Mentan: Rakyat Kita Bisa Tanam, Kok Impor? Gila!

Mentan: Rakyat Kita Bisa Tanam, Kok Impor? Gila!

tribunwarta.com – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyentil banyaknya buah dan sayur yang impor. Menurutnya kualitas sayur dan buah di Indonesia lebih bagus dibandingkan dari negara lain.

Hal itu disampaikan saat mengimbau jajarannya untuk membuat kebijakan dalam mengatur kebutuhan dalam negeri hingga pengadaan yang diekspor.

“Lawan, lawan yang mapan itu, orang-orang yang mapan itu kenapa emang yang tahu-tahu impor itu, lawan sedikit kenapa sih?. Tidak berarti, tidak memperbolehkan impor, bukan haram,” kata Syahrul dalam Pembukaan Jambore Hortikultura, Kamis (2/12/2022).

“Kau gila aja mau impor. Kau gila itu,” lanjutnya.

Syahrul menegaskan petani di Indonesia masih bisa menanam sayur dan buah dengan kualitas yang bagus. Makanya, menurutnya untuk apa banyak impor dua komoditas tersebut.

“Orang rakyat kita bisa tanam kok Impor? Gila! Bukan berarti impor haram,” lanjutnya.

“Kurang apa sih manggis kita? Kurang apa sih durian kita? Bagus banget . Pak Dirjen ada tugas terobos itu,” tegasnya.

Ia menyayangkan banyak buah yang diimpor dengan alasan buah dan lebih manis. Menurutnya buah di Indonesia diakui memang terkadang lebih asam, tetapi dia yakin vitaminnya lebih banyak.

“Buah kita tidak terima, aduh. Gimana bangsa Indonesia? Gimana buah luar kau terima. Buah kita kecut, kecutnya kecut manis. Buah Indonesia manis manis kecut, kecut lebih banyak vitaminya, kurus kurus lebih,” tutupnya.

Lihat juga video ‘Zulhas Sambangi Kantor Mentan: Jangan Sampai Petani Mati karena Impor’:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *