Kurangi Kemiskinan Kota Pasuruan, Bunda Fatma : Perempuan Pengungkit Kesejahteraan Keluarga

Kurangi Kemiskinan Kota Pasuruan, Bunda Fatma : Perempuan Pengungkit Kesejahteraan Keluarga

SURYA.CO.ID, PASURUAN – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Pasuruan Fatma Saifullah Yusuf (Fatma) mengatakan, perempuan mempunyai potensi sebagai pengungkit kesejahteraan keluarga.

Hal ini disampaikan saat memberikan sambutan pada acara Pelatihan Olahan Pangan Berorientasi Pasar bagi PEKKA di Rumah Makan Gedoeng Woloe, Senin (04/07/2022) malam.

“Para perempuan memiliki potensi sebagai pengungkit kesejahteraan keluarga. Karena dengan potensinya bisa mengembangkan dan membangun karakter yang tangguh, inovatif, kreatif dan cerdas,” kata Fatma.

Berdasarkan data BPS, jumlah penduduk miskin Kota Pasuruan Tahun 2021 sekitar 13.970 jiwa. Menurutnya, salah satu cara mengurangi angka kemiskinan adalah dengan memberdayakan perempuan.

Fatma menyampaikan pemberdayaan bagi Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) bertujuan untuk membangun ekonomi yang mandiri bagi perempuan kepala keluarga agar kehidupannya lebih sejahtera.

Baca juga: Motor Atlet Futsal Putri Kota Surabaya yang Berlaga di Porprov Jatim 2022, Raib Digondol Maling

“Program ini digelar agar ibu-ibu PEKKA tidak lagi tergantung pada orang lain, harus terus belajar dan tetap semangat agar menjadi ibu yang dapat dibanggakan putra putrinya kelak,” ujarnya.

Menurutnya, pemberdayaan PEKKA melalui pelatihan olahan pangan ini diharapkan dapat mengoptimalkan potensi yang melimpah di Kota Pasuruan, agar dapat lebih beragam dan bernilai jual lebih tinggi.

“Untuk memenuhi bahan pangan tanpa menyebabkan kelangkaan, kita bisa mengatasinya dengan mengoptimalkan pemanfaatan bahan pangan lokal yang ada,” imbuh Fatma.

Baca juga: Truk Ugal-ugalan Tewaskan Seorang Pengendara Motor di Sambit Kabupaten Ponorogo

Pelatihan ini digelar selama 3 hari dengan harapan perempuan kepala keluarga dapat lebih berdaya dalam rangka ikut membangun tatanan masyarakat yang sejahtera, adil gender, dan bermartabat.

Sekaligus, kata istri Walikota Pasuruan Gus Ipul ini, membangun ekonomi yang mandiri bagi perempuan kepala keluarga. Ini menjadi bukti bahwa kesetaraan gender bisa diterapkan dalam keluarga.

“Pelatihan ini digagas agar ibu-ibu sebagai kepala keluarga lebih berdaya, lebih mandiri dan nantinya dapat berkontribusi untuk membangun masyarakat yang lebih sejahtera,” jelas Fatma

Terakhir, Fatma berpesan perlu adanya keterlibatan aktif dari ibu-ibu PEKKA, menyerap dengan baik serta mempraktikan ilmu yang akan diberikan oleh para narasumber.

“Saya berharap adanya keterlibatan aktif dari ibu-ibu PEKKA untuk bisa memanfaatkan dan terus meningkatkan keterampilan ibu-ibu supaya dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga,” pungkasnya.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *