Menhub Ungkap Permintaan Slot Penerbangan Melonjak 84 Persen

Menhub Ungkap Permintaan Slot Penerbangan Melonjak 84 Persen

tribunwarta.com – JAKARTA, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, sejumlah maskapai penerbangan domestik maupun asing mengajukan permintaan penambahan slot penerbangan. Ada permintaan sebanyak 166 slot penerbangan atau melonjak 84 persen.

“Slot asing ini memang dilema, kalau kita mengikuti by loan itu mestinya asing (maskapai) enggak boleh nambah karena kita enggak cukup keluar. Tapi satu realitas bahwa penerbangan dari asing ini sangat produktif memberikan baik layanan bagi warga negara Indonesia dan turis yang datang ke Indonesia,” kata dia dalam Jumpa Pers Akhir Tahun Kemenhub, Capaian Kinerja 2022 dan Rencana Kerja Kemenhub 2023, Selasa (27/12/2022).

Kendati demikian, dia menuturkan, Kemenhub akan melakukan pembatasan terhadap slot penerbangan bagi maskapai dalam dan luar negeri.

“Kita melakukan balancing berapa satu penerbangan itu maksimal harus dilakukan, sehingga tidak ada penerbangan asing yang terlalu dominan pada kegiatan-kegiatan itu,” ujarnya.

Menbub menjelaskan, bagi aliansi penerbangan yang tidak masuk slot pengaturan penerbangan ke Indonesia diwajibkan untuk melakukan cost share dengan penerbangan dalam negeri.

“Cost share, itu artinya penerbangan-penerbangan dalam negeri juga bisa menjualkan tiket-tiket penerbangan asing dan itu disetujui meskipun ada satu aliansi yang tidak menyetuji,” ucap Menhub.

Adapun Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya telah menugaskan Menhub melakukan pemetaan berkaitan dengan slot time penerbangan. Menurut Menhub, pemetaan yang berkaitan dengan slot time penerbangan, baik dalam maupun luar negeriu karena sepanjang tahun ini penerbangan dalam negeri sudah mencapai 71 persen dibanding sebelum pandemi.

“Terkait hal itu Bapak Presiden memberi arahan agar kebijakan penambahan slot penerbangan dilakukan dengan hati-hati agar tetap produktif dan efisien. Bahwa sekali pun permintaan itu banyak, lakukan dengan hati-hati karena satu sisi harus dilihat produktivitas dari pada konektivitas itu efisien atau tidak,” tutur dia.

Budi menjelaskan, Kemenhub tetap dengan arahan Presiden Jokowi akan terus meningkatkan kemampuan dari bandara yang agar dapat melayani dengan baik.

“Tidak ada excess-excess yang terjadi karena keterlambatan, keterlambatan barang atau kepenuhan, dan sebagainya,” katanya.

Mengingat permintaan slot di bandara internasional pada summer dan winter season 2023, maka Kemenhub akan menertibkan dan menyeleksi mana penerbangan-penerbangan yang produktif dan tidak.

Editor : Jujuk Ernawati

Follow Berita iNews di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!