Komik: Resolusi 2020, Rencanakan Keuangan, Raih Financial Freedom

Komik: Resolusi 2020, Rencanakan Keuangan, Raih Financial Freedom

tribunwarta.com – Segera rencanakan keuanganmu dan lakukan aksi nyata untuk raih financial freedom dan masa depan keuangan yang lebih sejahtera. Selamat membaca!

Rubrik Finansialku

Selangkah lebih Dekat Jadi Financial Freedom

Tahukah Anda bahwa manusia pandai untuk bermimpi dan berangan-angan? Seperti ilustrasi pada komik di atas, sebetulnya kejadian tersebut terjadi dalam kehidupan kita.

Banyak orang punya impian dan cita-cita tapi hanya di mulut saja. Hati-hati, Anda bisa saja memberikan harapan palsu (PHP) pada diri Anda sendiri.

Punya mimpi meraih financial freedom? STOP PHP diri Anda dan simak ulasan berikut ini!

#1 Tentukan Tujuan Keuangan

Langkah pertama yang harus dilakukan bagi calon peraih financial freedom adalah membuat tujuan keuangan yang jelas dan terukur.

Tahukah Anda bahwa tujuan yang tidak jelas hanya akan menjadi penghambat kesuksesan? Inilah yang seringkali menghambat pencapaian financial freedom, karena mereka tidak memiliki tujuan yang jelas dalam merencanakan keuangan.

Bayangkan saja jika Anda mengikuti sebuah perlombaan, tetapi tidak mengetahui hadiahnya. Hari ini Anda belum punya tujuan keuangan yang jelas?

Sebagai compliment, Finansialku memberikan E-Book Gratis Panduan Perencanaan Keuangan Sesuai Usia yang dapat Anda unduh berikut ini:

    E-Book Gratis Panduan Perencanaan Keuangan untuk Usia 20-an

    E-Book Gratis Panduan Perencanaan Keuangan untuk Usia 30-an

#2 Atur Arus Kas

Anda pastinya sudah tahu bahwa arus kas bisa positif atau negatif. Positif artinya uang masuk, dan negatif berarti uang keluar. Artinya, di sini Anda harus bisa mengendalikan arus kas jika ingin meraih financial freedom.

Gaya hidup yang cenderung konsumtif memungkinkan generasi milenial untuk memiliki arus kas yang negatif.

Apalagi berbagai fasilitas seperti; kartu kredit, Pay Later, voucher diskon, cashback dan lain sebagainya membuat kita lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan.

[Baca Juga: Begini Lho Rahasia dan Strategi Atur Keuangan Hobi Tanpa Menyiksa Kantong]

Mencatat keuangan setiap waktu akan sangat menolong dalam mengatur arus kas dan stick on budget bulanan Anda.

Untuk bisa mengendalikan keuangan, Anda bisa gunakan Aplikasi Finansialku yang bisa membantu Anda dalam melakukan pencatatan keuangan melalui smartphone Anda.

Anda bisa unduh aplikasinya secara gratis di Google PlayStore dan dapatkan free trial-nya selama sebulan penuh.

Nikmati fasilitas berkonsultasi dengan Konsultan Perencana Keuangan bersertifikat hanya dengan berlangganan mode PREMIUM. Dapatkan potongan harga berlangganan lebih ekonomis dengan kode promo: POTONG50RIBU.

#3 Siapkan Dana Darurat

Sesuai namanya, dana darurat merupakan sejumlah dana yang perlu disiapkan untuk menghadapi keadaan yang darurat, dan merupakan sebuah komponen yang wajib dalam rencana keuangan yang solid.

Dana darurat sebaiknya disimpan terpisah dari rekening gaji, rekening kebutuhan sehari-hari maupun tabungan jangka pendek lainnya.

Hal ini bertujuan agar Anda tidak lupa dan menggunakan dana darurat untuk kebutuhan sehari-hari.

Dengan membuat akun bank tabungan dana darurat yang terpisah, persiapan dana darurat kita akan lebih matang karena bank identik dengan tempat penyimpanan uang yang aman.

#4 Miliki Asuransi

Meski Anda sudah punya dana darurat, namun masih banyak risiko yang akan menghantui Anda sepanjang perjalanan menuju financial freedom.

Misalnya saja sakit. Sakit itu mahal, banyak orang yang gagal mencapai financial freedom dan bahkan merasakan kebangkrutan karena sakit.

Di sinilah pentingnya yang namanya perlindungan atau asuransi. Setiap orang perlu asuransi, terutama yang memiliki tanggungan hidup (keluarga atau anak).

Dalam perencanaan keuangan pribadi, asuransi bertujuan memproteksi penghasilan dan rencana keuangan jika sewaktu-waktu seseorang atau anggota keluarganya harus mendapat perawatan di rumah sakit.

#5 Buat Portofolio Investasi

Portofolio investasi adalah gabungan dari beberapa investasi dengan porsi tertentu. Membangun portofolio investasi merupakan langkah krusial dalam berinvestasi.

Sederhananya, tujuan dari portofolio investasi adalah untuk mendiversifikasi risiko investasi serta mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Jika salah membuat portofolio investasi, risiko bisa jadi terlalu tinggi. Ketika menghadapi pasar dalam kondisi yang kurang menguntungkan, investasi Anda bisa hancur.

[Baca Juga: Apa Itu Jasa Konsultasi Perencana Keuangan? Dimana Carinya? Dan Apakah Menguntungkan?]

Di sinilah kunci efektivitas sebuah investasi. Strategi terpenting dalam membangun investasi yang efektif terletak pada pembuatan portofolio investasi yang baik.

Menurut CEO Finansialku, Melvin Mumpuni ST., MBA., CFP., QWP, portofolio investasi yang efektif untuk menuju financial freedom adalah portofolio yang mengutamakan pendapatan cashflow.

Sekali lagi, financial freedom adalah kondisi dimana pendapatan pasif dan pendapatan investasi dapat menutupi kebutuhan Anda.

Cashflow adalah pendapatan yang cair dalam hitungan bulan, sehingga dapat digunakan untuk menutupi pengeluaran bulanan Anda.

Jika Anda hanya mengandalkan capital gain yang cair dalam hitungan tahun, akan sulit untuk menutupi kebutuhan bulanan Anda.

Untuk menambah pengetahuan Anda dalam berinvestasi, Anda dapat mengunduh E-Book Gratis Panduan Berinvestasi dari Finansialku berikut ini:

    E-Book Gratis Panduan Berinvestasi Emas Bagi Pemula

    E-Book Gratis Panduan Berinvestasi Reksa Dana Bagi Pemula

    E-Book Gratis Panduan Berinvestasi Saham Bagi Pemula

Rumus Sederhana Financial Freedom Ala CEO Finansialku

Menurut CEO Finansialku, Melvin Mumpuni ST., MBA., CFP., QWP, rumus untuk meraih financial freedom cukup sederhana yaitu: pendapatan pasif > pengeluaran.

Menurutnya, beberapa hal yang perlu Anda lakukan adalah:

    Kelola keuangan Anda dengan benar: keamanan finansial dan kenyamanan finansial.

    Bangun bisnis sebagai aset, bukan sebagai income.

    Tingkatkan pengetahuan Anda mengenai keuangan. Ketidaktahuan adalah sumber dari masalah keuangan. Anda dapat upgrade pengetahuan Anda dengan kursus online dari Finansialku.

Sudah siap membuat dan menjalankan resolusi Anda di tahun depan untuk menuju Financial Freedom? Apa langkah Anda selanjutnya setelah membaca artikel di atas?

Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang terdapat di bawah ini!

Anda juga dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan! Terima kasih!

Sumber Referensi:

    Darrow Kirkpatrick. 1 Juli 2014. 4 Secrets of Financial Freedom. Time.com – https://goo.gl/zBFLKT

    Admin. Budaya Pamer yang Membuat Strategi Keuangan Kaum Milenial Berantakan. Tribunsolo.com – http://bit.ly/2NcuVtk

    Alana Kakoyiannis. 6 April 2015. Tony Robbins Shares 5 Keys To Getting Rich. Businessinsider.com – http://bit.ly/2KOmYrn

    Bill Carmody. 3 Juli 2015. 7 Simple Steps to Financial Freedom. Inc.com – http://bit.ly/31H97dh

    Harv Eker. The Surprising Difference Between Being Rich & Being Free (And Why They Are NOT The Same Thing). Harveker.com – http://bit.ly/30dmiCj

    Reni Lestari. 27 April 2019. Kiat Mencapai Financial Freedom, Cocok Untuk Milenial. Finansial.bisnis.com – http://bit.ly/33HT6W7

    Asteria Desi Kartika Sari. 18 Agustus 2018. Kapan Merdeka Secara Finansial?. Finansial.bisnis.com – https://bit.ly/2OUVHIW

    Ty Robinson. 9 Oktober 2017. The Top 10 Obstacles Keeping You from Financial Freedom. Medium.com – https://bit.ly/33IXkNs

    Jacob Lumby. 16 Februari 2018. Financial Freedom: What Does it Mean to You? Cashcowcouple.com – https://goo.gl/fUW5VY

Sumber Gambar:

    Rencanakan Keuangan 01 – http://bit.ly/2sgqJAz

    Rencanakan Keuangan 02 – http://bit.ly/2Soe3T4

    Rencanakan Keuangan 03 – http://bit.ly/2MoUt5a

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!