OrderOnline.id sebut Volume Orderan Capai 1 Juta Tiap Bulan

Merdeka.com – Rovan Alfarry, CEO OrderOnline.id mengklaim jika platform bisnis onlinenya telah membantu lebih dari 19.000 UMKM di seluruh Indonesia. Tak tanggung-tanggung, perusahaannya ini memiliki akumulasi nilai transaksi pengguna (GTV) mencapai Rp 5,5T sejak 2021.

“Sementara, volume orderan di OrderOnline.id sudah mencapai lebih dari 1 juta setiap bulannya,” ungkap Rovan saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (25/8).

OrderOnline.id merupakan digital platform yang hadir sejak 2018 dikhususkan bagi pemilik bisnis untuk mengelola usahanya dengan baik. Konsep bisnis yang digelutinya ini adalah Software as a Service (SaaS).

Rovan menceritakan, pencapaian itu merupakan buah dari strateginya yang langsung masuk ke komunitas-komunitas UMKM. Seperti di Kuningan, Jawa Barat. Di sana, OrderOnline.id disebutnya sudah menjadi bagian dari UMKM di sana.

“Strategi kami langsung masuk ke komunitas melalui grup pada aplikasi perpesanan,” ujar dia.

Di samping strategi, ia pun mengatakan keunggulan dari bisnisnya ini ada pada empat fitur. Empat fitur itu yakni menampilkan produk dalam tampilan website dan landing page, formulir pemesanan yang sederhana, mengelola pesanan otomatis dalam satu dashboard, dan logistik dengan berbagai pilihan ekspedisi.

“Semua ini disediakan untuk menyederhanakan sistem operasional bisnis online agar semua kalangan bisa menggunakannya. Fitur-fitur yang kami munculkan ini 80 persen merupakan permintaan dari pengguna kami,” jelasnya.

Pernyataannya itu pun diamini oleh Rio Sempana. Pemilik bisnis Pemilik usaha Zhafira Store ini mengungkap bahwa ia sangat puas dengan fitur-fitur yang ada karena ringan bagi pemula.

“Selain itu, fitur COD-nya juga sangat baik. Berdasarkan pengalaman saya, tidak semua platform e-commerce membantu seller menyelesaikan COD dengan baik, ada saja barang yang diretur. Tapi di OrderOnline.id, 98 persen lebih minim retur,” kata Rio.

Di tahun ini, orderonline.id berencana menggenjot pertumbuhan pelanggan UMKM setiap bulannya mencapai 20 persen. Untuk bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada, OrderOnline.id menawarkan tiga paket berlangganan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan baik per bulan maupun per tahun, yaitu paket Personal seharga Rp149.000, paket Bussiness seharga Rp249.000, dan paket Enterprise seharga Rp499.000.

“Dengan cara berbayar ini, sama halnya menyeleksi UMKM yang benar-benar serius. Di sisi lain juga strategi kami agar mampu mendapatkan profit,” terang dia.

Perlu diketahui, sejak kehadirannya meramaikan pasar bisnis online, OrderOnline.id tak pernah menerima suntikan dana dari pihak manapun. Seluruh modal awal dilakukan secara mandiri.

“Tetapi untuk melangkah ke tahap selanjutnya, kami membuka peluang untuk mencari suntikan dana dari investor. Beberapa di antaranya, sudah ada yang berdiskusi dengan kami,” jelasnya.

Reporter: Dinda Khansa Berlian

[faz]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *