KPU Mulai Verifikasi Faktual Partai Bulan Bintang

KPU Mulai Verifikasi Faktual Partai Bulan Bintang

Jakarta: Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU) mulai melakukan verifikasi faktual terhadap Partai Bulan Bintang (PBB). Ini merupakan tahap lanjutan setelah PBB dinyatakan lolos verifikasi administrasi sebagai partai politik calon peserta Pemilu 2024.
 
“Mudah-mudahan proses verifikasi faktual DPP PBB berjalan lancar. Sebab, ini sangat penting, jika DPP PBB dinyatakan memenuhi syarat, maka DPW, DPC di kota atau kabupaten bisa lancar,” kata Yusril saat hadir di verifikasi faktual di DPP PBB, Jakarta, Sabtu, 15 Oktober 2022.
 
Yusril mengatakan sekitar lima tahun pengurus PBB tingkat pusat hingga daerah bekerja keras memperbaiki internal infrastruktur partai. Kerja keras tersebut membuahkan hasil dengan lolosnya PBB di tahap verifikasi administrasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Alhamdulillah hasil kerja keras ini semoga membuahkan hasil dan verifikasi faktual PBB memenuhi syarat sehingga PBB bisa lolos dan jadi peserta Pemilu 2024,” ungkap dia.
 
Komisioner KPU Mochammad Afifuddin mengungkapkan verifikasi faktual meliputi jumlah pengurus, keterwakilan perempuan, domisili kantor, dan kelengkapan administrasi lainnya.
 

“Mengenai alamat kantor PBB sudah kami lakukan verifikasi dan sesuai penggunaan kantor tetap, kelengkapan kantor memenuhi syarat, alat komputasi maupun alat kelengkapan administrasi ada,” kata Afifuddin.
 
Dia mengatakan hasil verifikasi mendapati keterwakilan perempuan di PBB 32,5 persen. Hal ini sudah memenuhi syarat undang-undang pemilu pasal 173 ayat 2. PBB juga sudah memenuhi syarat kepengurusan.
 
“Verifikasi faktual kepengurusan yang memenuhi syarat terdiri atas 3 orang laki-laki di dalamnya ada ketua umum, sekretaris, dan bendahara (KSB) serta 5 perempuan,” jelas Afifuddin.
 
Sementara itu, Sekjen PBB Afriansyah Noor bersyukur karena bisa mengantarkan PBB masuk tahap verifikasi faktual oleh KPU. Wakil Menteri Ketenagakerjaan ini berharap prosesnya berjalan lancar dan dinyatakan memenuhi syarat verifikasi faktual.
 
“Alhamdulillah hari ini (Sabtu) PBB sudah dilakukan verifikasi faktual, saya optimistis PBB memenuhi syarat dan lolos sebagai peserta Pemilu 2024,” ujar Afriansyah.
 

(ADN)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *