Kolaborasi AlteaCare-Garda Medika Tingkatkan Layanan Pasien Rawat Jalan

Kolaborasi AlteaCare-Garda Medika Tingkatkan Layanan Pasien Rawat Jalan

Kolaborasi AlteaCare-Garda Medika Tingkatkan Layanan Pasien Rawat Jalan

Perkembangan pengguna telemedis sepanjang pandemi COVID-19 bertumbuh sangat tinggi. Kemudahan dan keamanan mendapat akses layanan kesehatan menjadi alasan masyarakat menggunakan layanan kesehatan melalui kanal virtual ini.

Memasuki era transisi endemi di tahun 2022, mengingat kasus COVID-19 tidak setinggi sebelumnya, tren penggunaan telemedis ini tetap tinggi. Mengutip riset Katadata Insight Center, tercatat angka pengguna baru telemedis dalam 6 bulan terakhir tumbuh sampai 44%. Kenyamanan, kemudahan akses dan keamanan menjadi alasan utama para pasien tetap menggunakan layanan ini.

Kemudahan akses kesehatan melalui telemedis sejatinya akan lebih baik jika diiringi kemudahan dalam pembayaran. Konsultasi dokter jarak jauh melalui aplikasi telemedis yang sudah ada saat ini pembayarannya bisa menggunakan e-wallet, transfer dengan akun virtual atau kartu kredit. Kebutuhan masyarakat lebih dimudahkan lagi apabila tersedia pembayaran melalui asuransi.

Untuk itulah AlteaCare dan Garda Medika dari Asuransi Astra berkolaborasi dalam upaya memberikan kemudahan layanan kesehatan bagi masyarakat. “Memasuki era transisi endemi kondisi finansial masyarakat kita masih cenderung belum pulih, namun di lain sisi kesehatan tetap perlu dijaga dari berbagai risiko penyakit, dengan adanya asuransi kesehatan di AlteaCare ini membuat masyarakat merasa menjadi lebih aman dari berbagai risiko kehidupan. Kerja sama ini guna menjawab kebutuhan tersebut,” papar Chief Executive Officer AlteaCare Mikaela Oen.

Tidak hanya penggunaan telemedis yang bertumbuh, kebutuhan akan asuransi pun bertumbuh, bahkan angkanya meningkat tahun ini. Hal ini terlihat dari data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) yang mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan klaim asuransi kesehatan pada Kuartal I/2022 sebesar 28,3% dibanding periode yang sama tahun lalu. Perkembangan ini harus ditangkap dengan kolaborasi yang baik antara pelaku telemedis, asuransi dan rumah sakit demi memberikan layanan kesehatan yang lebih baik pada masyarakat.

Direktur Operasional Asuransi Astra Hendry Yoga memaparkan bahwa kerja sama ini memungkinkan para peserta Garda Medika tetap bisa memanfaatkan benefit rawat jalan yang dimiliki secara cashless (tidak perlu mengeluarkan uang pribadi terlebih dahulu) melalui integrasi antara fitur e-consultation pada aplikasi Garda Mobile Medcare dengan AlteaCare. “Diharapkan kolaborasi ini bisa mewujudkan peace of mind bagi para peserta Garda Medika yang membutuhkan layanan terintegrasi, kemudahan, kenyamanan serta keamanan,” kata Hendry.

Dia menambahkan bahwa kesehatan yang prima penting untuk dijaga di kondisi apapun. Untuk itu Garda Medika hadir untuk memenuhi kebutuhan perlindungan kesehatan dengan biaya memadai dan fleksibilitas layanan serta manfaat perlindungan yang lengkap.

Dengan adanya kerja sama antara AlteaCare dan RS Mitra Keluarga dengan Garda Medika ini, peserta Garda Medika dapat menikmati layanan telemedis via fitur e-consultation pada aplikasi Garda Mobile Medcare yang telah terintegrasi dengan Alteacare, dengan dokter umum dan spesialis di cabang RS Mitra Keluarga (16 cabang) di seluruh Indonesia secara cashless dengan memotong limit benefit Rawat Jalan peserta. Adapun benefit lainnya yang didapat adalah tidak adanya biaya administrasi dan biaya pengiriman obat yang terjangkau. Khusus pada bulan Agustus ini, tersedia promo Rp0 untuk konsultasi dokter.

AlteaCare menampilkan fitur yang user friendly, proses yang mudah hingga pembayaran fleksibel menggunakan virtual account, GoPay atau kartu kredit. Berkat kerja sama ini, peserta Asuransi Astra dapat menggunakan layanan konsultasi dokter AlteaCare via fitur e-consultation pada aplikasi Garda Mobile Medcare, sehingga biaya konsultasi dijamin secara cashless.

“Kami ingin memberikan layanan terpadu bagi seluruh pengguna. Ke depannya AlteaCare membuka kesempatan kerja sama dengan asuransi lain juga perusahaan-perusahaan dengan memberikan fitur yang disesuaikan,” ujar Mikaela.

Fitur yang ditawarkan oleh AlteaCare adalah telemedis klinis dengan dokter umum dan spesialis berpengalaman, analisis kondisi medis pasien, pembelian obat, registrasi vaksin termasuk vaksin COVID-19, pemesanan layanan laboratorium dan tes diagnosa yang semuanya dilakukan secara daring. Selain itu AlteaCare juga menjamin ketersediaan obat bagi para pengguna dengan pembelian obat langsung dari rumah sakit terdekat pasien dan diantarkan langsung ke rumah.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *