Pabrik Nikel Terbakar yang Tewaskan Seleb Tiktok Dulu Diresmikan Jokowi?

Pabrik Nikel Terbakar yang Tewaskan Seleb Tiktok Dulu Diresmikan Jokowi?

tribunwarta.com – Smelter milik PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Morowali Utara, Sulawesi Tengah (Sulteng) terbakar. Peristiwa ini menewaskan seleb Tiktok bernama Nirwana Selle. Ia meninggal dunia akibat terjebak kebakaran tersebut.

Dalam video yang beredar di media sosial, Nirwana sempat merekam video saat dirinya terjebak di dalam crane saat insiden kebakaran. Dalam potongan video lainnya, seorang pria histeris melihat crane terbakar dimana Nirwana Selle berada di dalamnya.

Berdasarkan catatan, pabrik ini ternyata diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Desember 2027 lalu. Hal ini juga tercantum pada laman Setkab.go.id.

Saat itu, Jokowi menyampaikan bahwa keberadaan smelter dengan kapasitas produksi 1,8 juta ton per tahun ini akan meningkatkan nilai tambah hingga 14 kali lipat dibandingkan bahan mentah nikel.

“Saya sangat menghargai, mengapresiasi pembangunan smelter oleh PT Gunbuster Nickel Industry. Ini akan memberikan nilai tambah yang tidak sedikit. Dari bijih nikel yang diolah menjadi feronikel ini nilai tambahnya meningkat 14 kali, dan jika dari bijih nikel diolah menjadi billet stainless steel akan meningkat nilainya 19 kali lipat,” ujarnya.

Peresmian itu juga dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Kemudian Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi, dan Direktur Utama PT GNI Wisma Bharuna.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, hari ini saya resmikan pabrik smelter PT Gunbuster Nickel Industry di Kabupaten Morowali Utara, Provinsi Sulawesi Tengah,” kata Jokowi dikutip dari laman Setkab.

Dikutip dari detiksulsel, Kapolres Morowali Utara AKBP Ade Nuramdani mengatakan bahwa Nirwana selain seleb tiktok juga merupakan karyawan PT GNI. “Betul (Nirwana korban meninggal) karyawan GNI,” ujanya.

Perusahaan pengolahan nikel ini sendiri merupakan milik pengusaha asal China, Tony Zhou Yuan. Dilansir dari laman resmi perusahaan, Rabu (28/12/2022) PT GNI merupakan perusahaan pengolahan bijih nikel yang beroperasi di Morowali Utara, Sulawesi Tengah (Sulteng). Perusahaan smelting ini berdiri sejak tahun 2019.

PT GNI menerapkan proses Rotary Kiln Electric Furnace (RKEF) teknologi dengan mengembangkan 25 jalur produksi. Perusahaan ini berlokasi di Bungintimbe Petasia, Morowali Utara, Sulawesi Tengah. Jam operasional perusahaan mulai pukul 10.00 Wita hingga 22.00 Wita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!