Otorita IKN Siap Beri Karpet Merah untuk Pelaku UMKM

Otorita IKN Siap Beri Karpet Merah untuk Pelaku UMKM

tribunwarta.com – JAKARTA, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN Mohammed Ali Berawi mengatakan, Otorita IKN siap memberikan karpet merah untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Ini untuk memberikan kesempatan UMKM mengembangkan usahanya dan mendapatkan pasar baru di ekosistem kota baru.

“Bagi saya penguatan ini akan diberikan dan saya berharap karpet merah UMKM akan kita siapkan,” kata dia, dikutip Kanal YouTube Kementerian Investasi/BKPM, Rabu (19/10/2022).

Dia menjelaskan, jumlah wirausaha Indonesia saat ini masih rendah dibanding negara lain. Wirausaha Indonesia hanya sekitar 3 persen dari total populasi. Padahal mereka yang berperan dalam menciptakan lapangan kerja, meningkatkan produktivitas dan pendapatan masyarakat.

Dibanding Malaysia dan Singapura, Indonesia masih kalah. Jumlah wirausaha di Malaysia sekitar 5 persen dari populasi, sedangkan Singapura mencapai 9 persen dari populasi.

“Karena itu, IKN akan mendukung sangat total, perkembangan penguatan UMKM di IKN,” ujarnya.

Dia menuturkan, IKN Nusantara akan dibangun sebgaia kota cerdas. Dengan begitu diharapkan para pelaku UMKM di IKN bisa memanfaatkan teknologi.

“Mereka akan naik kelas dengan pemanfaatan teknologi terkini dan teknologi digital, bagaimana menghasilkan produk yang mempunyai nilai tambah. Ini akan kita arahkan ke sana sehingga UMKM kita bisa meningkatan porsi ekspor,” tutur Ali.

Editor : Jujuk Ernawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!