Kiat Ampuh Mencari Promo Asuransi Perjalanan yang Tepat

Kiat Ampuh Mencari Promo Asuransi Perjalanan yang Tepat

tribunwarta.com – Asuransi perjalanan adalah sebuah perlindungan yang tidak boleh dilewatkan, terutama ketika melakukan perjalanan liburan. Mau cari promo asuransi perjalanan?

Artikel ini akan memberikan Anda kiat-kiat mencari asuransi perjalanan dengan harga yang bersahabat.

Rubrik Finansialku

Asuransi Perjalanan

Bagi Anda yang sering melakukan perjalanan, baik untuk urusan bisnis maupun wisata, sebaiknya Anda memiliki perlindungan yang menjaga Anda dari risiko kerugian selama perjalanan.

Risiko kerugian seperti kehilangan bagasi, keterlambatan penerbangan hingga kecelakaan selama bepergian tentu akan merusak perjalanan serta memberikan kerugian yang signifikan.

[Baca Juga: Sebelum Liburan, Ketahui Dulu Cara Mengajukan Asuransi Perjalanan]

Walaupun tidak wajib, tetapi asuransi perjalanan bertindak sebagai perlindungan, dan cukup penting bagi Anda yang sering bepergian.

Bahkan telah ada beberapa negara yang mewajibkan kepada para wisatawan asing untuk memiliki asuransi perjalanan.

Secara umum, perlindungan yang diberikan oleh asuransi perjalanan adalah:

    Risiko kecelakaan

    Risiko kecelakaan di dalam pesawat terbang

    Penggantian biaya pengobatan darurat

    Pemulangan jenazah

    Perlindungan bagasi dan barang pribadi

    Dan lainnya

Perlindungan ini ada yang diberikan dalam bentuk penggantian uang yang hangus akibat risiko yang terjadi. Selain itu, asuransi perjalanan ada yang juga diberikan dalam bentuk fasilitas bantuan kesehatan 24 jam di seluruh dunia.

Asuransi Perjalanan di Indonesia

Di Indonesia sendiri, telah banyak produk asuransi perjalanan yang beragam dengan manfaat yang ditawarkan pun berbeda. Beberapa di antaranya adalah:

    Asuransi Perjalanan ACA

    Asuransi Perjalanan AXAs

    Asuransi Perjalanan Zurich

    Asuransi Perjalanan AIG

    Asuransi Perjalanan Chubb

    Asuransi Perjalanan Travellin Adira

    Dan lainnya

Produk asuransi perjalanan yang ditawarkan di atas sangat beragam dan berbeda. Berikut adalah beberapa jenis asuransi perjalanan yang ada di Indonesia.

Berdasarkan Jumlah Perjalanan yang Dilakukan

Terdapat 2 jenis asuransi perjalanan berdasarkan jumlah perjalanan yang akan dilakukan, yaitu single trip insurance dan annual travel insurance.

Single trip insurance adalah asuransi yang menyediakan perlindungan untuk Anda yang tidak rutin melakukan perjalanan. Sedangkan annual trip insurance adalah asuransi bagi Anda yang sering melakukan perjalanan.

[Baca Juga: Cari Asuransi Perjalanan ke Eropa Terbaik? Temukan Jawabannya Di Sini]

Berdasarkan Jumlah Orang yang Ditanggung

Berdasarkan jumlah orang yang ditanggung, asuransi perjalanan dapat dibagi menjadi individual travel insurance dan group travel insurance.

Sesuai dengan namanya, asuransi perjalanan yang pertama memberikan perlindungan untuk satu orang dalam satu polis.

Sedangkan yang kedua memberikan perlindungan untuk sejumlah orang sesuai dengan ketentuan polis. Biasanya asuransi ini digunakan oleh perusahaan atau keluarga.

Berdasarkan Tujuan Melakukan Perjalanan

Asuransi perjalanan dapat dibagi menjadi asuransi perjalanan bisnis atau asuransi perjalanan travelling.

Masing-masing asuransi perjalanan ini menawarkan perlindungan yang berbeda yang disesuaikan dengan tujuan perjalanan tersebut.

[Baca Juga: Kenali Dulu Asuransi Perjalanan Chubb Sebelum Pergi Jalan-jalan]

Berdasarkan Destinasi Perjalanan

Asuransi perjalanan dapat dibagi menjadi asuransi perjalanan domestik dan asuransi perjalanan internasional.

Asuransi perjalanan domestik berarti asuransi yang hanya memberikan perlindungan bagi Anda yang melakukan perjalanan dalam kota.

Di sisi lain, asuransi perjalanan internasional berarti asuransi perjalanan yang diberikan untuk Anda yang melakukan perjalanan ke luar negeri.

Asuransi Perjalanan Khusus

Ada pula asuransi perjalanan yang diberikan khusus misalnya untuk para mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya ke luar negeri (student assist).

Ada pula asuransi perjalanan yang ditawarkan bagi orang-orang yang ingin melakukan ibadah haji dan Umrah.

Apakah Anda akan melakukan perjalanan liburan? Jika ya, Anda bisa menggunakan Aplikasi Finansialku loh untuk merencanakannya!

Kamu bisa tonton video langkah-langkah untuk menghitung dana rencana perjalanan atau liburan melalui channel Youtube Finansialku berikut ini:

Kiat Ampuh Mencari Promo Asuransi Perjalanan yang Tepat

Di bawah ini adalah beberapa cara untuk mencari promo asuransi perjalanan. Cara ini dapat dilakukan dengan mudah dan darimana saja. Tidak ada salahnya untuk mencoba cara-cara di bawah ini.

#1 Beli Asuransi Perjalanan dari Platform Jual Beli Online

Banyaknya platform jual beli online di Indonesia, dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan promo asuransi perjalanan. Biasanya pada platform ini, layanan digital juga disediakan.

Layanan digital yang disediakan salah satunya adalah asuransi perjalanan.

Tidak sedikit platform yang mengadakan promosi seperti potongan premi, cashback langsung atau penambahan poin jika Anda membeli produk asuransi perjalanan melalui situs tersebut.

Jangan bosan mengecek satu-satu situs jual beli dan cari asuransi perjalanan yang sedang bekerja sama dengan situs tersebut. Ingatlah untuk membeli dari situs online yang terpercaya.

#2 Manfaatkan Agen Asuransi Online

Terdapat banyak sekali agen asuransi online yang menawarkan berbagai produk asuransi perjalanan. Biasanya situs tersebut memberikan Anda kesempatan untuk langsung membandingkan beberapa produk sekaligus.

[Baca Juga: Mau Keluar Negeri, Pakai Asuransi Perjalanan Cashless Atau Reimburse?]

Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui produk mana yang memiliki promosi dan harga yang paling sesuai. Selain itu, situs tersebut biasanya juga turut serta memberikan informasi mengenai jenis-jenis dan manfaat asuransi.

Salah satu cara untuk mencari situs yang baik adalah carilah situs yang telah bekerja sama dengan banyak perusahaan asuransi. Ini menunjukkan situs tersebut memiliki reputasi yang cukup baik.

#3 Pahami Produk Asuransi dengan Baik

Sebuah produk asuransi akan berguna dan bermanfaat apabila Anda memahami produk tersebut dengan baik, sama halnya dengan asuransi perjalanan. Pada asuransi perjalanan terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih.

Waktu Perlindungan

Asuransi perjalanan biasanya memberikan perlindungan dalam kurun waktu yang cukup singkat dan tertentu. Idealnya, Anda harus memilih asuransi perjalanan yang lamanya sesuai dengan waktu perjalanan.

Jangan sampai Anda membayar premi melebihi masa perjalanan.

Luas perlindungan

Anda harus memastikan risiko apa saja yang dapat dilindungi oleh asuransi perjalanan. Biasanya ada beberapa risiko, seperti risiko yang ekstrim, di mana perusahaan asuransi akan menetapkan premi tambahan.

Cakupan Perlindungan

Ada asuransi perjalanan yang hanya berlaku untuk negara Asia, ada yang pula yang hanya berlaku dalam skala nasional.

Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa asuransi perjalanan yang Anda beli sesuai dengan destinasi perjalanan Anda.

#4 Selalu Bandingkan Beberapa Produk

Untuk dapat mendapatkan promo asuransi yang paling baik, Anda harus membandingkan beberapa produk asuransi perjalanan. Salah satunya adalah dengan menggunakan cara di atas yaitu dengan menggunakan situs online.

Cara kedua adalah dengan menghubungi agen asuransi perjalanan langsung. Anda pun dapat menanyakan informasi dengan lebih jelas sehingga Anda lebih memahami apa saja yang menjadi cakupan perlindungan asuransi tersebut.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Sesuaikan Asuransi Perjalanan dengan Kebutuhan

Selain memanfaatkan promo dengan tepat, Anda harus membeli asuransi perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan.

Dengan cara ini, Anda dapat memaksimalkan perlindungan yang ditawarkan oleh asuransi perjalanan tersebut.

Millennials, Apakah Anda perlu asuransi? Anda bisa mendengarkan podcast dari CEO Finansialku berikut untuk mengetahui hal tersebut:

Setelah membaca artikel ini, diharapkan Anda lebih mengerti mengenai pentingnya memiliki asuransi perjalanan.

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat. Bagi Anda yang memiliki pertanyaan lebih lanjut, tuliskan di kolom komentar bawah ini.

Sumber Gambar:

    Asuransi Perjalanan – http://bit.ly/2Na4bLt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *