Mengenal Apa itu CEO, Tugas, Gaji dan Perbedaannya dengan Direktur

Mengenal Apa itu CEO, Tugas, Gaji dan Perbedaannya dengan Direktur

tribunwarta.com – JAKARTA – Istilah CEO biasanya digunakan dalam perusahaan rintisan atau start-up. Dalam struktur organisasi perusahaan, CEO memegang peran penting dalam kemajuan perusahaan. Mari lebih mengenal, tugas, gaji, hingga cara menjadi CEO.

Apa Itu CEO?

CEO adalah kepanjangan dari Chief Executive Officer yang menjadi posisi tertinggi di perusahaan. Orang yang menjabat sebagai CEO dipilih oleh pemegang saham terbesar atau pemilik perusahaan. Istilah CEO bisa disamakan dengan direktur utama atau presiden direktur.

Kata direktur adalah jamak dari direksi. Menurut UU Nomor 40 tahun 2007 yang mengatur tentang perusahaan, direktur utama dikenal juga dengan istilah direksi atau dewan direksi. CEO kerap disamakan dengan direktur, padahal keduanya berbeda.

Perbedaan CEO dan Direktur

Ada perusahaan yang membedakan antara posisi CEO dengan presiden direktur. Dimana CEO menempati posisi tertinggi dengan presiden direktur menjadi yang kedua tertinggi dengan peran yang berbeda. Biasanya posisi CEO di perusahaan hanya bisa dijabat oleh satu orang saja.

Sedangkan, posisi direktur bisa dijabat oleh beberapa direktur dengan berbagai peran yang berbeda-beda. Ada direktur yang bertugas dalam bidang pemasaran, keuangan, dan lain sebagainya.

Apa Saja Tugas CEO di Perusahaan?

Tugas CEO di berbagai perusahaan bisa berbeda-beda. Di perusahaan besar, CEO bertugas membuat keputusan untuk perkembangan perusahaan. Di perusahaan kecil, CEO lebih sering terlibat dengan fungsi sehari-hari. Berikut ini beberapa tugas CEO secara umum.

1. Memutuskan dan menjalankan strategi organisasi

CEO akan berpegang pada data dan masukan dari para jajaran direksi. Namun, CEO bertugas dalam mengendalikan operasional atas strategis dan eksekusinya.

2. Membangun tim kepemimpinan senior

CEO bertugas membangun dan mengawasi kepemimpinan dan manajemen dari tim CO, CFO, dan lain-lain.

3. Menetapkan dan mengelola anggaran

Anggaran dialokasikan dan dikelola oleh CEO. Seorang CEO akan mengelola waktu dan cara untuk menggunakan dan mengumpulkan anggaran.

4. Menetapkan visi, nilai, dan budaya perusahaan

Visi, misi, dan budaya perusahaan ditetapkan oleh CEO.

5. Berkomunikasi dengan efektif kepada semua pemangku kepentingan

CEO diibaratkan sebagai wajah perusahaan. CEO harus dapat berkomunikasi efektif kepada pihak dalam dan luar perusahaan.

Berapa Gaji CEO di Perusahaan?

Dengan tugas yang diembannya, CEO bisa mendapat gaji puluhan hingga ratusan juta rupiah. Di perusahaan kecil, gaji CEO mungkin bisa mencapai dua digit. Sementara itu, gaji CEO di perusahaan besar bisa mencapai ratusan juta rupiah setiap bulannya.

Cara Menjadi CEO

1. Punya latar belakang yang sesuai

Kalau ingin menjadi CEO di perusahaan yang dibangun sendiri, seseorang tidak harus menempuh pendidikan formal yang sesuai. Tetapi, jika ingin menjadi CEO di suatu perusahaan, maka seseorang harus menempuh pendidikan formal dan meniti karir hingga mencapai posisi CEO.

Beberapa jurusan yang berkaitan dengan bisnis yaitu administrasi bisnis, ilmu ekonomi, teknologi informasi, akuntansi, dan sebagainya.

2. Pandai komunikasi

Kemampuan komunikasi sangat penting dimiliki oleh CEO. Sebagai pemimpin tertinggi di perusahaan, maka CEO harus mampu berkomunikasi dengan baik agar bisa memberikan motivasi dan menghindari miskonsepsi antara CEO dengan para karyawan.

3. Kreatif dan inovasi

CEO yang kreatif dan pandai berinovasi akan membawa perusahaan berkembang dalam jangka panjang.

4. Berani

CEO harus memiliki keberanian dalam menghadapi berbagai tantangan. Tantangan bukanlah sesuatu yang perlu ditakuti, melainkan harus dihadapi agar memperoleh solusi yang dapat menguntungkan perusahaan.

5. Pola pikir yang terbuka

Kemampuan ini perlu dimiliki oleh seorang CEO agar dapat membantu karyawan untuk memiliki pemikiran baru dan positif terhadap perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *