Kualitas Pertalite Dicibir, Kementerian ESDM Terus Lakukan Uji Mutu BBM

Kualitas Pertalite Dicibir, Kementerian ESDM Terus Lakukan Uji Mutu BBM

Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan terus melakukan pengawasan mutu bahan bakar minyak (BBM) dengan cara uji sampel dari berbagai Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Hal ini berkaitan adanya keluhan dari masyarakat perihal kualitas BBM jenis pertalite yang dinilai buruk atau di bawah nilai oktan (RON) 90.
 
“Pengukuran mutu BBM dengan cara mengambil sampel dari beberapa SPBU itu masih berjalan terus. Fungsi kita memang melakukan pengawasan mutu,” kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji dalam keterangan resminya, Senin, 17 Oktober 2022.
 
Adapun sampel BBM yang dilakukan uji coba ialah jenis pertalite yang diambil dari beberapa SPBU selanjutnya diuji oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi (Lemigas)





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengujian dilakukan secara teknis terkait standar dan mutu dari pertalite sesuai Keputusan Direktur Jenderal (Kepdirjen) Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) BBM Jenis Bensin RON 90 yang Dipasarkan di Dalam Negeri.
 
“Kita uji di Lemigas dan ada 19 parameter uji. Jadi parameternya banyak dan dari sampel yang diambil di beberapa SPBU, termasuk sampel dari SPBU yang dikeluhkan masyarakat, ternyata semuanya on spec (standar). Tidak ada yang off spec,” klaim Tutuka.
 

 
Tak berhenti di situ, Kementerian ESDM juga melakukan pengujian mutu BBM dari SPBU-SPBU lainnya. Hasil uji ini nantinya akan kembali disampaikan kepada masyarakat.
 
“Masyarakat yang memberikan masukan itu kita dengarkan dan kita cek informasinya, kita validasi. Fungsi kita sebagai pengawasan, tetap kita jalankan. Nanti akan kita sampaikan lagi apa hasil dari sampel yang diambil dari  SPBU-SPBU itu,” kata Dirjen Migas.
 
Sementara itu Kepala Lemigas Direktorat Jenderal Migas  Ariana Soemanto menambahkan, hasil pengujian dari pengujian pertalite di beberapa SPBU ialah tidak ada RON yang di bawah 90.
 
“Semuanya di atas RON 90 yaitu kisaran 90,1 sampai dengan  90,7. Pengujian ini terus dilakukan secara lebih luas lagi ke berbagai SPBU lainnya, jadi lebih masif lagi,” ucapnya.
 
Beberapa waktu silam terdapat isu BBM jenis pertalite menjadi lebih boros pascapenyesuaian harga. Menyikapi hal ini, Pemerintah melakukan pengujian mutu BBM secara teknis dan dinyatakan seluruhnya on-spec.
 
Untuk tahap awal, sampel BBM diambil dari enam SPBU di Jakarta terkait standar dan mutu dari pertalite yaitu SPBU Lenteng Agung, SPBU di Taman Mini (dua SPBU), SPBU Abdul Muis, SPBU di Sunter, dan SPBU di S. Parman. Selanjutnya, pengujian juga diperluas ke SPBU-SPBU lainnya.
 

(HUS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *