Kepemimpinan Presiden Masuk 50 Tokoh Muslim Berpengaruh Di Dunia

Kepemimpinan Presiden Masuk 50 Tokoh Muslim Berpengaruh Di Dunia

tribunwarta.com – Diakui dunia internasional! Bangganya kepemimpinan presiden kita masuk dalam daftar 50 tokoh muslim berpengaruh di dunia.

Simak pemaparannya melalui rubrik Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

Rubrik Finansialku

Presiden Jokowi Masuk Daftar 50 Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia

Dilansir dari laman themuslim500.com, Presiden Joko Widodo kembali masuk dalam daftar 50 besar tokoh muslim berpengaruh di dunia. Hal ini berdasarkan pada sikap dan gaya kepemimpinan presiden yang tetap dipertahankannya.

Ini juga merupakan kesekian kalinya di mana nama Presiden Republik Indonesia asal Solo yang kerap blusukan ini masuk sebagai salah satu yang namanya disebutkan sebagai 50 muslim berpengaruh dunia di mana pada tahun sebelumnya, beliau berada dalam urutan ke 16.

Namun di tahun 2020 mendatang, posisi beliau naik 3 peringkat menjadi urutan yang ke 13.

Sejak 6 tahun silam, nama Joko Widodo memang sudah terpampang dalam daftar tokoh muslim berpengaruh di dunia sejak Buku The Muslim 500 edisi 2014/15 dan edisi 2016 di mana beliau masuk dalam peringkat ke 11 dan sempat turun ke urutan 13 di tahun 2017.

Dikutip dari Liputan6.com, survei ini dilakukan Pusat Studi Islam Strategis Kerajaan Yordania untuk edisi 2020 mendatang.

Sesuai judul dari survei ini, ada lima ratus nama yang masuk dalam survei deretan muslim berpengaruh di dunia yang diterbitkan oleh Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC), lembaga riset independen yang terafiliasi dengan Institut Aal Al Bayt Kerajaan untuk Pemikiran Islam, yang bermarkas di Amman, Yordania.

Dalam daftar tersebut, seperti biasa 50 tokoh muslim teratas yang dianggap paling berpengaruh dipilah secara khusus.

The Muslim 500 memfokuskan nominasi pada pengaruh si tokoh, baik terhadap dunia Islam, maupun komunitas non-Islam.

Menurut situs resmi lembaga themuslim500.com, pengumuman nama-nama para tokoh ini dilakukan untuk melihat seberapa besar pengaruh seseorang Muslim terhadap komunitasnya.

Seperti dalam daftar di tahun sebelumnya, daftar 50 tokoh Islam yang paling berpengaruh juga masih didominasi para ulama dan kepala negara.

[Baca Juga: Inilah Rahasia-rahasia seorang Miliarder Wirausaha untuk Mencapai Kekayaan]

Di dalam publikasi The Muslim 500 yang dilansir dari Kompas.com, Presiden Jokowi merupakan pemimpin pertama yang bukan berasal dari militer atau dinasti politik.

Beliau datang dari keluarga bersahaja keturunan Jawa. Sang ayah merupakan pengusaha furnitur kecil, di mana seringkali tak bisa memenuhi kebutuhan keluarga.

Disebutkan di sana Jokowi merupakan Wali Kota Solo yang begitu dekat dengan warganya. Beliau fokus mempopulerkan Solo sebagai pusat kebudayaan Jawa.

Namun, beliau juga gencar mengembangkan sistem transportasi publik, layanan kesehatan, dan iklim usaha yang sesuai dengan warganya.

Presiden berusia 58 tahun itu disebut adalah sosok politisi “bersih”, di mana menghindari korupsi serta nepotisme yang menjangkiti kalangan politisi.

Setelah itu karir politiknya menanjak sebagai Gubernur DKI Jakarta, sebelum dicalonkan sebagai calon presiden dari PDI Perjuangan.

Tidak heran jika kepemimpinan presiden kita ini patut diacungi jempol.

Selama berkampanye, beliau mempertahankan “Tradisi Blusukan”, yakni terjun dan mendengarkan langsung apa yang menjadi keluhan rakyat.

Pendekatan ini membuatnya mengerti apa yang menjadi saran serta kritikan dari masyarakatnya, dan menikmati relasi kuat dengan publik.

Dalam pemilu April lalu, Jokowi yang menggandeng Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) terpilih dengan meraup 55,5 persen suara.

Kini Joko Widodo pun tetap mengembangkan sosoknya dengan mempertahankan gaya kepemimpinan presiden miliknya.

“Pluralisme adalah bagian DNA Indonesia. Meski banyak tantangan, Islam di Indonesia merupakan kekuatan moderasi,” ujar Jokowi yang dikutip oleh The Muslim 500.

[Baca Juga: Bagaimana Struktur Organisasi dalam Manajemen Sumber Daya Manusia Internasional?]

Sebelum membahasnya lebih jauh, yuk atur arus kas Anda dengan rapi, teratur dan tidak ribet dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini dapat memudahkan Anda dalam pencatatan pendapatan, alokasi pengeluaran, anggaran bulanan, persiapan dana seperti liburan, membeli barang atau pernikahan, dan berbagai fitur lainnya yang membuat pencatatan finansial Anda semakin baik.

Anda bisa men-download aplikasi Finansialku melalui Google Play Store atau lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PC.

Dapatkan potongan harga berlangganan hingga Rp50.000 dengan kode promo: POTONG50RIBU untuk menjadi member Premium selama satu tahun agar Anda bisa berkonsultasi tanpa batas dengan Konsultan Keuangan Bersertifikat dari Finansialku.

Perlu Anda ketahui bahwa biasanya ada tarif tertentu yang dibebankan jika Anda melakukan konsultasi keuangan kepada ahlinya.

Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini sembari melakukan perencanaan keuangan dengan baik yang tentu saja bisa membantu Anda untuk segera mencapai kebebasan keuangan.

Nah, jika ingin jauh lebih memahami mengenai perencanaan keuangan, dapatkan pengetahuannya melalui buku yang telah ditulis oleh CEO sekaligus CFP ternama dari Finansialku.

Ingin memiliki bukunya? Jangan lupa klik di bawah ini ya!

The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC

Penyelenggara daftar 500 tokoh muslim berpengaruh di dunia itu adalah Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC).

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC merupakan lembaga riset independen yang terafiliasi dengan Institut Aal Al Bayt Kerajaan untuk Pemikiran Islam, yang berkedudukan di Amman, Yordania.

Dalam pemilihannya, The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC menyatakan pemilihan orang dalam publikasi daftar 500 tokoh muslim berpengaruh ini bukan berarti dalam rangka mendukung pandangan mereka.

RISCC hanya mengukur sejauh mana pengaruh dari orang-orang tersebut.

[Baca Juga: Investasi dan Peluang Usaha Harus Disiasati Meskipun Rupiah Melemah, Begini Caranya!]

Dilansir dari Detiknews, pengaruhnya disebut bisa datang dari seorang cendikiawan yang secara langsung berbicara mengenai masalah keumatan dan mempengaruhi keyakinan, gagasan, dan perilaku.

Bisa juga datang dari penguasa yang membentuk faktor-faktor sosial ekonomi atau dari para seniman yang membentuk budaya populer.

The Muslim 500 ini memilih tokoh Muslim dari berbagai kategori, yaitu keilmuwan, politik, administrasi urusan agama, penceramah dan pembimbing spritual, filantropi, isu-isu sosial, bisnis, sains dan teknologi, seni dan budaya, qari Alquran, selebriti dan bintan olahraga serta ekstrimis.

Selain itu, The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC juga membagi para tokoh itu ke dalam beberapa kategori yakni penguasa dan politikus, cendikiawan dan penceramah serta isu-isu sosial, seni, budaya dan olahraga.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Daftar 50 Muslim Berpengaruh di Dunia

Nah, berikut ini ialah daftar 50 muslim berpengaruh di dunia yang diambil dari Themuslim500.com. Salah satunya ialah kepemimpinan presiden yang menduduki posisi ke-13. Mulai dari:

    Justice Sheikh Muhammad Taqi Usmani – Pemimpin Sarjana dan Deobandi

    Grand Ayatollah Haji Sayyid Ali Khamenei – Pemimpin Tertinggi Republik Islam Iran

    General Sheikh Mohammed bin Zayed Al-Nahya – Putra Mahkota Abu Dhabi dan Wakil Komandan Su-preme dari Angkatan Bersenjata UEA

    King Salman bin Abdul-Aziz Al-Saud – Raja Arab Saudi Penjaga Dua Masjid Suci

    King Abdullah II Ibn Al-Hussein – Raja Hashemite Kerajaan Yordania, Penjaga Situs Suci di Yerusalem

    President Recep Tayyip Erdogan – Presiden Republik Turki

    King Mohammed VI – Raja Maroko

    Grand Ayatollah Sayyid Ali Hussein Sistani – Marja dari Hawza, Najaf, Irak

    Sheikh Al-Habib Umar bin Hafiz – Sarjana dan Direktur Dar Al Mustafa, Tarim, Yaman

    Sultan Qaboos bin Sa’id Al-Sa’id – Sultan Oman

[Baca Juga: Para Karyawan, Ini Caranya Memperlihatkan Potensi Kepemimpinan di Kantor]

    Sheikh Salman Al-Ouda – Cendekiawan dan Pengkhotbah

    Emir Sheikh Tamim bin Hamid Al-Thani – Emir Qatar

    President Joko Widodo – Presiden Indonesia

    Sheikh Dr Ahmad Muhammad Al-Tayyeb – Syekh Agung Universitas Al-Azhar, Imam Besar Masjid Al-Azhar

    Sheikh Abdullah bin Bayyah – Cendekiawan dan Presiden Forum untuk Perdamaian yang Berpihak pada Masyarakat Muslim

    Imran Khan – Perdana Menteri Pakistan

    President Muhammadu Buhari – Presiden Nigeria

    Sheikh Dr Ali Gomaa – Mantan Mufti Besar Republik Arab Mesir

    Professor KH Said Aqil Siradj – Ketua Nahdlatul Ulama Indonesia

    Amirul Mu’minin Sheikh As-Sultan Muhammadu Sa’adu Abubakar III – Sultan Sokoto

    Seyyed Hasan Nasrallah – Sekretaris Jenderal Hizbullah

    Sheikh Habib ‘Ali Zain Al Abideen Al-Jifri – Pengkhotbah dan Direktur Jenderal Tabah

    Sheikh Hamza Yusuf Hanso – Guru dan Rekan Pendiri Zaytuna College

    Crown Prince Muhammad bin Salman bin Abdul-Aziz Al-Saud – Putra Mahkota dari Arab Saudi

    Sheikh Ahmad Tijani bin Ali Cisse – Pemimpin Ordo Sufi Tijaniyya

    Sheikh Abdul-Aziz ibn Abdullah Aal Al-Sheikh – Mufti Besar Kerajaan Arab Saudi

    Sheikha Munira Qubeys – Pemimpin Qubeysi

    Maulana Mahmood Madani – Pemimpin dan Anggota Eksekutif Jamiat Ulema-e-Hind, India

    Sheikh Mustafa Hosny – Pengkhotbah

    Sheikh Usama Al-Sayyid Al-Azhari – Cendekiawan

[Baca Juga: Apa Itu Jasa Konsultasi Perencana Keuangan? Dimana Carinya? Dan Apakah Menguntungkan?]

    Shah Karim Al-Hussayni – Aga Khan IV, Imam ke-49 dari Ismaili Muslims

    Sheikh Dr Yusuf Al-Qaradawi – Kepala Persatuan Cendekiawan Muslim Internasional

    Habib Luthfi bin Yahya – Pengkhotbah

    Sheikh Abdul-Malik Al-Houthi – Pemimpin Houthi

    Sheikh Mahmud Effendi – Cendekiawan dan Pengkhotbah

    Maulana Tariq Jameel – Cendekiawan dan Pengkhotbah

    Sheikh Moez Masoud – Pengkhotbah dan Televangelist

    President Halimah Yacob – Presiden Singapura

    Sheikh Rached Ghannouchi – Politisi Tunisia

    Sheikh Muhammad Al-Yaqoubi – Cendekiawan

    Professor Seyyed Hossein Nasr – Filsuf dan Profesor Universitas

    Mahathir Mohamad – Perdana Menteri Malaysia

    Sheikh Uthman Taha – Kaligrafer

    Mohammed Salah – Pemain bola

    Sheikh Muqtada Sadr – Cendekiawan dan Politikus

    President Mahmoud Abbas – Presiden Palestina

    Dr Aref Ali Nayed – Cendekiawan

    Dr Timothy Winter (Sheikh Abdal Hakim Murad) – Cendekiawan Islam

    Dr Mohamed Bechari – Aktivis Perancis

    Maulana Nazur ur-Rahman – Amir dari Tablighi Jamaat, Pakistan (baru)

2 Tokoh Tanah Air Lainnya yang Masuk Daftar 50 Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia

Tidak hanya kepemimpinan Presiden Jokowi, insan Tanah Air yang masuk dalam daftar 50 Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia.

Dilansir dari Kompas.com, dua tokoh yang lain adalah Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Professor KH Said Aqil Siradj, dan kiai kharismatik asal Pekalongan Habib Luthfi bin Yahya.

Berikut adalah profil keduanya:

#1 Professor KH Said Aqil Siradj – Ketua Nahdlatul Ulama Indonesia

Professor KH Said Aqil Siradj, Ketua Umum PBNU menempati peringkat ke-19 dalam daftar 50 Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia menurut The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC.

Nahdlatul Ulama (NU) adalah organisasi Muslim independen terbesar di Indonesia dan salah satu organisasi Islam paling berpengaruh di dunia di mana mengutamakan basis keanggotaannya di pedesaan, ini lah yang membedakan Nahdlatul Ulama dengan organisasi Islam lainnya di Indonesia.

Nahdlatul Ulama memperkenalkan identitas organisasinya sebagai organisasi Islam tradisional yang menekankan pada pendidikan dan keterlibatan politik berdasarkan prinsip-prinsip Islam.

Sebelum terjun sebagai ketua Nahdlatul Ulama, Professor KH Said Aqil Siradj bertugas di Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Indonesia.

Sebagai pemimpin Nahdlatul Ulama, Professor KH Said Aqil Siradj adalah panutan yang berlatar belakang pendidikan akademis yang mumpuni.

Terutama dalam pengajaran tentang Islam dan sangat menjunjung tinggi pendidikan sebagai syarat utama pembangunan.

Beliau mendirikan Said Aqil Center di Mesir, sebuah pusat studi yang fokus dalam pembicaraan dan diskusi soal Islam, khususnya di dunia Arab.

[Baca Juga: Cara Melindungi Diri dengan Asuransi Jiwa dan Asuransi Mobil bagi Anda yang Sering Pergi dengan Mobil Pribadi]

#2 Habib Luthfi bin Yahya

Habib Luthfi bin Yahya menempati peringkat ke-33 dalam daftar 50 Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia menurut The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC.

Habib Luthfi bin Yahya saat ini adalah Rais Amm dari Jamiyah Ahli Tahriqah al-Mu’tabarah al-Nahdliyah di Pekalongan, Jawa Tengah.

Selain menjabat sebagai Ketua MUI Jawa Tengah, beliau juga menjabat sebagai pimpinan spiritual tarekat Ba Alwi di Indonesia.

Tarekat ini adalah para keturunan Nabi Muhammad yang bermigrasi ke Hadramaut, Yaman, pada masa-masa awal sejarah Islam.

Dikutip dari Kompas.com, Habib Luthfi kemudian pergi ke Mekkah dan Madinah untuk melanjutkan pelajarannya setelah mempelajari Islam dari para ulama di Indonesia.

Habib Luthfi akhirnya mendapatkan ijazah untuk semua ilmu Islam tradisional termasuk hadist dan tasawuf.

Dalam perjalanan hidupnya sebagai seorang inspirator, Habib Luthfi sudah mendirikan ribuan sekolah dan masjid di Indonesia dan memiliki jutaan pengikut.

Apa pendapat Anda mengenai kepemimpinan presiden kita? Berikan komentar, tanggapan, dan saran Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan yang membutuhkan! Terima kasih!

Sumber Referensi:

    Admin. The 2020 Edition of The Muslim. Themuslim500.com – https://bit.ly/2IFduhN

    Admin. 6 Oktober 2019. Jokowi Masuk Urutan 13 dari 50 Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia. Liputan6.com – https://bit.ly/322ZndX

    Admin. 6 Oktober 2019. Selain Jokowi, Berikut Daftar 50 Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia. Kompas.com – https://bit.ly/2AZKixS

    Ardi Priyatno Utomo. 5 Oktober 2019. Presiden Jokowi di Urutan 13 Daftar 50 Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia. Internasional.kompas.com – https://bit.ly/2M0blzp

    Kanavino Ahmad Rizqo. 5 Oktober 2019. Kembali Masuk Daftar 50 Muslim Berpengaruh di Dunia, Jokowi Naik Peringkat. News.detik.com – https://bit.ly/3242x0V

    Tiara Shelavie. 6 Oktober 2019. Daftar Top 50 Muslim Paling Berpengaruh di Dunia Versi The Muslim 500 edisi 2020, Jokowi Urutan 13. Tribunnews.com – https://bit.ly/2okemBK

Sumber Gambar:

    Presiden Joko Widodo – http://bit.ly/2oKugp2

    The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC – http://bit.ly/2OTngAS

    Joko Widodo dalam Daftar 50 Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia – http://bit.ly/2nOfL30

    Daftar 50 Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia – http://bit.ly/2MJ5ttw

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!