Menangkan Proyek Raksasa Senilai Rp9,6 T, Orang Terkaya Asia Bakal Revitalisasi Daerah Kumuh Terbesar di India!

Menangkan Proyek Raksasa Senilai Rp9,6 T, Orang Terkaya Asia Bakal Revitalisasi Daerah Kumuh Terbesar di India!

tribunwarta.com – Daerah kumuh terbesar di India, bahkan Asia akan segera di revitalisasi oleh unit real estate Adani Enterprises milik miliarder India Gautam Adani. Daerah bernama Dharavi di Mumbai ini akan direvitalisasi dengan anggaran 50 miliar rupee (Rp9,6 triliun), kata seorang pejabat negara.

Dharavi adalah daerah padat yang menampung ribuan keluarga miskin di tempat sempit di pusat ibu kota keuangan India. Banyak warga tidak memiliki akses ke air mengalir atau toilet bersih.

Pembangunan kembali pertama kali diperdebatkan pada 1980-an sebagai cara untuk mengembangkan tanah yang berharga sekaligus menyediakan perumahan yang layak bagi mereka yang tinggal di sana.

Melansir Reuters di Jakarta, Rabu (30/11/22) tawaran yang dimenangkan Adani sebesar 50 miliar rupee ini lebih dari dua kali lipat tawaran grup real estat DLF, yang menawar 20 miliar rupee, kata CEO Proyek Pembangunan Kembali Dharavi, SVR Srinivas, sebuah perusahaan pemerintah di negara bagian barat Maharashtra.

“Ini akan menjadi kota mandiri atau kota di dalam kota, dengan penggunaan lahan campuran, baik komersial maupun perumahan,” kata Srinivas kepada Reuters.

Ia menggambarkan pembangunan kembali yang akan mencakup 625 acre (253 hektar) sebagai skema pembaruan perkotaan terbesar di dunia. Ini adalah proyek besar terbaru yang diambil oleh konglomerat pelabuhan-ke-energi Adani Enterprises, yang telah memasok listrik di Mumbai melalui unit terdaftar Adani Transmission Ltd.

Proyek kelompok lainnya, pembangunan kembali pelabuhan senilai USD900 juta (Rp14,1 triliun) di negara bagian Kerala, telah terhenti selama berbulan-bulan oleh pengunjuk rasa. Sampai saat ini tidak ada protes besar terhadap pembangunan kembali Dharavi.

Adani Enterprises pekan lalu mengatakan akan mengumpulkan 200 miliar rupee India (Rp38,5 triliun) dalam penawaran umum lanjutan terbesar di India atas saham baru karena secara agresif berekspansi ke sektor-sektor seperti semen dan perawatan kesehatan, di tengah beberapa kekhawatiran tentang tingkat utangnya yang meningkat.

Pembangunan kembali Dharavi akan menjadi proyek keempat yang dilakukan Adani Realty di Mumbai dan yang ke-24 di empat kota, menurut situs webnya. Awal tahun ini, Gautam Adani mengatakan bahwa Grup Adani akan menginvestasikan lebih dari USD100 miliar (Rp19,2 triliun) selama dekade berikutnya, sebagian besar sebagai bagian dari upaya transisi ke energi terbarukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!