Lewat Xponent, MCI Ajak Startup Bersinergi dan Akselerasi Ekonomi Digital

Lewat Xponent, MCI Ajak Startup Bersinergi dan Akselerasi Ekonomi Digital

tribunwarta.com – Dalam mendukung akselerasi transformasi ekonomi digital Indonesia, PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) melalui program Xponent melibatkan 20+ unit bisnis dan perusahaan anak Mandiri Group pada sesi panel dan business matching, serta 42 startup baik portofolio maupun non-portofolio yang bergerak di berbagai bidang, dan menjalin total 5 kerja sama strategis dengan unit bisnis di Mandiri Group.

Chief Investment Officer MCI Dennis Pratistha, menjelaskan bahwa MCI membantu startup-startup yang sudah dalam tahap berkembang dengan model bisnis yang solid dan berkelanjutan, untuk bersinergi dengan unit bisnis di Bank Mandiri dan Perusahaan Anak.

Adapun program Xponent segmen dua dengan topik “Beyond Lending” pada Kamis, (20/10/2022) mengumumkan beberapa kerjasama strategis antara Mandiri Group dengan startup di Indonesia melalui tanda-tangan Nota Kesepahaman Kerjasama dan Perjanjian Kerjasama (PKS), diantaranya kerjasama penyaluran kredit kendaraan bermotor antara PT Mandiri Utama Finance (MUF) dengan PT Teknologi Usaha Nusantara (Broom.ID). Kemudian kerjasama pembiayaan untuk inklusi keuangan di sektor pertanian antara Bank Mandiri yang melibatkan Group Micro Development & Agent Banking dan SME & Micro Risk dengan PT Crowde Membangun Bangsa (CROWDE).

CEO & Co-Founder CROWDE Yohanes Sugihtononugroho mengatakan, sebagai startup agritech, CROWDE berharap dapat menciptakan ekosistem pendanaan yang ramah petani, sehingga petani kecil dan menengah bisa mengembangkan bisnisnya.

“Melalui kerja sama ini, kami memiliki kesempatan untuk bisa lebih maksimal dalam menjangkau petani daerah yang membutuhkan,” katanya.

Lebih lanjut, Department Head Micro Government & Capability Management Bank Mandiri, Rino Judhistira menuturkan, Bank Mandiri berkomitmen dalam meningkatkan financial inclusion di Indonesia, salah satunya melalui sektor pertanian yang memiliki populasi lebih dari 30 juta orang. Kerjasama kali ini merupakan pengembangan dari kerja sama antara Bank Mandiri dengan Crowde yang telah berjalan.

“Melalui pengembangan ini, Bank Mandiri dan Crowde bermaksud untuk menjangkau petani secara lebih luas dan melayani sektor pertanian dengan lebih komprehensif dengan merangkul juga para pelaku ekonomi lainnya di ekosistem pertanian. Kami berharap inisiatif ini dapat mendukung bisnis yang berkelanjutan bagi petani, umkm pertanian, serta keseluruhan pelaku bisnis yang ada di sektor pertanian,” pungkasnya.

Adapun tanda-tangan kerja sama telah dilakukan sebelumnya di segmen Xponent pertama (13/10/2022), yaitu Qoala dan Mandiri Tunas Finance, Ringkas dan Consumer Loans Group, Ideal dan Consumer Loans Group. “Kami masih melakukan business matchmaking sehingga kedepan memungkinkan bertambahnya kerja sama yang terjalin,” terang Dennis.

Berlandaskan pada penandatanganan kerjasama diatas, Mandiri Capital Indonesia akan terus mendorong terciptanya kerjasama strategis antara Mandiri Group dan startup melalui program Xponent yang akan diadakan secara berkala setiap tahun.

“Di tengah ketidakpastian global, Mandiri Capital Indonesia akan terus melakukan investasi kepada startup yang memiliki fundamental kuat, inovatif dan memiliki sinergi dengan Mandiri Group. Kami juga akan terus mewujudkan komitmen dalam membangun kemitraan strategis untuk mempercepat inovasi di digital ekosistem Indonesia,” tutup Direktur Keuangan MCI Rino Bernando.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!