Liburan ke Danau Toba? Siapa Takut, Segini Uang yang Perlu Disiapin

Liburan ke Danau Toba? Siapa Takut, Segini Uang yang Perlu Disiapin

tribunwarta.com – Traveling ke berbagai destinasi Indonesia memang sangat menakjubkan. Salah satu spot yang selalu di hati para traveler adalah liburan ke Danau Toba.

Lalu, berapa budget yang dibutuhkan untuk ke sana? Inilah ulasannya dalam artikel Finansialku berikut.

Rubrik Finansialku

Alasan Anda Harus Berliburan Ke Danau Toba

Setiap tempat wisata pastinya memiliki daya tarik tersendiri agar menarik perhatian para wisatawan, termasuk pada Danau Toba ini. Ada beberapa alasan mengapa Anda harus datang ke wisata Danau Toba.

Danau Toba menyuguhkan suasana alam yang tenang dan indah. Tak mengapa apabila Anda nantinya terlalu nyaman singgah di sana hingga menghabiskan waktu berhari-hari, karena kebanyakan wisatawan yang datang ke Danau Toba pun demikian.

Tinggal di hotel yang ada di sekitarnya dan menikmati suasana alam yang tenang dan damai, mengapa tidak? Selain suasananya yang tenang dan damai, Anda juga akan merasakan keindahan alam dengan udara yang sejuk.

Artinya, kondisi ini bisa Anda manfaatkan untuk refreshing dari kesibukan kota yang penuh akan polusi.

Danau Toba juga menyuguhkan panorama alam yang luar biasa indah. Warna biru air dan hijau dari pepohonan akan terbingkai indah di mata atau jepretan kamera Anda.

Tak hanya keindahan alam yang akan Anda rasakan selama di kawasan Danau Toba, melainkan juga kebudayaan masyarakat Suku Batak yang masih kental.

Keramahan dari masyarakat sekitar akan Anda rasakan, terutama masyarakat yang berada di Pulau Samosir, yaitu pulau yang terletak di tengah Danau Toba itu sendiri.

Daftar Budget yang Harus Anda Siapkan Untuk Ke Danau Toba

Setelah mengetahui apa saja yang bisa Anda nikmati di sana, apakah Anda sudah mantap untuk datang ke wisata ini?

Kalau iya, maka simaklah beberapa informasi berikut mengenai budget yang akan Anda keluarkan untuk menuju ke Danau Toba dan selama berliburan di sana.

Budget Post 1: Tiket Pesawat

Pengeluaran pertama yang sudah pasti harus Anda siapkan adalah transportasi menuju Silangit. Kali ini, kami akan memberi contoh pengeluaran yang harus disiapkan apabila Anda berangkat dari Kota Jakarta.

[Baca Juga: Gaji Rp5 Juta Sebulan, Mau Liburan Keliling Eropa? Ini Caranya]

Transportasi dari Jakarta menuju Silangit menggunakan pesawat membutuhkan waktu sekitar dua jam.

Harga tiket pulang pergi pun juga berbeda-beda antara maskapai satu dengan yang lainnya, namun kami telah memperkirakan harga tiket pesawat dari Jakarta menuju Silangit menggunakan Garuda Indonesia membutuhkan uang sebesar Rp1,7 jutaan. Sedangkan apabila menggunakan Sriwijaya Air Anda membutuhkan Rp1,6 jutaan untuk pulang dan pergi.

Budget Post 2: Transportasi Darat Menuju Lokasi

Setelah sampai di Silangit, Anda masih membutuhkan transportasi menuju Danau Toba, tepatnya di daerah Parapat.

Kami sarankan untuk menggunakan jasa taksi daripada menyewa mobil, hal ini dikarenakan nantinya Anda akan pergi ke Pulau Samosir dan menginap di sana. Jadi, rasanya budget yang dikeluarkan akan kurang efektif untuk menyewa mobil.

[Baca Juga: Perhitungan Dana Liburan ke Jogja Budget Minim (Bonus: Daftar 100+ Tempat Wisata Jogja)]

Pengeluaran yang dibutuhkan untuk menggunakan jasa taksi dari bandara menuju Parapat sekitar Rp350.000 hingga Rp400.000. Kapasitas taksi tersebut cukup untuk empat orang.

Budget Post 3: Transportasi Air

Setelah sampai di daerah Parapat, Anda harus menyeberang menuju Pulau Samosir.

Penyeberangan yang akan Anda lakukan menggunakan kapal ferry yang akan menempuh waktu sekitar setengah jam hingga satu jam. Budget yang dibutuhkan untuk melakukan penyeberangan ini hanya Rp7 ribu saja per orang. Namun, Anda perlu mencermati jadwal adanya penyeberangan ini.

[Baca Juga: Ingin Liburan Ke Korea Selatan? Yuk Cek Dulu Dana Perjalanan (Plus Info Liburan Murah dan Wisata Gratis)]

Berikut adalah beberapa jam dimana kapal ferry berangkat dari Parapat menuju Pulau Samosir.

08.30, 09.30, 10.30, 11.30, 12.30, 13.30, 14.30, 15.30, 16.30, 18.00, dan 19.00.

Tentu Anda harus mencermati jadwal-jadwal tersebut. Pasalnya kalau sampai ketinggalan Anda bisa saja bermalam di Parapat.

Budget Post 4: Biaya Akomodasi dan Transportasi di Sana

Setelah sampai di Pulau Samosir, tepatnya di daerah Tuk Tuk, Anda bisa dengan bebas memilih transportasi untuk bepergian.

Transportasi pertama yang bisa Anda pilih adalah perahu. Berkeliling dengan perahu tidak membutuhkan biaya yang banyak, yaitu hanya Rp14.000 saja.

Namun, bagi Anda yang suka single traveling Anda bisa menyewa motor di sana. Harga sewa motor yang ada di Pulau Samosir rata-rata dibanderol dengan harga Rp100.000 per hari.

[Baca Juga: Apa Bisa Liburan Murah ke Malaysia Dibawah Rp2 Jutaan? Siapkan Dana Perjalanan Anda!]

Rata-rata, warga lokal yang menyewakan kendaraan pribadi mereka untuk wisatawan.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengembalikannya sebelum matahari terbenam. Bisa juga Anda kembalikan sesuai perjanjian saja. Ya, Anda bisa saja di denda dengan nominal yang cukup besar apabila sampai terlambat mengembalikan kendaraan.

Budget Post 5: Mengunjungi Tempat Wisata

Lalu wisata apa yang bisa dikunjungi selama di Pulau Samosir? Ada banyak!

Wisata pertama yang bisa Anda kunjungi selama di Danau Toba adalah Air Terjun Binangalom. Wisata yang cukup populer ini cocok dinikmati saat cuaca panas, karena pada saat itu Anda bisa benar-benar menikmati sejuknya air di air terjun ini.

Di Air Terjun Binangalom Anda bisa berenang, bermain air, memancing, dan berkeliling dengan perahu. Kemana harus menyewa perahu?

Untungnya Carolina Hotel yang terletak di sekitar Air Terjun Binangalom menyewakan perahu yang dibanderol dengan harga Rp500.000 hingga Rp600.000.

[Baca Juga: 7 Tips Memilih Hotel dan Alternatif Penginapan untuk Menghemat Budget Liburan]

Atraksi selanjutnya ialah Pusuk Buhit. Pusuk Buhit merupakan gunung yang pemandangannya sangat cantik dan tidak berbahaya untuk didaki. Malahan, wisata ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi karena saking bagusnya.

Kemudian ada juga Museum Batak bagi Anda yang senang akan mengunjungi wisata bertema heritage.

Jika Anda ingin menyaksikan pertunjukan berjudul Sigale-Gale maka Anda harus membayar sebesar Rp50.000.

Budget Post 6: Penginapan

Setelah berwisata hingga matahari terbenam waktunya untuk mencari penginapan. Penginapan pertama yang bisa Anda pilih adalah Carolina Hotel, biaya untuk per malamnya sekitar Rp280.000.

Pilihan kedua diisi oleh Samosir Villa Resort yang berharga Rp500.000 serta pilihan ketiga yaitu Mass Cottages yang harganya Rp420.000 per malam.

[Baca Juga: Panduan Liburan Murah dan Tips Hemat Wisata ke Singapura]

Budget Post 7: Biaya Makan

Biaya makan di Pulau Samosir pun juga tidak terlalu mahal. Anda bisa menyiapkan uang Rp20 ribu sampai Rp40 ribu saja per sekali makannya.

Siap Berlibur ke Danau Toba? Rencanakan dari Sekarang!

Itulah beberapa budget yang harus Anda siapkan untuk berliburan di Danau Toba.

Jika ditotal apabila Anda berliburan kesana selama dua hari dan dua malam dan berangkat dari Jakarta maka Anda membutuhkan biaya sebesar Rp2,4 juta.

Make A Plan! Anda bisa gunakan aplikasi Finansialku untuk menghitung kebutuhan dan uang yang dibutuhkan untuk liburan ke Danau Toba.

Segera download aplikasi yang sangat berguna ini di Google Play Store. Jangan lupa juga untuk menggunakan kode voucher POTONG50RIBU supaya Anda bisa mendapatkan potongan harga Rp50.000 jika Anda berlangganan 1 tahun premium.

Nominal tersebut sudah mencakup biaya pulang pergi menggunakan pesawat Sriwijaya Air, pulang pergi penyeberangan ke Pulau Samosir, melihat pertunjukan di museum, biaya berkeliling Tuk Tuk menggunakan perahu, biaya hotel di Carolina Hotel selama dua malam, dan makan.

Jadi, ayo berangkat ke Danau Toba untuk liburan berikutnya. Ajak teman-teman sesama traveler dengan membagi informasi bermanfaat ini, terima kasih.

Sumber Referensi:

    Data Wisata. Wisata Danau Toba, Keunikan Dalam Keindahan Sang Danau Legenda. Datawisata.com – https://bit.ly/2Xqk945

Sumber Gambar:

    Liburan ke Danau Toba 01 – https://bit.ly/2Xu2Saf

    Liburan ke Danau Toba 02 Bandara Silangit – https://bit.ly/2FXvano

    Liburan ke Danau Toba 03 Parapat – https://bit.ly/2Lbb6m3

    Liburan ke Danau Toba 04 Ferry Danau Toba – https://bit.ly/30b53Ry

    Liburan ke Danau Toba 05 Transportasi Danau Toba – https://bit.ly/2RW1mwq

    Liburan ke Danau Toba 06 Pusuk Buhit – https://bit.ly/2XQEPX9

    Liburan ke Danau Toba 07 Samosir Villa Resort – https://bit.ly/2YE1bZg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!