Pahami Cara Cerdas Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Pahami Cara Cerdas Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

tribunwarta.com – Apakah Anda mau menyiapkan dana pendidikan anak? Bagaimana cara cerdas menyiapkan dana pendidikan anak?

Mari simak pembahasannya berikut ini yuk!

Rubrik Finansialku

Menyiapkan Dana Pendidikan

Setiap orang tua tentunya ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, apalagi untuk pendidikan. Tidak dapat dipungkiri, pendidikan anak memang penting.

Namun, tanpa disadari sebenarnya biaya pendidikan anak terus meningkat setiap tahunnya lho.

Bahkan dapat dikatakan biaya pendidikan mengalami peningkatan yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan biaya lainnya.

Biaya pendidikan akan mengalami inflasi setiap tahunnya. Kenaikan biaya pendidikan bahkan berkisar 10% per tahun.

[Baca Juga: 6 Kesalahan saat Merencanakan Dana Pendidikan Anak]

Tentunya Anda mau menyekolahkan anak Anda dari SD, SMP, SMA, bahkan hingga kuliah kan? Jika bisa anak disekolahkan setinggi-tingginya deh, iya tidak?

Total biaya pendidikan dari SD hingga kuliah bisa dikatakan cukup besar, apalagi biaya kuliah.

Contohnya saja jika biaya kuliah anak Anda dari masuk hingga lulus misalnya sekitar Rp120 juta, dengan peningkatan sebesar 10% per tahun, maka 10 tahun lagi biaya tersebut akan menjadi Rp311 jutaan. Wow, angka yang besar kan?

Ditambah lagi, di beberapa universitas di Indonesia ada yang menaikkan biaya sebesar 10% per tahun. Tidak terbayang betapa mahalnya biaya kuliah nanti.

Namun, sayangnya masyarakat Indonesia masih banyak yang tidak segera mempersiapkan dana pendidikan anak. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan pendidikan anak sedini mungkin dan segera mengambil tindakan.

Cara Cerdas Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Kali ini rubrik Finansialku akan membahas beberapa cara cerdas untuk menyiapkan dana pendidikan anak. Berikut 3 cara cerdas menyiapkan dana pendidikan anak.

#1 Membuat Rencana untuk Memenuhi Kebutuhan Dana Pendidikan Anak

Perencanaan untuk menyiapkan dana pendidikan anak sangatlah penting. Dengan adanya rencana, maka apa yang Anda lakukan dapat lebih terarah.

Namun, dalam membuat perencanaan dana pendidikan anak tentunya tidak bisa sembarangan.

Tentunya Anda harus memastikan bahwa perencanaan dana pendidikan anak Anda dibuat oleh orang yang ahli di bidangnya. Sehingga, perencanaan Anda dapat lebih tepat.

#2 Melakukan Investasi atau Mencari Strategi untuk Memenuhi Kebutuhan Dana Pendidikan Anak

Cara cerdas selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk menyiapkan dana pendidikan anak yaitu dengan melakukan investasi.

Investasi berfungsi sebagai kendaraan yang dapat membantu Anda untuk sampai pada tujuan keuangan Anda yaitu dana pendidikan anak.

Anda perlu melakukan investasi sesegera mungkin. Jangan menunda-nunda dalam berinvestasi. Mengapa demikian? Karena, dalam investasi waktu berperan sangat penting.

[Baca Juga: Yuk! Kenalan dengan Investasi]

Jika Anda memulai investasi sedini mungkin, maka dana yang Anda investasikan bisa lebih sedikit. Selain itu, investasi Anda juga dapat lebih mudah dikelola.

Sekarang ini sudah terdapat berbagai macam instrumen investasi yang dapat Anda pilih.

Ada investasi saham, reksa dana, emas, P2P (Peer to Peer) lending, obligasi, deposito, dan sebagainya. Anda dapat memilih instrumen investasi yang paling cocok dengan Anda.

Jadi, tunggu apalagi? Langsung aja mulai investasi dari sekarang yuk!

#3 Mencari Informasi Tentang Sekolah Anak

Anda perlu mulai mencari-cari informasi seputar sekolah yang akan Anda pilih untuk sang buah hati. Tentunya, memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak merupakan sebuah kebanggaan bagi setiap orang tua.

Jika, Anda mau menyekolahkan anak Anda di sekolah yang terbaik tentu saja memakan biaya yang cukup besar. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah menyiapkan dana pendidikan untuk anak Anda ya.

[Baca Juga: Produk Investasi Apa yang Cocok untuk Saya?]

Pilihan Instrumen Investasi untuk Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Dari berbagai instrumen investasi yang ada, rubrik Finansialku akan merangkum beberapa investasi yang cocok untuk menyiapkan dana pendidikan anak.

Berikut 4 pilihan instrumen investasi untuk menyiapkan dana pendidikan anak ala Finansialku.

#1 Asuransi Pendidikan

Sebenarnya, asuransi pendidikan bukan merupakan produk dari investasi.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, sekarang sudah terdapat banyak perusahaan asuransi jiwa yang menawarkan paket asuransi pendidikan dalam paket unit link.

Produk asuransi pendidikan disini berisi perlindungan terhadap orang tua dan investasi. Tentu saja, produk ini ada kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihannya adalah jika suatu saat terjadi sesuatu dengan orang tua (khususnya pemberi nafkah), maka pendidikan anak akan tetap terjamin.

Sedangkan, kekurangannya adalah pada hasil investasinya. Jika dibandingkan dengan produk investasi mungkin hasilnya tidak sebaik produk investasi yang lainnya.

Bagi Anda para orang tua yang ingin segera menyiapkan dana pendidikan anak, maka Anda bisa download secara gratis ebook dari Finansialku mengenai cara untuk menyekolahkan anak dari TK sampai sarjana.

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

#2 Tabungan Pendidikan

Tentunya Anda sudah tidak asing dengan produk yang satu ini kan? Tabungan pendidikan memang merupakan produk yang sering ditawarkan oleh Bank.

Seperti pada tabungan umumnya, tentunya hasilnya tidak setinggi produk-produk investasi.

Namun, terdapat beberapa keuntungan dari tabungan pendidikan lho. Yang pertama, bunga tabungan pendidikan lebih tinggi jika dibandingkan dengan bunga tabungan biasa.

Selain itu, beberapa produk tabungan pendidikan menawarkan asuransi bebas premi lho. Menarik kan?

[Baca Juga: Para Investor, Pahami Peluang Keuntungan dan Risiko Berinvestasi Reksa Dana]

#3 Reksa Dana

Reksa dana merupakan salah satu alternatif produk investasi untuk menyiapkan dana pendidikan anak. Terdapat beberapa jenis dari reksa dana.

Ada reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham.

Setiap jenis reksa dana memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing. Anda dapat memilih jenis reksa dana sesuai dengan kebutuhan Anda. Biasanya jenis reksa dana dipilih berdasarkan profil risiko serta jangka waktu investasi.

Oleh karena itu, Anda harus memahami dulu produk reksa dana Anda sebelum berinvestasi ya. Selamat mencoba!

#4 Logam Mulia atau Emas

Pilihan instrumen investasi lainnya adalah logam mulia atau emas. Pada zaman dahulu, ada orang yang mengatakan bahwa untuk dana pendidikan anak, kita harus menyiapkan 1 kg emas.

Pernyataan ini tidak sepenuhnya benar, karena kita tetap harus membandingkan kenaikan harga emas dan biaya pendidikan.

[Baca Juga: Risiko dari Investasi]

Orang Tua Berhasil Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Setelah memahami mengenai cara-cara menyiapkan dana pendidikan diatas, maka tentunya sekarang Anda bisa menyiapkan dana pendidikan anak Anda sebaik mungkin.

Selain itu juga terdapat pilihan instrumen investasi yang dapat Anda pilih untuk menyiapkan dana pendidikan anak. Pilihlah investasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jangan lupa untuk memulai investasi sejak dini ya! Jangan menunda-nunda lagi. Mulailah membuat perencanaan dan kemudian segera berinvestasi. Selamat mencoba dan tetap semangat!

Jadi, apakah Anda sudah siap menyiapkan dana pendidikan untuk anak Anda? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah tersedia.

Anda juga dapat membagikan artikel ini kepada rekan-rekan yang membutuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Sumber Gambar:

    Pendidikan 1 – https://goo.gl/M9KtGT

    Pendidikan 2 – https://goo.gl/hmbNYp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *