Mengobral Duta – Medcom.id

Mengobral Duta – Medcom.id

Jakarta: Pada 2016, Zaskia Gotik tersandung perkara penghinaan lambang negara. Dalam sebuah acara televisi, empunya nama asli Surkianih itu menyebut tanggal proklamasi 32 Agustus dan lambang sila ke lima Pancasila ‘bebek nungging’.
 
Kita tahu, proklamasi kita ialah 17 Agustus 1945. Bukan 32 Agustus. Lagian tidak ada di almanak tanggal 32. Zaskia jelas membanyol, tetapi banyolannya jauh dari lucu. Banyolannya lebih dekat pada pelecehan.
 
Pun ketika Zaskia mengatakan lambang sila ke lima Pancasila ‘bebek nungging’. Kita tahu, sila ke lima dilambangkan padi dan kapas. Lambang yang merepresentasikan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Akibat banyolan konyolnya, Zaskia hampir jadi pesakitan. Dia dilaporkan beberapa pihak atas dugaan pelecehan lambang negara. Untungnya, si Neng tak sampai dipenjara. Dia meminta maaf dan dimaafkan. Alih-alih dipidana, pemilik ‘goyang itik’ itu kemudian malah diangkat menjadi duta Pancasila. Yang memilih Fraksi PKB.


Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Pada 2017, sejumlah remaja memetik bunga edelweis atau Anaphalis javanica di Taman Nasional Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat. Tindakan itu merupakan pelanggaran hukum. Mereka bisa terancam pidana paling lama 5 tahun dan denda maksimal Rp100 juta. Namun, alih-alih memberikan sanksi, pihak Taman Nasional Gunung Rinjani memaafkan dan malah menjadikan mereka sebagai duta pelestari edelweis.
Tahun lalu, seorang pengendara sepeda motor di Bintaro, Tangerang Selatan, menyita perhatian. Marwan, itu lah namanya. Dia unjuk gigi dengan berkendara free style, tanpa helm pula. Aksinya jelas merupakan pelanggaran. Terlebih, STNK motor sudah mati dan BPKB hilang. Motor bodong itu merupakan kendaraan pengangkut rumput.
 
Alih-alih menilang, polisi justru menjadikan Marwan duta keselamatan lalu lintas. Satu sepeda motor diberikan. Marwan dibina agar hobi menggeber motor dengan gaya bebas kegemarannya tersalurkan.
 
Lucunya negeri ini. Yang salah bukannya mendapatkan sanksi, tetapi justru dielukan tinggi-tinggi. Duta Pancasila, duta pelestari edelweis, dan duta free style, hanyalah sedikit contoh dari duta-duta aneh yang lain. Masih ada duta protokol kesehatan untuk seseorang yang mengejek pengunjung mal di Surabaya yang memakai masker.
 
Ada pula duta atau ikon kampanye antinarkoba. Sebut saja artis senior Roy Marten. Bahkan, celaka mencit, Roy kembali ditangkap menggunakan narkoba ketika menyandang status terhormat itu.
 
Paradoksal, sungguh paradoksal. Para pelanggar justru dijadikan duta dari kesalahan yang dibuat. Mereka diminta berkampanye berkebalikan dari kesalahan yang dilakukan.
 
Gelar duta yang sesungguhnya sakral kerap diobral. Ia tak lagi pilih-pilih, tak perlu didasarkan prestasi, tak harus punya kelebihan, dan tak mesti unjuk kebolehan untuk mendapatkannya. Godaan untuk memberikannya bahkan sudah cukup tatkala seseorang melakukan sesuatu yang viral, yang booming di media sosial.

 

Halaman Selanjutnya

Godaan itu pula yang mengusik…


Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *