Kisah Aki Uko, Dulu Jualan Pisang Kini Sukses Miliki Ratusan Unit Bus

Kisah Aki Uko, Dulu Jualan Pisang Kini Sukses Miliki Ratusan Unit Bus

tribunwarta.com – JAKARTA, Pengusaha bus di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, yang akrab disapa Aki Uko, membagikan kisahnya saat awal mendirikan usahanya.

Dihimpun dari channel YouTube Bus Sukabumi Bogor, Jumat (9/12/2022), nama yang disematkan pada bisnis tersebut, yaitu Bus Bersama Kosub. Kosub merupakan akronim dari Koperasi Usaha Bersama yang membawahi perusahaan bus milik Aki Uko.

Bus Bersama Kosub identik dengan gambar pisang yang melekat di beberapa bagian sisi bus, rupanya hal tersebut bukan sembarang disematkan, namun ada kisah dibaliknya. Berikut ulasannya.

Aki Uko menceritakan filosofi gambar pisang yang disematkan di beberapa bagian bus miliknya, yang akhirnya menjadi ikon Bus Bersama Kosub.

Dia mengatakan bahwa gambar pisang tersebut sengaja ia taruh sebagai ciri khas selain itu, gambar pisang tersebut menjadi saksi perjuangannya dahulu sebelum meraih kesuksesan. Ia menyebut bahwa dirinya dulu sempat bekerja sebagai pedagang pisang.

“Kita dulu kan jualan pisang. Namanya di pasar kita kan pisang tiap hari ambil dari orang bayarnya tuh baru 3 bulan baru dapat uang akhirnya kan kesulitan keuangan,” kata Aki Uko.

Dia menjelaskan, kesulitan ekonomi yang mendorong dirinya untuk mencari cara agar bisa mendapatkan uang tanpa harus menunggu waktu yang lama.

“Akhirnya cari cara gimana caranya biar bisa dapet uang yang langsung,” cerita Aki Uko.

Karena modal awal yang dimilikinya tidak banyak, pemilik pun kemudian menginisiasi untuk membuka koperasi usaha bersama. Hingga pada tahun 1965 PO Bersama Kosub pertama memiliki 1 unit bus jurusan Jakarta yang didapatkan dari hasil lelang.

Untuk bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat, Saat ini PO Bersama Kosub berfokus pada layanan pariwisata, sedangkan untuk bus reguler, hanya tinggal dua rute yang dilayani oleh PO Bersama Kosub.

Editor : Jeanny Aipassa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *