Manajemen: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

tribunwarta.com – Ada berbagai manfaat dan fungsi manajemen yang harus kamu ketahui setelah kamu mengerti apa itu definisi manajemen.

Semua akan dibahas dalam artikel Finansialku berikut ini.

Pengertian Manajemen

Secara etimologi, kata manajemen berasal dari Bahasa Perancis kuno yakni ménagement, yang berarti seni melaksanakan dan mengatur.

Namun ada juga kemungkinan lain jika istilah manajemen berasal dari Bahasa Italia, yaitu dari kata meneggiare yang memiliki arti “mengendalikan”, dan biasanya digunakan dalam konteks mengendalikan kuda kala itu.

Lalu kemungkinan dari Bahasa Italia inilah kemudian Bahasa Perancis mengadopsinya menjadi ménegement.

Definisi manajemen secara umum, yang mengatakan bahwa:

“Manajemen merupakan proses perencanaan, mengorganisasi, mengarahkan dan mengendalikan suatu kegiatan untuk mencapai tujuan dari organisasi dengan efektif serta efisien dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh organisasi.”

Fungsi Manajemen

Manajemen memiliki 4 fungsi utama yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (actuating), dan pengawasan (controlling).

Bagan Manajemen

Terlihat pada gambar di atas bahwa fungsi manajemen terdiri dari kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan yang menggunakan sumber daya tertentu untuk mencapai tujuan organisasi tertentu dengan efisien dan efektif.

#1 Perencanaan (Planning)

Perencanaan berarti kegiatan menetapkan tujuan organisasi dan memilih cara yang terbaik untuk mencapai tujuan tersebut.

Langkah pertama, rencana ditetapkan untuk organisasi secara keseluruhan. Kemudian, rencana yang lebih detail untuk masing-masing bagian atau divisi ditetapkan.

Dengan cara semacam itu, organisasi mempunyai perencanaan yang konsisten secara keseluruhan.

[Baca Juga: Definisi Manajemen Adalah]

Beberapa manfaat perencanaan adalah:

    Mengarahkan kegiatan organisasi yang meliputi penggunaan sumber daya dan penggunaannya untuk mencapai tujuan organisasi, memantapkan konsistensi kegiatan anggota organisasi agar sesuai dengan tujuan organisasi, dan memonitor kemajuan organisasi.

    Jika organisasi berjalan menyimpang dari tujuan yang telah ditetapkan, dapat dilakukan perbaikan.

    Manfaat ketiga erat kaitannya dengan kegiatan pengendalian. Pengendalian memerlukan perencanaan dan perencanaan bermanfaat bagi pengendalian.

#2 Pengorganisasian (Organizing)

Pengorganisasian dapat diartikan sebagai kegiatan mengkoordinasi sumber daya, tugas, dan otoritas diantara anggota organisasi agar tujuan organisasi dapat dicapai dengan cara yang efisien dan efektif.

Contohnya, kegiatan di perusahaan kebanyakan diorganisasi berdasarkan fungsi pokok perusahaan seperti pemasaran, keuangan, produksi, administrasi, dan personalia.

Masing-masing dikelompokkan menjadi departemen atau bagian sendiri dan dipimpin oleh masing-masing manajer yang bertanggung jawab kepada direktur utama (CEO).

#3 Pengarahan (Actuating)

Setelah struktur organisasi ditetapkan dan orang-orangnya telah ditentukan, langkah selanjutnya adalah membuat orang-orang tersebut bekerja untuk mencapai tujuan organisasi.

Manajer perlu mengarahkan mereka dengan cara memberi pengarahan (directing), memengaruhi orang lain (influencing), dan memotivasi orang tersebut untuk bekerja (motivating).

Pengarahan sering dikatakan sebagai kegiatan manajemen yang paling menantang dan paling krusial karena langsung berhadapan dengan manusia.

#4 Pengendalian (Controlling)

Tahap terakhir proses manajemen adalah pengendalian. Pengendalian bertujuan melihat apakah kegiatan organisasi sesuai dengan rencana atau tidak.

Fungsi pengendalian meliputi 4 kegiatan, yaitu:

    Menentukan standar prestasi

    Mengukur prestasi yang telah dicapai selama ini

    Membandingkan prestasi yang telah dicapai dengan standar prestasi

    Melakukan perbaikan jika ada penyimpangan dari standar prestasi yang telah ditentukan.

Kemudian, kembali lagi ke fungsi awal yaitu perencanaan untuk periode berikutnya.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Manfaat Manajemen

Keempat fungsi manajemen di atas jika dijalankan secara cermat dan sistematis dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

    Membantu manajer dan para anggota untuk merancang strategi melalui pendekatan yang lebih sistematis, rasional, dan efektif.

    Mendapatkan hasil yang maksimal melalui proses yang menyeluruh. Proses tersebut tentunya harus dilaksanakan sesuai dengan fungsi manajemen.

    Manajemen akan memudahkan kita untuk menyajikan kerangka kerja untuk jangka pendek maupun jangka panjang sehingga target pun akan lebih mudah untuk ditentukan.

    Membantu proses alokasi sumber daya yang efektif.

    Mendorong tumbuhnya sikap profesional dalam diri setiap anggota organisasi yang diberikan kepercayaan untuk melaksanakan tugas.

Itulah fungsi dan manfaat manajemen yang perlu kamu ketahui. Bagaimana pendapatmu? Kamu bisa menuliskannya dalam kolom komentar di bawah ini.

Teman-temanmu mungkin memerlukan informasi ini, oleh karena itu, ayo bagikan informasi ini pada mereka. Selamat berbagi!

Sumber Referensi:

    Michael Putra. Pengertian Manajemen – Tujuan, Fungsi, Manfaat, Jenis, Makalah. Sayanda.com – https://goo.gl/pb61nH

    Dr. Mamduh Hanafi. Konsep Dasar dan Perkembangan Teori Manajemen. Repository.ut.ac.id – https://goo.gl/Fd7g9u

    Admin. 4 Februari 2018. 20 Definisi Manajemen Menurut Para Ahli. Rocketmanajemen.com – https://goo.gl/ghCm1K

    Citra Dara. 17 Desember 2013. Makalah Sejarah Manajemen – https://goo.gl/jYqYyh

    Admin. Manajemen. Id.wikipedia.org – https://goo.gl/qrKJPY

Sumber Gambar:

    Henri Fayol – https://goo.gl/RFU96W

    Piramida Mesir – https://goo.gl/KbZ8MM

    Revolusi Inggris – https://goo.gl/z5Q4UH

    Manajemen – https://goo.gl/jmJG5B

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *