LinkAja! BUMN Siap Ramaikan Pasar Fintech Indonesia

tribunwarta.com – LinkAja akan saingi OVO dan Go-Pay? Perusahaan BUMN ini siap memberikan layanan keuangan elektronik untuk masyarakat Indonesia.

Mari simak pembahasan berikut selengkapnya.

LinkAJa akan Saingi OVO dan Go-Pay?

Tak dapat dipungkiri penggunaan GoPay dan Ovo sebagai alat pembayaran menjadi salah satu hal yang cukup diminati masyarakat luas saat ini.

Kemudahan pembayaran yang disuguhkan Go-Pay dan OVO melalui sistem pembayaran e-money atau uang elektronik menunjukan penyesuaian dengan kondisi kemajuan teknologi yang semakin berkembang pesat.

Perkembangan ini pun membuat pemerintah melalui sejumlah BUMN turut terjun membuat layanan financial technology (fintech) atau layanan keuangan elektronik berbasis QR code bernama LinkAja.

[Baca Juga: Review LinkAja: Transaksi Beres Tanpa Cash]

Kementerian BUMN sebelumnya menyebut, LinkAja ini ditujukan untuk meramaikan pasar fintech di Indonesia. Nantinya layanan ini akan bernaung di bawah PT Fintek Karya Nusantara (Finarya).

Mulai tanggal 22 Februari 2019 kemarin, pengguna TCASH sudah bisa melakukan update LinkAja melalui Google Play Store (Android) dan App Store (IOS).

Dilansir dari Finance.detik.com, admin Instagram LinkAja mengungkapkan untuk nomor yang sudah terdaftar TCASH sebelumnya hanya perlu melakukan update atau pembaharuan aplikasi. Saldo yang sudah ada sebelumnya juga tidak akan terpotong.

Sementara itu untuk pengguna E-Cash milik Bank Mandiri, UnikQU milik BNI dan T-Bank dari BRI sudah dilakukan migrasi pada 28 Februari 2019 kemarin.

LinkAja akan menggabungkan produk T-cash milik Telkomsel, Yap! milik BNI, e-Cash milik Bank Mandiri dan T-bank dari Bank BRI. Untuk tahap awal, Telkomsel telah mengalihkan TCASH ke Finarya.

Dengan penggabungan ini diharapkan BUMN lebih bisa bersaing dengan OVO dan Go-Pay dan maksimal menggarap nasabah dan pelanggan Telkomsel.

Saat ini pelanggan T-Cash 30 juta pelanggan sementara pelanggan Telkomsel mencapai 200 juta orang. Bank BUMN juga rata-rata memiliki jumlah nasabah di atas 10 juta orang.

Dibentuknya Finarya sebagai rumah bagi layanan dompet digital BUMN sudah digodok sejak kuartal III-2018. LinkAja disiapkan untuk dapat bersaing dengan Go-Pay dan OVO yang tumbuh pesat kurang dari lima tahun dan membuat produk dompet digital BUMN kurang diminati masyarakat.

Beres Tanpa Cash

LinkAja merupakan layanan berbasis elektronik yang membuat transaksi keuanganmu lebih seru, lebih lancar dan bebas repot!. LinkAja memiliki tagline “Sekarang saatnya semua #BeresTanpaCash.”

[Baca Juga: Perlu Ditiru! Ini Dia Cara Bebas dari Godaan Belanja Online yang Bikin Kamu Bangkrut!]

Apa saja sih keuntungan yang diberikan LinkAja?

#1 Bayar Merchant

Bayar Merchant LinkAja dengan fitur sticker NFC atau SNAP (QR Code). Semua transaksi dapat dilakukan dengan lebih mudah.

#2 Beli Pulsa/Data

Linkaja menyediakan layanan membeli pulsa/paket data yang dinilai murah dengan mudah, transaksi dapat dilakukan langsung melalui LinkAja, berikut ini caranya:

    Pulsa/Kuota, Pilih menu beli pulsa/kuota

    Isi Nomor Tujuan, Pilih tujuan pengisian pulsa/kuota ke nomor sendiri ataupun orang lain

    Pilih Nominal & Masukkan PIN, Pilih nominal pulsa/kuota yang akan diisikan dan masukkan PIN

    Transaksi Berhasil, Pembelian pulsa/kuota kamu sudah berhasil.

#3 Bayar Beli di HP

Kamu bisa pakai LinkAja untuk melakukan berbagai pembayaran dan pembelian dengan lebih lancar, seru dan bebas repot!

Berikut ini jenis-jenis transaksi yang bisa dilakukan melalui LinkAja:

    Bayar listrik

    Voucher games

    KartuHalo

    Tagihan air

    Bayar internet

    Tagihan Lainnya

#4 Belanja Online

Kamu yang suka belanja Online, LinkAja pun menyediakan layanan pembayaran belanja online lho! Berikut ini caranya:

    Pilih Metode Pembayaran, Selesaikan transaksi online kamu di website merchant & pilih LinkAja sebagai metode pembayaran

    Masukkan Nomor HP dan PIN, Masukkan nomor HP, PIN LinkAja untuk menyelesaikan transaksi kamu

    Transaksi Berhasil, kamu akan mendapatkan verifikasi SMS bahwa transaksi telah berhasil

#5 Kirim Uang

LinkAja pun menyediakan layanan pengiriman uang. Gampangnya kirim uang, tanpa perlu rekening bank. Lihat cara mengirim uang dibawah ini:

    Pilih Menu, Pilih menu kirim uang di aplikasi LinkAja

    Pilih Nomor HP/Rekening, Pilih tujuan transfer ke nomor HP sesama LinkAja atau rekening bank

    Masukkan Nomor HP/Rekening, Masukkan nomor telepon/nomor rekening tujuan

    Saldo Terkirim, Masukkan PIN & saldo langsung terkirim! Cek SMS untuk konfirmasi pengiriman.

Selain itu, LinkAja juga menyediakan berbagai Promo menarik, kamu bisa cek promo-promo menarik tersebut di www.linkaja.id.

Cara Pemakaian LinkAja

LinkAja sekarang bisa melakukan berbagai transaksi non tunai dengan bebas repot, lebih lancar dan lebih seru!

Berikut ini cara menggunakan LinkAja:

#1 Install

Install Aplikasi LinkAja melalui Play Store dan App Store.

#2 Registrasi

Registrasi dan buat akun LinkAja kamu dengan mengikuti langkah-langkah dan pilih button “mulai” untuk bisa menggunakan aplikasi LinkAja.

#3 Isi Saldo

Isi saldo akun LinkAja kamu untuk dapat menikmati kemudahan bertransaksi.

Kamu bisa melakukan pengisian saldo LinkAja melalui rekening bank (ATM, mobile banking, atau internet banking), Alfamart, Alfamidi, Dan+Dan, FamilyMart, GraPARI, Indomaret, Kantorpos, Mitra LinkAja dan Suzuya.

Perusahaan BUMN Taklukan Zaman

Tentunya BUMN tidak mau kalah dengan perkembangan zaman ini. Berbagai transaksi dapat dengan mudah dilakukan dengan satu genggam smartphone.

Sekarang kamu sudah tahu kan apa saja keuntungan yang diberikan LinkAja? Selain itu kamu juga sudah mengetahui bagaimana cara menggunakan LinkAJa. LinkAja memberikan kemudahan dalam berbagai jenis transaksi, dan juga memberikan berbagai promo menarik untuk menarik hati masyarakat.

LinkAja diharapkan bisa diterima oleh masyarakat, dan dapat bersaing dengan OVO dan Go-Pay.

Berbagai kemudahan transaksi dan kemudahan dalam mengeluarkan uang tentunya dapat menjadi kekhawatiran tersendiri jika kita tidak dapat mengatur keuangan dengan baik.

Pengeluaran bisa jadi tidak terkontrol dan menjadi lebih boros dari sebelumnya akibat dari berbagai kemudahan yang kita peroleh saat ini. Oleh karena itu, ayo rencanakan dan kelola keuanganmu dengan baik mulai sekarang.

Kamu bisa dengan mudah menggunakan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuanganmu. Aplikasi Finansialku dapat kamu download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Selain itu, kamu bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 20 an di bawah ini secara GRATIS, agar tujuan keuanganmu tepat sasaran.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Bagaimana tanggapanmu mengenai LinkAja? Apakah kamu tertarik untuk menggunakan LinkAja? Bagikan pendapatmu pada kolom komentar di bawah.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabatmu. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Sumber Referensi:

    Sylke Febrina Laucereno. 22 Februari 2019. Pesaing GoPay dan OVO Milik BUMN Keluar Hari Ini?. Finance.detik.com – https://goo.gl/kdTAsd

    Admin. Cara Pemakaian. Linkaja.Id – https://goo.gl/DRmJVw

Sumber Gambar:

    LinkAja – https://goo.gl/93J6mR

    LinkAja 3 – https://goo.gl/daXVWW

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *