Minim Sentimen, Simak Proyeksi IHSG Awal Pekan Ini

Minim Sentimen, Simak Proyeksi IHSG Awal Pekan Ini

tribunwarta.com – Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG ) ditutup di level 7.019,64 pada Jumat (2/12/2022) pekan lalu. Dengan posisi tersebut, indeks acuan Bursa Efek Indonesia (BEI) ini pada pekan lalu melemah 0,48 persen dibanding pekan sebelumnya.

Adapun mengawali pekan ini, IHSG diproyeksi bergerak mendatar atau sideways. CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan, pada perdagangan Senin (5/12/2022) hari ini, minim sentimen yang akan mewarnai pergerakan IHSG.

“Perkembangan pergerakan IHSG hingga saat ini masih terlihat belum beranjak dari rentang konsolidasi wajar,” ujar dia, dalam risetnya, Minggu (4/12/2022).

Lebih lanjut Ia bilang, sebenarnya minat investor asing masih cukup tinggi terhadap pasar modal Indonesia. Ini tercermin dari masuknya aliran modal asing melalui instrumen pasar modal sebesar Rp 880 miliar pada pekan lalu berdasarkan data Bank Indonesia (BI).

“Namun masih minimnya sentimen yang dapat mendorong kenaikan IHSG cenderung membuat IHSG bergerak sideways,” katanya.

Ia memproyeksi, pada hari ini IHSG bergerak pada rentang 6.836-7.123. Menurutnya, saham yang menarik untuk diperhatikan hari ini ialah, BMRI, SMGR, BBNI, TLKM, GGRM, AKRA, dan CTRA.

Sementara itu, Praktisi pasar modal sekaligus Founder WH-Project William Hartanto bilang, pada hari ini IHSG berpeluang bangkit atau rebound. Proyeksi ini disampaikan dengan melihat teknikal indeks bursa saham nasional.

“IHSG yang walaupun sempat menurun di bawah 7.000, telah kembali di atas 7.000 dengan membentuk pola doji. Pola ini menjadi pola yang bagus jika muncul di saat tren sedang menurun, karena mengindikasikan adanya potensi untuk rebound,” tuturnya.

Namun, Ia menambah, jika rebound IHSG ini masih di area support 6.977 – 7.124, maka belum bisa mengambil kesimpulan bahwa pasar akan berbalik menguat. Sebab, IHSG sebenarnya hanya kembali ke area sideways.

“Potensi menguat pun terbatas, ada kemungkinan IHSG (jika benar rebound) hanya akan mendekati 7.070, setelah itu melemah kembali,” ujarnya.

William memproyeksi, IHSG bergerak pada rentang 6.926-7.124 pada hari ini. Adapun saham piliha William ialah, HEAL, AKRA, PGAS, ADRO, dan GGRM.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!