Parasite Ikon Film Korea Selatan Menang Oscars 2020!

Parasite Ikon Film Korea Selatan Menang Oscars 2020!

tribunwarta.com – Parasite raih Best International Feature Film di Oscars 2020, menjadi film non Bahasa Inggris pertama yang raih piala Oscar.

Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

Rubrik Finansialku

Parasite Menang Best International Feature Film

Dunia perfilman tercengang sekaligus gembira ketika Parasite dinobatkan sebagai Best International Feature Film Oscars 2020. Sebab baru kali film berbahasa asing memenangi ajang bergengsi sekelas Oscar.

Masyarakat Korea Selatan menghujani ruang twitter dengan cuitan rasa bangga mereka. “Saya menangis.” Cuit ahli sinema Korea, Jason Bechervaise.

Sementara itu, di dalam ruangan Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika pada minggu malam (09/02) malam waktu setempat, sutradara Bong Joon Ho sedang menyampaikan pidatonya.

“Ini merupakan Piala Oscar pertama untuk Korea Selatan”, ujar Sutradara Parasite itu dilansir dari BBC.com (12/02)

[Baca Juga: Menang Oscars 2020, Brad Pitt Bikin Kesal Warganet, WHY?]

Sutradara berkacamata itu memberikan kesempatan kepada kedua aktor utamanya: Jeong-eun Lee dan Hye-jin Jang memberi satu dua patah kata.

Melansir dari Tirto.id, salah satu lakon Parasite, Jeong-eun Lee mengatakan “Ini merupakan momen pertama dalam sejarah yang sedang terjadi sekarang.”

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

Hajat dari menangnya Parasite juga dirayakan oleh Duta Besar A.S. untuk Korea Selatan Harry Harris. “Kami mengadakan pesta menonton di kedutaan sambil memakan jjapaguri (mie yang dinikmati keluarga kaya dalam film).” Melansir dari Indopos.co.id Selasa, (12/02).

Sejak lama para pencinta sineas skeptis akan kemenangan Parasite sebagai film terbaik. Sebab, persaingan nominasi untuk film terbaik cukup berat. Mengingat sederet nominasi yang tak kalah paripurna.

Selain Parasite, nominasi film terbaik itu ada film The Irishman, 1971, Jojo Rabbit, Joker, Little Women, Marriage Story, Once Upon a Time…in Hollywood dan Ford v Ferrari.

Sejarah perfilman mencatat bahwa selama ini film berbahasa asing tak pernah memenangkan piala Oscar. Artinya, Parasite pencetak sejarah baru dalam dunia perfilman.

Sedikitnya, Parasite menerima enam nominasi Oscar yakni Best International Feature Film, Best Director, Best Original Screenplay, Best Picture, Best Film Editing, serta Best Production Design.

Film Parasite ber-genre dark comedy thriller ini bercerita tentang dua keluarga dengan latar belakang sangat jomplang.

[Baca Juga: Belajar Pesan Moral dari Film Green Book, Film Terbaik Oscar 2019]

Keluarga satu tinggal dirumah mewah, bersih dan terang khas rumah perlente sedangkan yang satunya tinggal di rumah yang tak layak huni.

Tak sedikit ulasan yang mengutarakan bahwa Parasite merupakan film sarat kritik sosial antara orang kaya dan miskin di kota Seoul.

“Cara bercerita Bong Joon Ho inovatif dan liar, tak terduga dan sangat menghibur,” kata Prof Bechervaise, yang mempelajari karya-karya Bong selama 15 tahun terakhir melansir dari bbc.com (12/02).

Film-film lain dari Bong Joon Ho seperti Memories of Murder (2003) dan Okja (2017) juga memiliki gaya cerita yang apik dan memesona.

Apakah Anda salah satu penonton film Parasite, jika iya, mau tahu dong tanggapan kalian tentang artikel ini. Mari berbagi tanggapan itu lewat kolom komentar di bawah ini, ya!

Dan Anda bisa sampaikan kabar ini seluas-luasnya ke kawan Anda atau sanak saudara nun jauh di sana.

Sumber Referensi:

    Laura Bicker. 11 Februari 2020. Film Parasite sabet Oscar: ‘Sebelumnya dunia abai terhadap bakat-bakat budaya Korea Selatan, mereka kini tahu’. BBC.com – https://bbc.in/2w3HTmq

    Restu Diantina Putri. 11 Febuari 2020. Mengapa Parasite Layak Memborong Oscar di Academy Awards ke-92? Tirto.id – https://bit.ly/2tOWLEw

    Achmad Sukarno. 11 Febuari 2020. Film Parasite Mencetak Sejarah di Oscar. Indopos.co.id – https://bit.ly/2OKxGSE

    Linda Hasibuan & Thea Fathanah Arar. 10 Febuari 2020. Boyong Semua Pemain & Kru, Parasite Akhirnya Dapet Oscar 2020. CNBC Indonesia – https://bit.ly/2tOX6ag

Sumber Gambar:

    Best Feature Film Oscars 01 – http://bit.ly/39vHLdS

    Best Feature Film Oscars 02 – http://bit.ly/2HfN3yf

    Best Feature Film Oscars 03 – http://bit.ly/39sOO7c

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *