Pemprov Jabar akan Terapkan 4 Aspek Hasil KTT Y20

Pemprov Jabar akan Terapkan 4 Aspek Hasil KTT Y20

Bandung: Sebagai bentuk komitmen dan dukungan nyata, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjadikan empat aspek yang dibahas dalam Konferensi Tingkat Tinggi Youth 20 sebagai kebijakan dalam realisasi pembangunan di Jawa Barat. 
 
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengemukakan hal itu dalam Y20 Summit Press Conference secara virtual dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu, 2 Juli 2022. Pelaksanaan puncak KTT Y20 akan digelar di Kota Jakarta dan Bandung, pada 17-24 Juli 2022. 
 
Dalam pertemuan yang akan dihadiri 100 pemuda dari berbagai delegasi negara akan membahas empat aspek, yakni ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet yang berkelanjutan dan layak huni, serta keberagaman dan inklusi. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sederhana saja, kami mempunyai kewajiban tak hanya isu ini di level puncak, melainkan juga di level wilayah dengan empat isu ini dijadikan kebijakan yang realistis untuk pemuda di Jawa Barat,” ujar Ridwan Kamil. 
 
Diakui pria yang akrab disapa Emil ini, Jabar memiliki komitmen untuk melakukan kolaborasi dan inovasi dalam berbagai hal pembangunan. “Karena Jawa Barat mempunyai visi Jabar Juara Lahir Batin Melalui Kolaborasi dan Inovasi. Nah, kata kolaborasi ini bahasa lainnya inklusif, khususnya pemuda dilibatkan,” sambungnya.
 

Saat ini saja, Jabar telah membuat beberapa unit kerja yang melibatkan peran pemuda, di antaranya unit kerja Jabar Digital Service, Jabar Saber Hoaks, Jabar Quick Response, Jabar Future Leaders, Jabar Innovation Fellowship, dan Patriot Desa yang isinya anak muda semua. 
 
“Menurut saya, salah satu provinsi yang melibatkan pemuda ke dalam strategis pembangunan adalah Jawa Barat. Jadi begitu sayangnya Jabar kepada pemuda, itulah komitmennya,” cetusnya.
 
Y20 adalah platform untuk pemuda-pemudi dari semua negara G20 untuk berdialog, bernegosiasi, serta mengajukan solusi untuk isu-isu mendesak di dunia. 
 
Hasil utama dari KTT Y20 adalah rekomendasi kebijakan, disebut Komunike Y20 yang akan diberikan kepada para pemimpin negara pada pelaksanaan KTT G20 di Bali. 
 
Sementara itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang juga menjadi narasumber dalam konferensi pers tersebut menyampakan harapannya, pelaksanaan KTT Y20 menghasilkan komunike yang bisa diakomodasi oleh para pemimpin di KTT G20. 
 
“Pemprov DKI mendukung penuh Y20. Kita berharap teman-teman Y20 nantinya bisa menghasilkan komunike ke Presiden sebagai Pemimpin G20. Ujung dari pertemuan ini adalah pandangan anak muda yang masalahnya harus diakomodasi oleh Pemimpin di G20,” ujar Anies. 
 
Menurutnya, pemuda memiliki peranan penting dalam menentukan nasib masa depan bangsa. Maka dari itu perlu dipikirkan juga oleh para Pemimpin di KTT G20. 
 
“Para pemuda ini adalah pemilik masa depan. Apa yang katakan mereka, perlu dipikirkan serius oleh para pemimpin,” tandas Anies.

 

(WHS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *