MIPA CARE: Sebagai Wadah Penyaluran Donasi Bagi Warga FMIPA UM

MIPA CARE: Sebagai Wadah Penyaluran Donasi Bagi Warga FMIPA UM

tribunwarta.com – Indonesia memiliki kondisi geografis dengan kerentanan tinggi terhadap bencana. Bahkan pada tahun 2022, sudah beberapa kali terjadi bencana di beberapa wilayah Indonesia. Mengingat banyaknya bencana alam yang terjadi di Indonesia, maka peran mahasiswa sebagai agent of change sangatlah diperlukan dalam mewujudkan nilai kepekaan sosial untuk membantu sesama. Oleh karena itu, MIPA CARE hadir demi mewujudkan nilai tersebut.
MIPA CARE merupakan program kegiatan dari Departemen Sosial Lingkungan Divisi Pengabdian Masyarakat, dibawah naungan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMFA) Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Malang (UM).

MIPA CARE dilaksanakan untuk memudahkan mahasiswa FMIPA UM dalam menyalurkan donasi kepada korban bencana alam, warga FMIPA UM yang terkena musibah, maupun kepada panti asuhan di Wilayah Malang. MIPA CARE mengangkat tema “Mengabdi dengan Keikhlasan, Bergerak dengan Kepedulian”, tema ini sesuai dengan tujuan dari MIPA CARE yaitu untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama melalui donasi.

MIPA CARE bekerjasama dengan ORMAWA FMIPA UM dalam menggalang donasi harian maupun donasi bencana alam. Hasil dari penggalangan donasi tersebut disalurkan kepada korban bencana gempa bumi di Mamuju lewat ACT (Aksi Cepat Tanggap) Malang pada tanggal 25 Juni 2022 dengan total donasi sebanyak Rp945.000,00 lalu korban bencana banjir Malang Selatan lewat BKR (Badan Badan Koordinasi Relawan) UM pada tanggal 29 Oktober 2022 dengan total donasi sebanyak Rp1.000.000,00 dan Panti Asuhan Yasibu pada tanggal 19 November 2022 dengan total donasi sebanyak Rp1.308.000,00 dan buku bacaan.

Penyaluran donasi ke Panti Asuhan tidak hanya dilaksanakan dengan sekedar serah terima saja, tetapi juga berkolaborasi dengan Program Kegiatan RUNIFA BEMFA MIPA UM. Kegiatan penyaluran donasi ini dihadiri oleh 37 pengurus BEMFA MIPA UM 2022 dan peserta magang Training Organization. Sebelum serah terima donasi, dilaksanakan istighotsah dan do’a bersama terlebih dahulu demi kemajuan BEMFA MIPA UM beserta seluruh pengurusnya. Setelah itu dilanjutkan dengan serah terima donasi yang diwakili oleh Gubernur Mahasiswa FMIPA UM. Kemudian dilaksanakan agenda ramah tamah yang berisi acara makan bersama dan bercengkrama bersama anak-anak Panti Asuhan Yasibu.

Beribu terima kasih dihaturkan kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan MIPA CARE, tak disangka MIPA CARE mendapatkan respon positif dari berbagai pihak. Fanny Anggita selalu peserta yang terlibat dalam salah satu kegiatan sosial MIPA CARE berkomentar. “MIPA CARE ini merupakan program kegiatan yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa FMIPA UM karena dapat meningkatkan dan menampung jiwa sosial mahasiswanya FMIPA UM, kegiatan ini sebaiknya diadakan kembali dengan konsepan yang yang lebih menarik dan waktu yang lebih lama pastinya,” ungkapnya. Dari komentar Fanny Anggita juga beberapa komentar peserta lain, diharapkan kegiatan ini dapat terus berlanjut agar membawa keberkahan dan kemanfaatan bagi kita bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *