LMAN Rogoh Rp4,5 Triliun untuk Proyek Kereta Api di 3 Pulau

LMAN Rogoh Rp4,5 Triliun untuk Proyek Kereta Api di 3 Pulau

Yogyakarta: Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) mengalokasikan Rp4,5 triliun untuk proyek kereta api (KA) di tiga pulau, yakni Sumatra, Jawa, dan Sulawesi. Dari total nilai anggaran untuk pembebasan lahan itu, realisasinya baru Rp2,8 triliun atau 62,75 persen.
 
“Alokasi untuk seluruh PSN (Proyek Strategis Nasional) Rp125,662 triliun. Untuk KA sebesar Rp4,525 triliun atau empat persennya,” kata Direktur Pengadaan dan Pendanaan Lahan LMAN, Qoswara di Stasiun KA Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu, 24 Agustus 2022.
 

Qoswara mengatakan, total ada sembilan PSN KA di tiga pulau yang dibiayai LMAN. Di Pulau Sumatre, dua proyek KA itu yakni KA Rantau Prapat Kota Pinang dengan alokasi Rp264 miliar dan terealisasi Rp156 miliar (59,37 persen) serta KA Tebing Tinggi-Kuala Tanjung dengan alokasi Rp175 miliar yang terealisasi Rp16 miliar (9,60 persen).
 
Sementara, ada enam PSN KA di Pulau Jawa. Salah satunya LRT Jabodetabek. Proyek ini dialokasikan Rp1,4 triliun dengan realisasi Rp1,3 triliun (92,14 persen). Di Jawa Barat, ada PSN KA Bogor-Sukabumi yang alokasinya Rp91 miliar serta terealisasi 100 persen.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Untuk PSN KA Sukabumi ini double track dengan sudah terealisasi 100 persen,” kata dia.
 
Di Jawa Tengah, ada KA Bandara Adisumarmo Solo yang alokasinya Rp130 miliar  dan terealisasi semua. Sementara, KA Solobalapan-Kedungbanteng dengan alokasi Rp31 miliar juga telah terealisasi semua.
 
Di DIY, ada PSN KA Bandara YIA. PSN yang menghubungkan bandara dengan Kota Yogyakarta alokasinya Rp223 miliar dan terealisasi Rp215 miliar (96,49 persen). Di Jawa Timur ada KA Jombang-Wonokromo yang alokasinya sebesar Rp77 miliar dengan baru terealisasi Rp21 miliar (28,09 persen).
 
Sementara, PSN KA di Pulau Sulawesi ada KA Makassar-Parepare. Proyek ini dialokasikan Rp2,1 triliun dan telah terealisasi Rp859 miliar (40,86 persen).
 
“Makassar masih berproses. Ini akan jadi KA bersejarah kalau jadi, di Sulawesi ada keretanya,” kata dia.
 
Adapun dari sembilan PSN itu, sebagian besar sudah beroperasi. Beberapa di antaranya LRT Jabodetabek, KA Bogor-Sukabumi, KA Bandara YIA, dan KA Bandara Adisumarmo.
 

(SAW)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *