Libur Nataru, Jalan Tol Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura Siap Difungsikan

Libur Nataru, Jalan Tol Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura Siap Difungsikan

tribunwarta.com – Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura (20,40 kilometer) yang merupakan bagian dari Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat siap difungsikan dalam mendukung libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022-2023.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Triono Junoasmono mengatakan, saat ini progres konstruksi seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura sudah mencapai 95,36 persen sehingga dapat digunakan secara fungsional bagi pengendara untuk sementara waktu sampai diresmikan dan dioperasikan secara penuh.

“Diharapkan dengan dibukanya Jalan Tol ini akan mampu meningkatkan kenyamanan dan mempercepat waktu tempuh berkendara di saat liburan arus mudik Nataru akhir tahun nanti. Kementerian PUPR selanjutnya akan berkoordinasi dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terkait untuk memastikan waktu pelaksanaan buka-tutup tol tersebut,” kata Triono dalam keterangan tertulis, Minggu (4/12/2022).

Triono mengatakan, BUJT dan pemerintah daerah harus menyiapkan beberapa hal seperti posko bersama, kesiapan gerbang tol, rest area, petugas Jalan Tol, termasuk pihak keamanan yang berjaga untuk mengantisipasi selama fungsional jalan tol dilaksanakan.

Ia menjelaskan, Jalan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat seluruhnya memiliki total panjang 143,25 kilometer yang terbagi menjadi 6 Seksi.

“Untuk Seksi 2 Inderapura – Kuala Tanjung (18,05 Km) progres telah mencapai 72,91 persen, Seksi 3 Tebing Tinggi – Serbelawan (30 Km) progres mencapai 66,24 persen, dan Junction Tebing Tinggi (7,07 Km) dengan progres mencapai 64,11 persen yang ditargetkan selesai konstruksinya pada Kuartal 1 tahun 2023,” ujarnya.

Lebih lanjut, Triono mengatakan, saat ini progres konstruksi seksi 4 Serbelawan – Pematang Siantar (28 kilometer) sudah mencapai 57,03 persen dan ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2023.

Sementara untuk Seksi 5 Pematang Siantar – Seribudolok (22,30 kilometer) dan Seksi 6 Seribudolok – Parapat (16,70 kilometer) yang saat ini masih dalam tahap persiapan.

“Untuk Seksi 1 – 4 merupakan dukungan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Marga Waskita dan Seksi 5 – 6 merupakan dukungan Pemerintah,” ucap dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!