Luhut Ungkap 4 Hal Bikin Ekonomi RI Kuat Hadapi The Perfect Storm

Luhut Ungkap 4 Hal Bikin Ekonomi RI Kuat Hadapi The Perfect Storm

tribunwarta.com – JAKARTA, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, perekonomian Indonesia masih mampu bertahan di tengah the perfect storm. Ada 4 hal yang membuat ekonomi Indonesia kuat di tengah badai tersebut.

“Apa yang membuat ekonomi makro kita kuat? Ada 4 hal. Pertama itu hilirisasi, ini satu faktor yang menentukan dan mempunyai nilai tambah yang signifikan,” katanya saat memberikan pidato di acara Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin 2022, Jumat (2/12/2022).

Hilirisasi di Indonsia telah dicanangkan sejak 2010. Hilirisasi merupakan suatu strategi untuk meningkatkan nilai tambah komoditas yang dimiliki. Dengan hilirisasi, komoditas yang diekspor bukan lagi berupa bahan baku, tetapi dalam bentuk barang setengah jadi atau barang jadi.

Kedua, digitalisasi. Menurut Luhut digitalisasi yang digencarkan oleh pemerintah telah memberikan dampak luar biasa, terutama di sektor UMKM.

Luhut pun memimta produk-produk yang berkaitan dengan keperluan TNI untuk masuk ke dalam E-Katalog. Hal itu untuk mengefiensikan dan mendukung produk dalam negeri.

“Digitalisasi, ini merupakan langkah yang dapat mendorong efiseiensi dari semua lini. Jadi pajak kita itu naik semua bukan datang tiba-tiba dari batu, hal itu karena kinerja UMKM domestik, government procurement itu Rp1.200 triliun,” tuturnya.

Ketiga, Dana Desa. Luhut mengatakan, dana yang diperuntukkan bagi desa ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah kabupaten/kota dan digunakan untuk membiayai penyelanggraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.

“Dana desa dalam 7 tahun terakhir ini hampir Rp500 triliun, di mana 740.000 desa itu semua dapat uang rata-rata berkisar Rp1 miliar dan itu membuat perputaran ekonomi di daerah,” katanya.

Terakhir, harga berbagai komoditas. Luhut mengatakan bahwa beberapa komoditas di Indonesia juga menjadi kunci ketahanan perekonomian Indonesia, namun karena harga komoditas bersifat fluktuatif maka harga komoditas tidak menjadi komponen utama dalam pertahanan ekonomi Indonesia.

“Komoditas bahan baku itu sudah nomor empat dan tidak jadi nomor satu lagi karena harga komoditas itu fluktuatif,” ujarnya.

Editor : Jujuk Ernawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *