Lima Bahan Alami untuk Meredakan Nyeri Lutut

Lima Bahan Alami untuk Meredakan Nyeri Lutut

Jakarta: Peradangan adalah cara atau mekanisme tubuh untuk melawan infeksi atau cedera. Tetapi terkadang, mekanisme ini keluar jalur dan mulai merusak sel-sel tubuh, sehingga meningkatkan risiko  terkena gangguan autoimun seperti radang sendi. 

Menurut Sweedal Trinidade, Kepala Departemen Layanan Diet, Rumah Sakit PD Hinduja dan MRC, India, nyeri lutut dapat terjadi pada usia berapa pun karena berbagai alasan seperti postur yang salah, terlalu banyak bekerja, tegang, kelebihan berat badan atau radang sendi.

“Nyeri sendi dan lutut dapat dikurangi dengan mengonsumsi herbal anti-inflamasi dan bahkan mencegah risiko arthritis. Namun, pengobatan sangat tergantung pada penyebab rasa sakit. Herbal mungkin tidak memberikan dukungan agresif dalam menghilangkan rasa sakit tetapi penggunaan terus menerus dalam jangka panjang bermanfaat dalam mengurangi rasa sakit dan peradangan,” ujar Trinidade, dikutip dari Health Shots. 

Berikut adalah daftar herbal dengan sifat anti-inflamasi yang sangat baik untuk meredakan nyeri lutut:

 

1. Kunyit

Kunyit adalah ramuan yang mengandung kurkumin, yang tidak hanya menambah warna pada makanan, tetapi juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi nyeri lutut dan peradangan. Karena memiliki efek antiseptik, antibakteri, anti-inflamasi, dan anti-alergi, oleh sebab itu kunyit telah banyak digunakan sebagai pengobatan selama berabad-abad. Selain itu, kunyit juga memiliki manfaat kesehatan untuk kulit, hati, dan sistem pencernaan. 



(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

2. Jahe

Secangkir teh jahe hangat sering menjadi jawaban untuk hari-hari yang penuh tekanan. Trinidade mengatakan jahe memang memiliki karakteristik anti-peradangan, itulah sebabnya jahe dapat secara efektif meredakan sakit dan nyeri ringan serta menyegarkan tubuh.

Karena banyak keuntungan kesehatan dan kemampuan terapeutik, ramuan ini secara tradisional telah digunakan dalam ilmu pengobatan seperti Ayurveda dan Homeopati. Semua berkat kemampuan antioksidan dan anti-inflamasinya yang luar biasa, yang bagus untuk kesehatan secara menyeluruh. 



(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Minyak kayu putih

Jika sakit lutut disebabkan oleh peradangan, cobalah pakai minyak kayu putih. Kamu dapat mengoleskannya langsung ke kulit sambil dipijat. Minyak ini dapat memberikan sensasi dingin atau hangat yang mengalihkan perhatianmu dari ketidaknyamanan. 

“Banyak digunakan untuk aromaterapi yang mengandung tanin, aplikasi lokal atau merendam daerah yang terkena dalam air hangat dengan tetes minyak kayu putih karena memberikan efek relaksasi dan menghilangkan rasa sakit/peradangan ringan. Bahkan banyak orang yang menderita rheumatoid arthritis atau osteoarthritis menggunakan krim, semprotan, atau salep yang dijual bebas untuk menghilangkan rasa sakit,” ungkap Trinidade. 



(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

4. Kayu manis

Kayu manis kerap digunakan dalam Ayurveda untuk mengobati kondisi jantung dan tekanan darah tinggi. Tanaman herbal ini dikenal sebagai dalchini karena memiliki kualitas anti-inflamasi, antioksidan, anti-inflamasi, antidiabetik, dan antibakteri yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan lutut. Kamu dapat menambahkannya ke yogurt, keju cottage, atau mencampurnya dengan teh hangat. 



(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

5. Lidah buaya

Gel lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi. Oleh karena itu, dapat dioleskan langsung ke sendi yang sakit dan bengkak. Tidak hanya berguna untuk merawat lutut, tanaman ini juga dapat digunakan untuk mengobati diabetes dan asma. Menurut Indian Journal of Dermatology, lidah buaya kaya akan vitamin A, C, E, dan B12, serta memiliki mineral yang kuat. Jadi, kamu bisa menggunakannya secara teratur!



(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
(yyy)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *