Melirik Prospek Bisnis Kemasan Eco Friendly yang Kian Menarik

Melirik Prospek Bisnis Kemasan Eco Friendly yang Kian Menarik

tribunwarta.com – JAKARTA – Tren belanja online atau e-commerce di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya dengan jumlah pengiriman mencapai 6 juta paket setiap harinya dan melambung pada momen-momen tertentu.

Seiring dengan pertumbuhan aktivitas belanja online, penggunaan kardus dan bubble wrap untuk pengemasan barang juga semakin meningkat. Sayangnya kardus-kardus tersebut tidak bisa digunakan kembali dan biasanya dibuang begitu saja menjadi sampah.

Tanpa disadari kardus yang menggunakan lapisan plastik tersebut bisa berdampak pada lingkungan dan akan meningkatkan jejak karbon yang berdampak pada pemanasan global pemanasan global, terutama jika proses pengelolaan sampahnya tidak ditangani dengan baik. Berdasarkan data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencatat, sampah nasional Indonesia pada 2021 telah mencapai 68,5 ton

Untuk mengatasi hal tersebut, Alden Lukman mengembangkan kardus eco-friendly ALVAboard di bawah bendera usaha PT Alpha Gemilang Makmur. Kardus ini merupakan produk inovasi ramah lingkungan pengganti kardus sekali pakai yang terbuat dari 100% daur ulang plastik, food grade, tetapi juga tahan air.

Alden Lukman, CEO PT Alpha Gemilang Makmur mengatakan penggunaan kardus eco-friendly ALVAboard ini dapat menjadi alternatif pengganti kardus konvensional, yang diyakini dapat mengurangi sampah paket.

“Tanpa harus menggunakan pembungkus berlapis, karakteristik kardus eco-friendly ALVAboard yang sudah tahan air dan anti sobek sudah dapat digunakan sebagai kemasan yang aman,” ujarnya.

Para pelanggan yang menerima paket dengan kemasan kardus eco-friendly ALVAboard ini juga dapat memaksimalkan penggunaannya untuk digunakan kembali sebagai kemasan pengiriman, dan atau sebagai tempat penyimpanan.

Ada beberapa jenis kardus yang diproduksi Alvaboard mulai dari kardus serbaguna, alvaboard box hot & cool, kardus pizza, kotak hampers, kardus pengiriman, kardus box sepesial, dan berbagai macam jenis packaging lainnya adapun range harga mulai dari Rp950.

Alden mengatakan bahwa kardus eco friendly ini cukup banyak digunakan oleh para pelaku usaha untuk mengirimkan produk makanan frozen food, makanan hangat dan dingin dalam kondisi segar. Sebab, produk ini sudah memiliki sertifikasi Food Grade dari FDA sehingga makanan aman dikonsumsi meski sebelumnya telah bersentuhan langsung dengan ALVAboard.

Selain dapat digunakan kembali untuk pengiriman paket, kardus eco-friendly ALVAboard juga bisa dijadikan tempat penyimpanan barang, untuk menggantikan kardus lama yang sudah rusak atau terkena rayap.

“Para penggunaan di rumah tangga pun biasanya menggunakan produk ini sebagai tempat penyimpanan di gudang. Selain itu, ALVAboard juga siap membeli kembali kardus bekas customer untuk menghindari waste berakhir di TPA dan tidak dikelola dengan baik” ujarnya.

Alden berharap penerapan penggunaan kardus eco-friendly ALVAboard ini sebagai upaya untuk mengedukasi masyarakat agar ikut andil dalam menjaga keberlangsungan lingkungan yang lebih baik. Tak hanya di dalam negeri, produk box packaging ALVAboard yang sudah dikembangkan sejak 2012 ini juga telah diekspor ke berbagai Negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!