Kisah Sukses Iko Uwais, Aktor Indonesia yang Mendunia

Kisah Sukses Iko Uwais, Aktor Indonesia yang Mendunia

tribunwarta.com – Intip kisah sukses Iko Uwais di balik kesuksesan dan ketenarannya yang mendunia, ternyata pernah menjadi pemain bola lho!

Apa lagi ya, fakta menarik dari pria yang dijuluki “Hot Daddy” tersebut? Simak ulasannya dalam artikel Finansialku berikut ini.

Rubrik Finansialku

Mengenal Iko Uwais, Aktor Laga Sejuta Bakat

Iko Uwais adalah nama panggung dari Uwais Qorny, pria kelahiran Jakarta, 12 Februari 1983. Banyak dari kita yang mengenal Iko lewat film-film bioskopnya yang bertema action.

Seperti The Raid (2012), Headshot (2016), hingga Star Wars (2015). Menjadi bintang yang Go Internasional tentunya bukan hal yang mudah.

Dibutuhkan kerja keras dan pengorbanan yang luar biasa tentunya. Mari kita simak perjalanan Iko Uwais.

Kisah Sukses Iko Uwais: Seorang Atlet Sepak Bola

Iko kecil memiliki mimpi menjadi bagian dari Tim Nasional Indonesia. Mimpi itu terus dipupuknya dengan bergabung di Sekolah Sepak Bola Bina Taruna di Rawamangun, Jakarta.

Ternyata, sejak kecil Iko sudah pandai untuk membagi waktu, antara berlatih bola, belajar, dan berlatih silat. Berkat kegigihannya, Iko sempat menjadi pemain di Liga-B klub sepak bola Indonesia.

[Baca Juga: Tengok Gaya Hidup Sederhana Ala Artis Papan Atas Dunia]

Tapi, sayang, mimpi Iko harus terhenti karena klubnya mengalami kebangkrutan. Iko sempat kecewa akan hal itu. Tapi, berkat dukungan keluarga, Iko akhirnya memantapkan niatnya untuk mendalami pencak silat.

Kisah Sukses Iko Uwais: Berawal Dari Pencak Silat

Jika kita melihat penampilan Iko dalam film-filmnya pasti tidak lepas dari adegan bela diri yang membuat kita berdecak kagum. Kemampuan itu tentunya tidak didapatkan secara instan.

Cerita itu berawal saat Iko berumur 10 tahun. Pada masa itu kondisi Jakarta tidak seaman sekarang. Iko berpendapat bahwa salah satu cara untuk dia bisa melindungi diri dan keluarga adalah dengan silat.

[Baca Juga: Kata-Kata Bijak Merry Riana Mimpi Sejuta Dollar yang Menginspirasi Anak Muda]

Iko kecil dengan tekun mempelajari seni bela diri di perguruan milik pamannya. Perguruan yang bernama Tiga Berantai tersebut mengajarkan silat betawi. Ketekunannya membuahkan hasil.

Iko mendapatkan banyak prestasi, salah satunya adalah juara ketiga dalam turnamen pencak silat Ibu kota.

Iko juga menyabet penghargaan terbaik dengan kategori demonstrasi pada Kejuaraan Silat Nasional tahun 2005. Kemenangannya dalam pencak silat membuat Iko mendapatkan hadiah pergi ke banyak negeri.

Kisah Sukses Iko Uwais: Berprofesi Sebagai Sopir

Iko sempat bekerja sebagai seorang sopir di salah satu perusahaan telekomunikasi. Pekerjaan itu dilakoninya selama dua tahun. Dia berpendapat, menjadi seorang sopir adalah pekerjaan dengan tanggung jawab yang besar.

Karena sopir, seorang penumpang bisa sampai ke tujuannya dengan selamat. Tepat saat kontrak kerjanya sebagai sopir habis, Iko mendapat tawaran dari Gareth Evans untuk bermain film.

Takdir ini yang membuka jalannya menjadi seorang aktor film.

Menjadi Aktor Film Hollywood

Gareth Evan adalah sutradara film berkebangsaan Amerika yang pada saat itu tengah menggarap sebuah film dokumenter yang bertema silat di Jakarta.

Sang sutradara berpendapat Iko memiliki karisma, dan pada akhirnya memotivasi Iko untuk ikut bermain dalam film garapannya yang berjudul Merantau.

[Baca Juga: Hedonisme dan Gaya Hidup Konsumtif yang Dapat Merusak Keuangan Anda]

Setelah Merantau, Iko mendapat kesempatan untuk bermain dalam film The Raid, film seni bela diri masih dengan sutradara yang sama yaitu Gareth Evans. Film ini mendapat banyak pujian dari para kritikus film.

Publikasi pertamanya pada tanggal 8 September 2011 di Festival Film Internasional Toronto, yang selanjutnya dirilis di Indonesia, Australia, dan Amerika pada bulan Maret 2012.

Berkat kesuksesannya, Iko pun kebanjiran tawaran film dari Hollywood.

Iko kembali beraksi dalam film-film laga seperti Man of Tai Chi (2013), The Raid 2: Berandal (2014), Star Wars: The Force Awakens (2015), Headshot (2016), Beyond Skyline (2017), Mile 22 (2018), Triple Threat (2019), dan Stuber (2019).

Koreografer Film Laga

Sukses di berbagai film dengan keahlian pencak silatnya, Iko Uwais tak segan-segan membagi ilmunya dengan menjadi koreografer film laga seperti Beyond Skyline, Mile 22 dan Stuber.

Dalam film tersebut Iko menjadi pemeran sekaligus penata perkelahian (koreografer).

Bermain di Serial Netflix

Selain aktif bermain film layar lebar, Iko Uwais juga membintangi serial yang ditayangkan di Netflix. Serial dengan 10 Episode itu berjudul Wu Assassins yang tayang perdana di Netflix pada 8 Agustus 2019 dengan durasi 40-50 menit.

Dalam serial ini Iko beradu akting dengan Byron Man, Li Jun Li, Katherine Winnick, Lawrence Kao, Lewis Tan dan Celia Au.

[Baca Juga: 16 Asuransi Unik yang Dimiliki Oleh Artis dan Atlet di Dunia]

Dalam Wu Assassins, Iko tidak hanya berperan sebagai Kai Jin (tokoh utama dalam serial) saja, melainkan juga sebagai koreografer dan produser eksekutif.

Serial ini mendapat sambutan baik dari penonton, bahkan masuk dalam deretan serial terbaik versi majalah Rolling Stone.

Dalam majalah tersebut, Iko disebut sebagai The next Bruce Lee. Teaser serial tersebut juga diputar di Times Square New York untuk menarik perhatian penonton.

Iko Uwais telah mengharumkan nama bangsa lewat kemampuan aktingnya dalam film-film yang memperkenalkan seni pencak silat, bela diri asal Indonesia kepada dunia.

Iko telah menghidupkan silat di dalam seni perfilman, layaknya yang sudah dilakukan para pendahulunya yaitu Jackie Chan dan Bruce Lee yang terkenal dengan kungfunya dan Steven Seagal dengan Aikidonya.

Dalam wawancara di sebuah acara televisi swasta, Iko mengaku rindu pada ikon bela diri seperti Jackie Chan, Jet Li dan Steven Seagal yang menurut Iko memiliki style masing-masing.

Dia berharap, Indonesia yang memiliki seni pencak silat juga bisa seperti mereka dan nyatanya, Iko sudah membuktikannya.

Dia telah membawa seni pencak silat menjadi kebanggaan Indonesia baik lewat turnamen maupun dunia perfilman.

Kisah Sukses yang Inspiratif

Dari sejarah panjang kesuksesannya, Iko layak dijadikan panutan bagi generasi setelahnya agar tidak mudah berputus asa.

Karena seperti kesuksesan yang diraih Iko dalam bidang seni, tentunya akan berbeda cerita jika perusahaan tempat Iko bermain bola tidak mengalami kebangkrutan.

Mungkin kita tidak akan mengenal Iko sebagai aktor pencak silat yang mendunia, melainkan seorang pemain sepak bola terkenal dunia.

Karena Iko Uwais memiliki kegigihan untuk berjuang di mana terdapat kesempatan bagus bagi dirinya, tentunya bukan tidak mungkin hal tersebut terjadi.

Ada harga yang harus dibayar untuk sebuah kesuksesan, dan Iko telah membayar itu lewat jerih payahnya.

Dari Iko Uwais, kita belajar bahwa tidak ada hasil yang mengkhianati usaha.

Karena itulah, jangan lupa membagikan artikel penting yang inspiratif ini pada para pemuda agar semakin terpacu untuk meningkatkan kualitas diri, terima kasih.

Sumber Referensi:

    Ulfa Sekar. 26 Agustus 2018. Mantan Sopir, Aktor Ini Sukses Jadi Bintang Hollywood. Moneysmart.id – http://bit.ly/2k5135N

    Dany. 2018. Perjalanan Hidup Iko Uwais, Dari Sopir Biasa Hingga Bergelimang Rupiah Sebagai Aktor Laga. Boombastis.com – http://bit.ly/2lFPCC3

    Admin. 6 Mei 2019. Kisah Sukses Iko Uwais, Jadi Aktor Dunia Berkat Pencak Silat. Informasiana.com – http://bit.ly/2k3Dn1G

    Wink. 22 Desember 2017. Biografi Iko Uwais – Dari Supir Truk Hingga Menjadi Aktor Laga Holywood. Biografiku.com – http://bit.ly/2k95AUY

Sumber Gambar:

    Iko Uwais 01 – http://bit.ly/2kyPN1S

    Iko Uwais 02 – http://bit.ly/2kaIf5m

    Iko Uwais 03 – http://bit.ly/2lJTF01

    Iko Uwais 04 – http://bit.ly/2kyaMSr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!