Kisah Sukses Sri Mulyani Indrawati, Menteri Terbaik Se-Asia Pasifik

Kisah Sukses Sri Mulyani Indrawati, Menteri Terbaik Se-Asia Pasifik

tribunwarta.com – Bangganya Indonesia punya insan yang dikenal dengan prestasi yang luar biasa. Ini dia kisah sukses Sri Mulyani, Menteri Keuangan Indonesia.

Dapat penghargaan dari berbagai lembaga, bahkan sampai kancah Internasional hingga 3 kali berturut-turut.

Simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

Rubrik Finansialku

Masa Kecil & Awal Karier Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani Indrawati lahir di Tanjung Karang – Lampung, pada bulan Agustus 1962. Dia adalah anak ke-7 dari Retno Sriningsih dan Satmoko, di mana keduanya adalah dosen universitas.

Namanya, Sri Mulyani, diambil dari akar kata dalam bahasa Sanskerta dan bahasa Jawa.

Dalam kehidupan akademik, Sri Mulyani lulus dari fakultas di Universitas Indonesia sejak 1986 dan merupakan profesor tamu di Sekolah Studi Kebijakan Andrew Young di Universitas Negeri Georgia, Amerika Serikat (2001-2002).

Sri Mulyani meraih gelar Ph.D. dalam ekonomi (1992) dan M.S. dalam bidang ekonomi (1990) dari University of Illinois, Urbana-Champaign, A.S. dan B.A. di bidang ekonomi (1986) dari Universitas Indonesia.

[Baca Juga: Inilah 10 Ciri Kepemimpinan Visioner atau Visionary Leadership yang Harus Dimiliki Setiap Orang Hebat seperti Anda]

Setelah menyelesaikan pendidikan, Sri Mulyani Indrawati pindah ke Atlanta, Georgia untuk menjadi konsultan di Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat.

Di sini, Sri Mulyani Indrawati bekerja untuk program yang didedikasikan untuk memperkuat otonomi Indonesia.

Beliau juga menjabat sebagai profesor tamu di Sekolah Studi Kebijakan Andrew Young, Universitas Negeri Georgia dan mengajar ekonomi Indonesia.

Pada tahun 2002, Sri Mulyani Indrawati menjadi direktur eksekutif Dana Moneter Internasional, dan mewakili 12 ekonomi Asia Tenggara.

Sebelum membahasnya lebih jauh, apakah Anda sudah punya dana darurat? Belum tahu besaran dana darurat yang harus disiapkan?

Jangan lupa untuk gunakan aplikasi Finansialku dan persiapkan segala dana kebutuhanmu dari persiapan dana membeli barang kebutuhan, persiapan dana liburan, hingga persiapan dana hari tua melalui aplikasi Finansialku.

Yuk segera download aplikasinya sekarang juga aplikasinya melalui Google Play Store atau lakukan registrasi melalui PC.

Tunggu apalagi? Segera praktikkan sekarang juga!

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Sri Mulyani Indrawati – Menteri Keuangan Kebanggaan Indonesia

Sri Mulyani Indrawati adalah seorang ekonom Indonesia yang kini menjabat sebagai Menteri Keuangan negara di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi.

Beliau sempat menjadi Direktur Pelaksana Grup Bank Dunia dan menjadi satu-satunya wanita yang memegang posisi tinggi di perusahaan.

Banyak penghargaan yang telah beliau dapatkan salah satunya pada tahun 2014, Majalah Forbes menempatkannya di antara 50 wanita paling kuat di dunia.

Selain itu, untuk ketiga kalinya secara berturut-turut beliau mendapatkan penghargaan sebagai Menteri Terbaik se-Asia Pasifik dari Finance Asia di tahun 2019.

[Baca Juga: Mau Jadi Orang Sukses? 13 Cara Ini Membuat Anda Mengalami Peningkatan Hidup]

Sri Mulyani Indrawati di Kancah Internasional

Sri Mulyani Indrawati adalah seorang ekonom Indonesia, yang saat ini menjabat sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia, posisi yang dipegangnya sejak Juli 2016.

Ia kembali ke peran ini setelah menjabat sebagai Direktur Pelaksana dan Chief Operating Officer Bank Dunia, di mana dia bertanggung jawab atas operasi Bank di seluruh dunia.

Dalam kapasitas ini, Sri Mulyani Indrawati sering mewakili Kelompok Bank Dunia di G20. Dia juga mengetuai Asosiasi Pembangunan Internasional (IDA) – dana Bank Dunia untuk negara-negara termiskin.

Sri Mulyani Indrawati secara bersamaan mengetuai Komite Pembangunan – sebuah forum tingkat menteri Kelompok Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional untuk pembangunan konsensus antar pemerintah mengenai isu-isu pembangunan.

Mandat Komite adalah untuk memberi nasihat kepada Dewan Gubernur Bank dan IMF (International Monetary Fund) tentang masalah-masalah pembangunan kritis dan sumber daya keuangan yang diperlukan untuk mempromosikan pembangunan ekonomi di negara-negara berkembang.

Sebelum bergabung dengan Bank Dunia pada tahun 2010, Sri Mulyani Indrawati menjabat sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia dari 2005 hingga 2010, selain menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dari 2008 hingga 2009.

Ia juga menjadi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional dari 2004 hingga 2005.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mengurus Keuangan Rumah Tangga dan Membuat Perencanaan Keuangan?]

Pada tahun 2006, Sri Mulyani Indrawati dinobatkan sebagai “Finance Minister of the Year” dari majalah Euromoney dan “Menteri Keuangan Terbaik di Asia” dari Emerging Market Forum.

Di tahun 2018, Sri Mulyani Indrawati memenangkan “Penghargaan Menteri Terbaik” pada Pertemuan Tahunan Keenam KTT Pemerintah Dunia 2018 di Dubai, United Emirates Arab.

Proses pencalonan untuk penghargaan bergengsi ini dilakukan oleh Mitra Pengetahuan KTT “Ernst & Young” berdasarkan pada pendekatan multi-dimensi dan penelitian yang luas untuk memeriksa silang track record kandidat dan sejarah pencapaian dampak tinggi.

Pilihan pemenang “Penghargaan Menteri Terbaik” adalah hasil pemungutan suara dari lima juri global independen dari organisasi sektor publik dan swasta terkenal.

Sri Mulyani Indrawati juga memiliki berbagai pengalaman profesional yang membanggakan termasuk Direktur Eksekutif di Dana Moneter Internasional yang mewakili Brunei Darussalam, Kamboja, Fiji, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Singapura, Thailand, Tonga dan Vietnam dari tahun 2002 hingga 2004.

[Baca Juga: Mewaspadai 3 Masalah Psikologis yang Dapat Merusak Aktivitas Trading Anda dan Diri Anda]

3 Kali Jadi Menteri Terbaik Se-Asia Pasifik Berturut-turut

Baru-baru ini, tepatnya tanggal 2 April 2019 yang lalu, Sri Mulyani Indrawati kembali menorehkan prestasi dan mendapatkan penghargaan sebagai Mengeri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik Tahun 2019 versi Majalah Keuangan Finance Asia.

Ini adalah yang ketiga kalinya semenjak majalah Finance Asia menobatkan Menteri Keuangan kebanggaan Indonesia ini menjadi Menteri Keuangan Terbaik se-Asia Pasifik di tahun 2017 dan 2018.

Dari hasil penuturan FinanceAsia melalui Nufransa Wira Sakti, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Sri Mulyani Indrawati telah berhasil membawa perekonomian Indonesia ke arah yang lebih baik, dengan mencatatkan defisit anggaran terendah dalam enam tahun terakhir pada 2018 (1,7% dari Produk Domestik Bruto).

Keberhasilan Sri Mulyani Indrawati tidak lain karena program Amnesti Pajak yang diluncurkan pada tahun 2016-2017 sehingga beliau berhasil meningkatkan kepatuhan pajak (tax compliance), yang pada akhirnya berhasil meningkatkan penerimaan perpajakan.

Tidak hanya meningkatkan penerimaan perpajakan, Sri Mulyani Indrawati juga mampu membawa Indonesia menjadi negara Asia pertama yang menjual green bonds, surat utang yang digunakan secara spesifik untuk membiayai proyek-proyek untuk iklim dan lingkungan, yang terjual hingga US$1,25 miliar melalui Global Green Sukuk.

Dalam menentukan penilaian atas penghargaan Menteri Keuangan Terbaik se-Asia Pasifik, Finance Asia melakukan penilaian dengan melihat bagaimana para Menteri Keuangan tersebut mengelola keuangan negara dalam kurun waktu satu tahun di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi dan geopolitik global.

[Baca Juga: Mengintip Segudang Bisnis Raffi Ahmad dan Nagita, Ini Rahasianya!]

Berikut ini urutan peringkat Menteri Keuangan se-Asia Pasifik Tahun 2019 menurut Majalah Finance Asia:

    Peringkat Ke-1: Sri Mulyani Indrawati – Indonesia

    Peringkat Ke-2: Carlos Dominguez – Filipina

    Peringkat Ke-3: Heng Swee Keat – Singapura

    Peringkat Ke-4: Josh Frydenberg – Australia

    Peringkat Ke-5: Paul Chan – Hong Kong

    Peringkat Ke-6: Piyush Goyal – India

    Peringkat Ke-7: Liu Kun – China

    Peringkat Ke-8: Hong Nam-Ki – Korea Selatan

    Peringkat Ke-9: Lim Guan Eng – Malaysia

    Peringkat Ke-10: Apisak Tantivorawong – Thailand

    Peringkat Ke-11: Su Jain-Rong – Taiwan

    Peringkat Ke-12: Taro Aso – Jepang

Kehidupan Keluarga Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani Indrawati menikah dengan Tony Sumartono, yang bekerja di Badan Pengembangan Ekspor, dan juga seorang ekonom.

Pasangan ini memiliki tiga anak, seorang putri bernama Dewinta Illinia, dan dua putra bernama Adwin Haryo Indrawan dan Luqman Indra Pambudi.

Dengan keahliannya menangani situasi ekonomi, Sri Mulyani telah Indrawati mengarahkan Asia Tenggara melalui periode krisis keuangan.

Dia adalah salah satu wanita paling kuat di dunia, dan aktif dalam sejumlah kegiatan filantropi juga.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk dapat membanggakan Indonesia melalui keahlianmu seperti Sri Mulyani Indrawati?

Berikan tanggapan dan komentarmu melalui kolom yang tersedia di bawah ini! Bagikan artikel ini kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

Sumber Referensi:

    Admin. Sri Mulyani Indrawati. Financeasia.com – https://bit.ly/2NWj70d

    Admin. Sri Mulyani Indrawati. Bloomberg.com – https://bloom.bg/2XS8Phe

    Admin. Sri Mulyani Indrawati – Minister of Finance, Indonesia. Live.worldbank.org – https://bit.ly/2YXoQ6S

    Admin. Sri Mulyani Indrawati – Minister of Finance, Indonesia. Kemenkeu.go.id – https://bit.ly/32z1aIv

    Admin. Sri Mulyani Indrawati Story. Successstory.com – https://bit.ly/2Skk2pH

    Admin. 5 Maret 2019. Tips Sukses Berkarier ala Sri Mulyani. Smart-money.co – https://bit.ly/30JEEef

    Francis Chan. 12 Februari 2018. Indonesia’s Sri Mulyani receives Best Minister Award at World Government Summit. Straitstimes.com – https://bit.ly/2GYI5IZ

    Rully Ramli. 4 April 2019. Hattrick, Sri Mulyani Jadi Menteri Keuangan Terbaik se-Asia Pasifik. Inews.id – https://bit.ly/30AhaYC

    Fadhly Fauzi Rachman. 4 April 2019. Sri Mulyani Jadi Menkeu Terbaik se-Asia Pasifik Ketiga Kalinya. Finance.detik.com – https://bit.ly/2GfDz65

Sumber Gambar:

    Kisah Sukses Sri Mulyani 1 – http://bit.ly/30h3Dpo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!