Literasi Keuangan Kota Malang 69,43 persen, Tertinggi Se-Indonesia

Literasi Keuangan Kota Malang 69,43 persen, Tertinggi Se-Indonesia

tribunwarta.com – Kota Malang dinyatakan sebagai wilayah kabupaten/kota dengan tingkat literasi keuangan tertinggi se-Indonesia. Hal itu berdasarkan dari hasil survei nasional literasi inklusi keuangan tahun 2022 yang digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kepala OJK Malang, Sugiarto Kasmuri mengatakan tingkat literasi keuangan Kota Malang berada di angka 69,43 persen atau jauh lebih tinggi dibanding rata-rata nasional, yakni 49,68 persen. Menurutnya, angka tersebut menunjukkan bahwa masyarakat semakin melek atas informasi dan perkembangan dunia keuangan saat ini.

“Alhamdulillah Kota Malang yang tertinggi untuk tingkat literasi keuangan. Untuk inklusi keuangan juga di atas rata-rata nasional,” kata Kasmuri pada Sabtu (10/12/2022).

Dia menyampaikan, kolaborasi terus dilakukan antara Pemkot Malang bersama pihaknya dan berbagai stakeholder lainnya yang berjalan konsisten. Hal itu dilakukan dengan berbagai cara seperti sosialisasi keuangan secara rutin melalui berbagai kanal media, pemantauan penyelenggaraan jasa keuangan.

“Kemudian ada gerakan menabung bagi siswa, pemanfaatan QRIS, program Ojo Percoyo Karo Rentenir (OJIR), hingga penyelenggaraan berbagai event yang meningkatkan pengetahuan warga dan sinergi para pihak,” katanya.

Hasil yang baik juga terukur pada komponen inklusi keuangan dengan mencapai angka 86,53 persen. Artinya, akses masyarakat pada berbagai layanan keuangan formal semakin tinggi. Sedangkan pada komponen tersebut untuk rata-rata nasional mencapai 85,10 persen.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan bahwa tingkat literasi keuangan yang baik di suatu daerah bisa berdampak positif tidak hanya bagi masyarakat, tapi juga lembaga keuangan, investasi dan pembangunan daerah.

“Pemkot Malang, dunia usaha, lembaga keuangan, dan masyarakat saling membutuhkan satu sama lain. Jadi kalau literasi keuangan baik, tentu warga cerdas, tidak mudah tertipu semisal pinjol (pinjaman online). Investasi juga harapannya tertarik dan kota otomatis juga makin maju,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!