Menteri PUPR Bertemu 12 Delegasi Investor Jepang yang Berminat Investasi di IKN Nusantara

Menteri PUPR Bertemu 12 Delegasi Investor Jepang yang Berminat Investasi di IKN Nusantara

tribunwarta.com – JAKARTA, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, bertemu dengan 12 delegasi investor Jepang yang berminat investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Basuki menjelaskan, pertemuan itu merupakan tindak lanjut dari pernyataan minat investasi di IKN Nusantara yang disampaikan Pemerintah Jepang melalui Japan Bank for International Cooperation (JBIC).

Dalam pertemuan itu, Menteri PUPR menyampaikan pemerintah Indonesia saat ini telah melakukan pembangunan infrastruktur dasar di IKN dasar seperti akses jalan, penyediaan air baku melalui pembangunan bendungan sepaku, penyiapan lahan siap bangun (land development) dan lainnya.

Dia memaparkan, pembangunan IKN tidak hanya sekedar memindahkan kantor-kantor pemerintah, tetapi juga untuk merubah cara kerja dalam mempermudah kegiatan.

“Para investor tidak perlu ragu dalam memperoleh izin untuk pembangunan di IKN. Saya lihat perwakilan perusahaan yang hadir pada siang ini sudah sangat relevan dengan pembangunan IKN,” ujar Basuki dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (30/11/2022).

Terkait dengan partisipasi investor, lanjutnya, Pemerintah Indonesia mengharapkan investor asing dapat terlibat misalnya untuk membangun rumah sakit, sekolah, pasar, dan infrastruktur lainnya.

“Direncanakan pada kuartal ke 3 tahun 2023 Presiden akan bertemu dengan para investor IKN yang berminat dan menentukan ikut pembangunan pada bagian apa di IKN secara detail,” kata Menteri PUPR.

Penasehat Utama Japan Bank for International Cooperation (JBIC) Hiroto Izumi mengatakan, 12 perusahaan besar yang bertemu adalah mereka yang bergerak dalam pembangunan infrastruktur dengan spesialisasinya masing-masing.

“Pemindahan IKN di Indonesia merupakan topik yang hangat bagi kami di Jepang, kami menantikan tindak lanjut dari pertemuan hari ini,” tutur Hiroto Izumi.

Editor : Jeanny Aipassa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *