cabang terdekat untuk mengambil kembali kartu ATM yang tertelan.

Berdasarkan pengalaman juga, biasanya kartu diganti dengan yang baru untuk mempersingkat proses pengembalian.

Di teller, Anda akan diminta untuk mengisi formulir dan lagi-lagi akan ditanyai beberapa pertanyaan seputar kartu seperti kapan kartu tertelan, di ATM mana, transaksi terakhir, dan sebagainya.

Jika tak ada kendala, kartu ATM baru Anda akan selesai di hari itu juga.

Berhati-hati Saat Di Depan Mesin ATM

Ada baiknya Anda selalu berhati-hati dan waspada ketika Anda berada di depan mesin ATM. Lakukan kewaspadaan semaksimal mungkin yang Anda bisa!

Setelah mengetahui info ini, semoga Anda lebih memperhatikan lagi tata cara saat melakukan pengambilan uang di ATM, agar lebih aman.

Bagikan tulisan ini agar bermanfaat bagi orang-orang disekitar Anda. Silakan tulis di kolom komentar jika ada hal yang ingin ditanyakan atau didiskusikan.

Sumber Referensi:

    Tunaiku. 30 Desember 2016. Kartu ATM-mu Tertelan? Jangan Panik, Lakukan Langkah Berikut Ini!. Tunaiku.com – https://goo.gl/526Msm

Sumber Gambar:

    Kartu ATM Tertelan – https://goo.gl/yt3jn3

    Kartu ATM – https://goo.gl/n97jsE

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *