Milenial Gaji UMR Beli Properti? Bisa, Gini Lho Caranya!

Milenial Gaji UMR Beli Properti? Bisa, Gini Lho Caranya!

tribunwarta.com – Mitosnya, mustahil jika generasi milenial gaji UMR bisa beli properti. Apa betul begitu?

Sebagai salah satu kaum milenial, saya jadi penasaran nih! Finansialku tentunya mengajak Anda untuk menyimak ulasannya berikut ini.

Rubrik Finansialku

Curhat Seorang Milenial: Adik Kelas Saya

Belum lama ini saya bertemu dengan adik kelas semasa kuliah, kami pun bercerita tentang keadaan sekarang ini. Dia banyak bercerita soal pekerjaannya dan keluh kesahnya dalam menjalani pekerjaan tersebut.

Sebut saja teman saya ini si A. A bilang, pekerjaannya cukup menyenangkan, namun sayangnya gajinya hanya sebatas Upah Minimum Regional (UMR) saja. Sekadar info, kami berdua tinggal di Bandung, jadi UMR nya cukup kecil jika dibandingkan dengan Jakarta dan sekitarnya, seperti Karawang dan Bekasi.

Bandung sendiri memang sudah mulai berkembang, terutama di sektor industrinya. Bandung memiliki setidaknya 7 sentra Industri yang menghasilkan produk-produk seperti textile, kaos, jeans, sepatu, dan syal.

Selain itu, Bandung juga memiliki sentra industri tahu kuning khas Bandung yang memiliki pasar tinggi.

Tetapi di samping berbagai industri yang menjadi mata pencaharian di Bandung, bagaimanakah kondisi Upah Minimum Regional (UMR) di Kota Bandung?

[Baca Juga: Hindari 5 Kesalahan dari Kaum Milenial dalam Cara Mengatur Keuangan]

Melansir dari Gajiumr.com, UMR Kota Bandung per tahun 2019 adalah sebesar Rp3.339.580,61.

Bayangkan, A hanya mendapat sekitar 3,4 juta setiap bulannya untuk bertahan hidup di Bandung. Dia pun bilang masih bersyukur memiliki pekerjaan tersebut di tengah sulitnya mencari pekerjaan dewasa ini.

Menurut A, nilai tersebut sebenarnya cukup untuk bertahan hidup. Tapi, satu hal yang menurutnya akan sulit adalah untuk memiliki hunian atau membeli properti.

Sebagai sesama kaum milenial, tentu saya juga merasakan salah satu ketakutan terbesar dalam hidup tersebut. Memiliki hunian.

Betul sekali, sering kali terpikir bahwa mustahil memiliki rumah atau hunian dengan gaji UMR ini. Belum lagi harus memenuhi biaya hidup dan mengumpulkan modal nikah atau biaya pendidikan anak. Harus bagaimana?

Melansir dari riset yang dilakukan oleh BBC Indonesia, maka via Instagram, lebih dari seribu follower menjawab ingin membeli rumah sendiri, namun mahalnya uang muka, besarnya cicilan, durasi cicilan dan jauhnya perumahan yang terjangkau dari tempat kerja menjadi alasan yang paling banyak disebutkan oleh para pembaca BBC sebagai alasan kenapa mereka tak kunjung membeli rumah.

Lantas bagaimana solusinya? Untungnya A menceritakan bahwa dirinya sudah beberapa bulan mencari tahu soal cara beli properti bagi milenial. Seperti apa sharing dari A ini?

Finansialku sudah merangkumnya sebagai berikut:

Cara Milenial Gaji UMR Beli Properti

Nah, setelah mengobrol lama dengan A, akhirnya saya mengambil kesimpulan bahwa tidaklah mustahil bagi kita generasi milenial (terutama yang memiliki gaji UMR) untuk memiliki hunian atau beli properti.

Berdasarkan informasi dari A, dewasa ini kaum milenial mulai disorot oleh industri jasa keuangan, termasuk perbankan.

Mereka menilai bahwa kaum milenial sering dianggap sebagai sandwich generation, yakni generasi yang terhimpit atas bahwa (anggapan bahwa mereka harus menghidupi orang tuanya serta keturunannya kelak).

Menanggapi isu tersebut, industri jasa keuangan menilai bahwa potensi kaum milenial akan kebutuhan produk perbankannya cukup tinggi. Terutama di bidang properti, yang memang sudah sangat sulit dimiliki jika tanpa bantuan perbankan seperti produk KPR.

[Baca Juga: Strategi Single parent Mengatur Keuangan Keluarga: Harta Gono Gini dan/atau Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa]

Oleh karena itulah muncul produk KPR untuk milenial yang disebutkan menyasar kebutuhan dan karakter generasi milenial yang mengharapkan hunian (baik dalam bentuk rumah maupun apartemen) dengan cara yang mudah dan terjangkau.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa produk KPR ini digodok untuk bisa menyerupai skema KPR untuk ASN dan TNI/Polri. Basuki menilai hal ini akan dapat menggenjot industri properti untuk milenial.

“Iya saya kira kan nanti ada skema ASN dan TNI/Polri, nanti (program KPR milenial) kita masukin di situ. Nanti tunggu Menteri Keuangan dan OJK merumuskan itu.”

Bagai rezeki nomplok, usul dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono tentunya disambut baik oleh perbankan baik milik pemerintah dan swasta.

Dewasa ini sudah ada banyak bank dan lembaga keuangan yang menyediakan produk KPR khusus milenial dengan gaji UMR seperti A yang ingin beli properti demi masa depan cerah.

Beberapa bank dan lembaga keuangan yang menyediakan produk KPR bagi milenial adalah sebagai berikut:

#1 PT Bank Tabungan Negara Tbk

Baru-baru ini, PT Bank Tabungan Negara Tbk atau biasa disebut BTN meluncurkan produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) terbarunya yang bertajuk KPR Gaeesss.

Mendengar namanya Anda tentu sudah bisa menebak bahwa KPR yang satu ini menarget generasi milenial sebagai calon nasabahnya.

Produk ini dirilis pada Oktober 2018, dengan penawaran yang disesuaikan dengan kebutuhan generasi milenial, antara lain sebagai berikut:

    Uang muka yang lebih terjangkau.

    Biaya provisi lebih rendah.

    Kemudahan dalam pengajuannya.

    Pilihan tenor lebih panjang hingga 30 tahun.

[Baca Juga: Nyaris Terlambat, Seorang Karyawan Baru Menyiapkan Dana Pensiun di Usia 40 an. Jangan Khawatir Ini Strategi yang Dapat Anda Lakukan!]

Direktur Konsumer BTN, Budi Satria menjelaskan bahwa konsumen pun tidak perlu mengendapkan dananya di rekening dalam KPR ini. Bunganya pun ditetapkan sebagai fixed rate 8,25% dalam 2 tahun.

Beliau pun menuturkan mengenai kebebasan domisili demi memfasilitasi kebutuhan generasi milenial.

“KPR untuk milenial atau yang kita branding dengan istilah KPR Gaeesss tidak dibatasi untuk kawasan tertentu saja, milenial bisa mengambil KPR atau KPA di daerah mana saja mereka berdomisili.”

Hingga pertengahan Oktober 2018 kemarin, KPR Gaeesss mengungkapkan perkembangan positifnya. Disebutkan bahwa total permintaannya sudah mencapai Rp25 miliar.

#2 PT Bank Mandiri Tbk

Melihat perkembangan luar biasa ini, tentunya perbankan lainnya juga tergoda untuk mulai mempertimbangkan generasi milenial sebagai pasar potensialnya.

Hal ini terbukti dimana PT Bank Mandiri Tbk juga akhrinya merilis produk serupa, yakni KPR khusus generasi milenial. Namun ada sedikit perbedaan yang diungkapkan Bank Mandiri, dimana KPR Milenial Mandiri menawarkan beberapa fasilitas sebagai berikut:

    Limit kredit mulai dari Rp200 juta rupiah hingga Rp5 miliar.

    Suku bunga fixed rate sebesar 6,5% untuk 5 tahun pertama; dilanjutkan dengan suku bunga floating rate sebesar 12,5%.

    Tenor pinjaman panjang hingga 30 tahun.

Direktur Ritel Bank Mandiri, Donsuwan Simatupang menjelaskan bahwa fokus dari KPR Milenial Mandiri ini adalah pada rumah dengan kisaran harga antara Rp400 juta hingga Rp500 juta.

#3 PT Bank Central Asia Tbk

Pesaing lainnya yang muncul adalah PT Bank Central Asia Tbk atau BCA yang turut menggarap pasar milenial ini.

Bank swasta terbesar ini menyediakan KPR khusus milenial dengan beberapa fasilitas suku bunga pada 2 tahun pertama berupa fixed rate 4,24%; dilanjutkan dengan fixed rate 6,25% di tahun ketiga.

EVP of consumer Credit Business, Felicia M. Simon menjelaskan bahwa mereka menyasar kaum milenial yang merupakan para fresh graduate yang baru saja bekerja.

“Tren suku bunga akan naik ke depan. Karena itu, kami menarik segmen milenial dengan suku bunga fix yang khusus. Ini cocok untuk para milenial dengan gaji yang tetap.”

Felicia menambahkan bahwa strategi meningkatkan minat KPR di masyarakat dengan mengombinasikan harga rumah yang terjangkau, biaya down payment lebih rendah karena kebijakan LTV, dan juga bunga KPR spesial diyakini akan meningkatkan minat masyarakat khususnya segmen milenial yang cenderung apatis membeli rumah.

[Baca Juga: Para Milenial, Jangan Sampai Anda Merusak Dana Pensiun Orangtua]

#4 PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

BNI Griya Gue, begitulah tajuk KPR yang belum lama ini diluncurkan BNI untuk kaum milenial. Produk ini disebut-sebut bisa mengatasi gaya hidup kaum milenial dengan lebih mengerti gaya hidup, kebutuhan, dan kemampuan bayar kaum milenial.

Direktur Bisnis Ritel BNI, Tambok P. Setiawati mengatakan BNI hadir menginspirasi generasi milenial untuk mulai berinvestasi akan masa depannya. Salah satunya dengan cara memulai KPR bagi hunian masa depan.

BNI Griya Gue pun menawarkan keunggulannya sendiri dibandingkan bank-bank lainnya, antara lain adalah sebagai berikut:

    Jangka waktu kredit hingga 25 tahun.

    Kemudahan DP mulai dari 0%.

    Suku bunga ringan dan tetap mulai 6,25% per tahun efektif fixed 2 tahun pertama dan 7,25% per tahun efektif fixed 1 tahun berikutnya.

    Fleksibilitas fitur angsuran suka-suka dimana cicilan akan menjadi lebih ringan di awal kredit, disesuaikan dengan penghasilan.

[Baca Juga: Cara Instan Menghitung Keuntungan Deposito Pakai Aplikasi Finansialku]

Bagaimana menurut Anda mengenai industri jasa keuangan yang mulai mengalihkan perhatiannya pada kaum milenial ini? Berikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ya!

Milenial Gaji UMR bisa Beli Properti dengan Aplikasi Finansialku

Menilai pembahasan di atas, maka saya bisa menyimpulkan bahwa kini generasi milenial dengan gaji UMR juga bisa beli properti. Tapi, satu hal yang tidak boleh dilupakan saat mengambil KPR adalah pengelolaan keuangan agar tidak pernah gagal bayar.

Nah, bagaimana cara mengelola keuangan bagi milenial? Kabar baiknya, Anda bisa melakukannya dengan mudah via aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku merupakan sebuah aplikasi yang akan membantu memberikan gambaran lengkap kondisi keuangan Anda. Anda dapat mengelola keuangan dan merencanakan keuangan dengan cara yang mudah.

Aplikasi Finansialku dapat membantu Anda dalam beberapa hal, salah satunya dalam merencanakan keuangan membeli properti, dengan fitur Perencanaan Dana Membeli Rumah.

Jadi tunggu apa lagi? Langsung download aplikasi Finansialku sekarang juga!

Takut mahal? Tenang, Anda bisa menggunakan kode voucher POTONG50RIBU untuk mendapatkan potongan harga Rp50.000 jika Anda langsung berlangganan 1 tahun.

Apa Anda memiliki pertanyaan mengenai milenial gaji UMR bisa beli properti lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Sumber Referensi:

    Marshall Sautian. Ceruk Pasar Besar, Bank Menggarap KPR untuk Milenial. Kontan

    Herdi Alif Al Hikam. 10 Des 2018. Pemerintah Siapkan Program KPR Milenial, Bunga Kurang dari 5%. Detik.com – https://bit.ly/2JRXb3i

    Admin. 15 Desember 2018. KPR Milenial: Menabung Bertahun-tahun Demi Rumah. Bbc.com – https://bbc.in/2Xs3qxS

    Admin. 12 Oktober 2018. Strategi BCA Genjot Penyaluran KPR untuk Milenial. Okezone.com – https://bit.ly/2HO77c8

    Admin. Gaji UMR Kota Bandung Tahun 2019, 2018 sampai 2002. Gajiumr.com – https://bit.ly/2Z3C41H

Sumber Gambar:

    Milenial Gaji UMR Beli Properti – https://bit.ly/2Xje22j

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!