Laundry Sepatu, Peluang Usaha bagi Generasi Muda

Laundry Sepatu, Peluang Usaha bagi Generasi Muda

tribunwarta.com – Masyarakat perkotaan hidup dengan budaya konsumtif yang mengakibatkan tingginya daya beli terhadap sesuatu. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuannya menyibukkan diri dengan bekerja maupun mengejar pendidikan menjadi keinginan mutlak yang harus diraih. Dalam perkembangan zaman yang semakin maju ini dikenal pula hustle culture yakni sebuah budaya yang membuat seseorang bekerja tiada henti hingga tak mengenal waktu. Dari kesibukan yang dihadapi masyarakat perkotaan tersebut, muncul peluang usaha yang bergerak di bidang jasa yaitu Laundry Sepatu.

Laundry Sepatu muncul di Indonesia pada tahun 2013 dan diperkenalkan oleh seorang Dokter dan kolektor sepatu, Dr. Tirta. Merk Shoes and Care yang ia mulai di Jogja berhasil menarik perhatian netizen yang kala itu sedang terjadi tragedy erupsi Gunung Kelud di tahun 2014.

Dari tragedi tersebut, mereka memasarkan jasanya melalui media sosial dan hingga kini kurang lebih 700.000 pasang sepatu telah telah ditangani. Akibat dari kesuksesannya di Jogja, Shoes and Care berhasil mendirikan cabang di berbagai kota-kota besar seperti Jakarta, Cirebon, Surabaya, Semarang, Lampung, hingga Banjarmasin. Omzet yang diperoleh dalam satu toko pun bervariasi. Dalam sebuah artikel Tribun Solo, Dr. Tirta menyebutkan bahwa satu toko mampu meraup 10 juta-25 juta per bulan.

Kesuksesan itulah yang menimbulkan ketertarikan generasi muda dalam usaha laundry sepatu. Selain cuci sepatu terdapat pula jasa lainnya yaitu repair atau perbaikan terhadap sepatu yang rusak dan repaint yakni pewarnaann ulang terhadap sepatu yang warnanya telah luntur. Teknik yang dipelajari pun tidak cukup sulit karena hanya terdapat metode cuci kering dan cuci basah. Adapun modal untuk memulai usaha ini tidak terlalu besar yakni sebesar 2 juta untuk sabun, parfum, sikat, serta perlengkapan lainnya. Laundry sepatu ini cukup menguntungkan dari pendapatan serta waktu.

Misalnya, untuk sabun sebanyak 1 liter seharga 150 ribu dapat mencuci hingga 40 pasang sepatu. Selain itu, waktu yang digunakan untuk mengerjakan sepasang sepatu tidak sampai 2 jam. Jasa untuk mencuci sepatu ini dapat dibandrol dengan harga 30 ribu — 40 ribu per pasang. Dengan harga tersebut, umumnya laundry sepatu menargetkan pasar terhadap masyarakat kelas menengah ke atas dengan rentang usia 15-30 tahun. Oleh karena itu, jasa laundry sepatu cukup diminati oleh generasi muda sehingga dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!