Kisah TKW Tak Tamat SD Sukses Jadi Miliarder di Arab Saudi dari Bisnis Katering

Kisah TKW Tak Tamat SD Sukses Jadi Miliarder di Arab Saudi dari Bisnis Katering

tribunwarta.com – JAKARTA, Kisah sukses tenaga kerja wanita (TKW) di Mekah, Arab Saudi bernama Risma ini sangat menginspirasi. Perjuangannya menjadi pengusaha sukses di luar negeri dirintis dari bawah.

Risma menceritakan ke Arab Saudi saat masih kecil. Karena kondisi, dia tidak menamatkan sekolahnya dan ikut orang tua pindah ke Arab Saudi yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi.

“Ke sini waktu kecil. Kelas 5 SD ke Arab Saudi ikut orang tua,” kata dia, dikutip dari YouTube Faiz Slamet.

Di Arab Saudi, dia membantu keluarga dengan jualan kecil-kecilan hingga menjadi pengusaha katering dan camilan yang sukses. Bahkan, penghasilan tertinggi yang pernah didapatnya mencapai 1 miliar riyal.

Perempuan 42 tahun keturunan Madura itu belajar bisnis secara otodidak. Selain bisnis katering masakan Indonesia untuk haji dan umrah, dia juga bisnis camilan khas Nusantara, seperti renginang, kacang telur, kerupuk, peyek, kuping gajah, dan lainnya.

Bahkan camilannya ada di semua toko Indonesia di Arab Saudi. Dia mengungkapkan memulai bisnis camilannya sejak pandemi Covid-19. Itu karena pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara kegiatan haji dan umrah selama pandemi. Bisnis camilan tersebut sampai saat ini masih berlanjut lantaran peminatnya ternyata banyak.

Editor : Jujuk Ernawati

Follow Berita iNews di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!