Pelantikan Presiden Dilaksanakan Pada 20 Oktober 2019

Pelantikan Presiden Dilaksanakan Pada 20 Oktober 2019

tribunwarta.com – Ramai terdengar isu pelantikan Presiden Oktober 2019 yang dimajukan ke hari Sabtu, bagaimana ya kebenarannya?

Dalam artikel ini, Finansialku akan membahas mengenai pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019. Mari simak penjelasannya berikut ini. Selamat membaca!

Rubrik Finansialku

Pelantikan Presiden Maju Satu Hari?

Pelantikan kedua Joko Widodo sebagai presiden ke-7 Indonesia dijadwalkan akan digelar di Gedung DPR/MPR, Jakarta pada 20 Oktober 2019.

Acara ini menandai secara resmi dimulainya masa jabatan kedua dan terakhir Joko Widodo sebagai Presiden dan masa jabatan pertama Ma’ruf Amin sebagai Wakil Presiden.

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2019-2024, yaitu Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin ini mendadak jadi perbincangan dikarenakan pernyataan dari Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi pada hari Sabtu (28/9/2019):

“Pak Jokowi sudah mengusulkan agar bisa maju sehari (dari waktu resmi pelantikan pada 20 Oktober 2019.”

Menurutnya, usul itu disampaikan saat bersilaturahmi dengan sejumlah pegiat Projo di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat lalu.

Namun hal ini dibantah Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin:

“Dalam pertemuan itu di antara mereka mengusulkan bagaimana kalau pelantikan maju sehari supaya tidak ganggu mereka yang olahraga atau pergi ibadah. Itu saja usulannya. Jadi bukan presiden yang mau.”

Beliau juga menambahkan:

“Presiden senyum saja, kemudian mengatakan ‘Oh ya, bagus juga idenya’. Tapi Pak Jokowi kan sosok yang selalu taat asas, aturan perundang-undangan, kan sudah ada regulasinya, harinya, tanggalnya, tidak sembarangan.”

KPU Pastikan Pelantikan Presiden 20 Oktober 2019

Namun hal ini sudah dipastikan oleh Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Azis yang memastikan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden tahun ini akan tetap digelar pada 20 Oktober 2019.

Hal ini tentu merespon dari kabar yang menyebut bahwa Presiden Joko Widodo meminta supaya pelantikan dimajukan sehari dari jadwal yang sudah ditetapkan.

“Pelantikan tetap 20 Oktober.”

Viryan mengatakan, waktu pelantikan ini ditentukan sesuai dengan akhir masa jabatan (AMJ) Presiden dan Wakil Presiden.

Sejak pemilu periode sebelumnya, pelantikan selalu diadakan pada 20 Oktober 2019. Maka dari itu, mengikuti AMJ yang berlaku, pelantikan harus digelar pada 20 Oktober 2019, sesuai dengan waktu yang sudah berlaku dari tahun ke tahun.

“UUD menyebut masa jabatan Presiden dan Wakil Presiden 5 tahun.”

Aturan ini telah tertuang dalam Pasal 7 UUD 1945 yang mengatakan bahwa Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatan selama lima tahun.

[Baca Juga: Berlaku 1 Januari 2020, Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Ditolak Buruh]

Sesudahnya mereka dapat dipilih dalam jabatan yang sama hanya untuk satu kali masa jabatan.

Hal itu sudah dilakukan sejak pilpres dan pelantikan Presiden 20 Oktober 2004. Pemilu 2004 sendiri merupakan kali pertama Indonesia memilih presiden secara langsung lewat pemilihan umum.

Sudahkah Anda mengalokasikan dana darurat? Tahukah Anda bahwa sangat penting bagi seseorang untuk memiliki dana darurat, karena tidak ada seorang pun yang tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari.

Alokasikan dan hitung besaran jumlah dana darurat yang harus kamu miliki sekarang juga melalui fitur dana darurat dari aplikasi Finansialku.

Anda dapat download aplikasinya secara gratis di Google Play Store atau klik banner di bawah ini untuk mendaftar.

Setelah membaca artikel di atas, berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda juga dapat membagikan artikel Finansialku kepada teman-teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat. Terima kasih

Sumber Referensi:

    Admin. 30 September 2019. Heboh Pelantikan Jokowi Dimajukan, Ini Fakta Sebenarnya. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2nmgVmb

    Admin. 30 September 2019. KPU: Pelantikan Jokowi-Ma’ruf Tetap 20 Oktober 2019. Kompas.com – https://bit.ly/2ni7rbx

Sumber Gambar:

    Pelantikan Presiden 01 – http://bit.ly/2o83xSu

    Pelantikan Presiden 02 – http://bit.ly/2o8Z5mQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!