Kesehatan Keuangan yang Baik Mulai Dari Catatan Keuangan

tribunwarta.com – Bagi sebagian besar orang, membuat catatan keuangan bukanlah hal yang penting. Bisa jadi karena malas, ribet, atau takut disebut perhitungan. Padahal banyak manfaatnya jika kamu rajin mencatat pengeluaran harian lho.

Simak pembahasannya berikut ini!

Kebiasaan Baik Membuat Catatan Keuangan

Kamu termasuk orang yang rajin membuat catatan keuangan? Atau malah sebaliknya?

Beruntunglah jika kamu sudah menerapkan kebiasaan baik ini, karena masih banyak diantara kita yang menganggap sepele bahkan bertanya-tanya. Seberapa penting membuat catatan keuangan?

Jawabannya adalah penting. Contoh sederhananya, sering kali kita tidak menyadari telah menghabiskan sejumlah uang untuk barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Apalagi di zaman one-click shopping ini, sangat mudah untuk terjebak pada kebiasaan belanja impulsif. Alhasil pengeluaran tak terkontrol dan cashflow keuangan pun tidak sehat.

Walaupun kamu termasuk orang bergaji besar, uang akan cepat habis jika belum bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Apalagi yang bergaji pas-pasan, kesehatan finansial di masa depan akan teracam nih.

Karena itulah, salah satu solusinya membuat catatan keuangan supaya memudahkan kamu untuk melakukan pengecekan dan analisis kebiasaan belanja. Ini juga bisa menentukan pos pengeluaran apa saja yang masih bisa diefektifkan.

Inilah Manfaat Catatan Keuangan

Memiliki rencana keuangan yang matang bisa mempermudah kamu mencapai tujuan-tujuan di masa depan. Salah satunya dengan membuat catatan keuangan.

Jangan lagi berpikir hal ini hanya akan membuang-buang waktumu saja, karena ada beragam manfaat yang bisa kamu rasakan ketika membuat catatan keuangan. Penasaran? Berikut manfaatnya!

#1 Memahami Pola dan Detail Pengeluaran

Jika kamu rajin mencatat baik itu uang keluar atau masuk, maka dengan mudah kamu bisa mengecek pengeluaran untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu, termasuk pengeluaran tak terduga.

#2 Lebih Mudah Menetapkan Skala Prioritas

Sudah tahu kan pengeluaranmu untuk kebutuhan apa saja? Selanjutnya, kamu bisa menetapkan skala prioritas dengan mengurutkan kebutuhan yang sifatnya harus diutamakan hingga kebutuhan yang masih bisa ditunda.

#3 Memiliki Rencana Keuangan Masa Depan

Manfaat selanjutnya adalah mendorong kamu untuk membuat rencana keuangan jangka panjang.

Setelah tahu besar gaji dan jumlah pengeluaran, kamu mungkin akan mulai berhati-hati menggunakan uang dan mulai menyusun anggaran untuk beberapa bulan/tahun ke depan.

[Baca Juga: Catat! 11 Tips Jitu Kelola Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil]

#4 Pola Pengeluaran Stabil

Jika kegiatan ini telah menjadi kebiasaanmu saat ini, maka kamu bisa belajar menerapkan pola pengeluaran dengan stabil. Dari pencatatan dan perencanaan keuangan yang kamu susun, itulah pegangan atau acuanmu dalam mengontrol pengeluaran.

#5 Mendorong Hidup Hemat

Percaya atau tidak, ketika kamu melakukan pencatatan keuangan dengan baik maka bisa jadi rem sekaligus reminder lho. Pasalnya, kamu akan ingat hal-hal apa saja yang bisa membuat pengeluaran membengkak.

Nantinya, kamu pun lebih bisa mengontrol diri untuk mengurangi pengeluaran yang tidak penting. Dari sinilah, kamu pun mulai belajar hidup hemat.

Catat Keuangan di Aplikasi Finansialku

Setelah tahu manfaat membuat catatan keuangan, masihkah ragu untuk membuatnya sekarang juga? Jangan bilang alasannya klasik, seperti “malas”, “lupa”, “ribet” dan “tidak punya waktu”.

Sedikit info, nih, saya pribadi sudah terbiasa untuk melakukan ini sejak kecil yang sampai sekarang masih dilakukan.

Kalau dulu saya masih bawa buku catatan ke mana-mana, sekarang jauh lebih gampang dengan memanfaatkan aplikasi di smartphone yaitu Aplikasi Finansialku yang bisa juga kamu download di Google Play Store atau Apple Apps Store.

Mau tahu caranya?

    Buka aplikasi Finansialku, kemudian pilih menu “Catatan Keuangan”.

    Pilih kolom ‘Bulan Ini’ dan klik ikon “+” di bagian kanan atas.

    Masukan data yang diperlukan:

    Nominal: Berisi Jumlah Transaksi
    Kategori: Berisi kategori transaksi
    Akun: Berisi Akun asal transaksi
    Tanggal: Berisi tanggal transaksi
    Keterangan: Berisi keterangan transaksi

    Nominal: Berisi Jumlah Transaksi

    Kategori: Berisi kategori transaksi

    Akun: Berisi Akun asal transaksi

    Tanggal: Berisi tanggal transaksi

    Keterangan: Berisi keterangan transaksi

    Nominal: Berisi Jumlah Transaksi

    Kategori: Berisi kategori transaksi

    Akun: Berisi Akun asal transaksi

    Tanggal: Berisi tanggal transaksi

    Keterangan: Berisi keterangan transaksi

    Klik ‘Simpan” untuk menyimpan data keuangan tersebut.

Gampang bukan?

Selain melakukan pencatatan keuangan, Aplikasi Finansialku sebagai aplikasi berbasis website ini juga memiliki beberapa fitur lainnya, yaitu:

    Membuat anggaran

    Merencanakan keuangan

    Memantau kinerja investasi

    Mengecek kesehatan keuangan

    Live chat dengan perencana keuangan

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Yuk, Buat Catatan Keuangan Sekarang Juga

Tidak ada kata terlambat untuk berubah ke arah yang lebih baik, termasuk dalam hal mengatur keuangan. Saatnya kamu menata rencana keuanganmu yang lebih matang untuk mengejar tujuan yang diinginkan.

Mulailah dengan melakukannya sekarang juga. Yuk, catat keuanganmu dengan Aplikasi Finansialku dan wujudkan kesehatan keuangan yang ideal.

Guys, selain tidak mencatat keuangan, ternyata ada 3 kesalahan lain yang sering dilakukan oleh orang sehingga resolusi keuangannya tidak tercapai. Coba deh cek video berikut ini:

Apakah kamu punya pertanyaan seputar topik ini? Tulis pertanyaanmu di kolom komentar ya. Jika artikel ini dirasa bermanfaat, jangan lupa bagikan kepada teman-temanmu. Terima kasih.

Sumber Referensi:

    Audrey Gabriella. 23 November 2017. Ini 5 Manfaat Pentingnya Mencatat Pengeluaran Harian. Swara.tunaiku.com- http://bit.ly/38vZH7C

Sumber Gambar:

    Gambar 1 – https://bit.ly/2U3uGUS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *